ANALISIS KADAR MAGNESIUM, KALSIUM DAN KALIUM IBU HAMIL PREEKLAMSI HASIL INTERVENSI JEMUR SINAR MATAHARI

Siti . Marfuah

Abstract


Angka Kematian Ibu (AKI) merupakan salah satu indikasi yang menimbulkan masalah kesehatan pada perempuan untuk menentukan derajat kesehatan. Kematian ibu di Indonesia masih di dominasi oleh tiga penyebab utama kematian ibu atau disebut juga trias utama kematian ibu yaitu perdarahan, hipertensi dalam kehamilan (HDK), dan infeksi. Preeklampsia adalah penyakit hipertensi, proteinuria dan edema yang timbul karena kehamilan. Setiap tahun sekitar 50.000 ibu meninggal di dunia karena preklampsia. Insiden preeklampsia di negara berkembang berkisar dari 1:100 sampai 1:1700. Preeklamsi merupakan gangguan multi factorial. Kekurangan defisiensi gizi berperan dalam terjadinya preeklampsia. Banyak pula bukti yang mendukung tentang konsep yang menyatakan bahwa faktor asupan zat gizi berpengaruh terhadap tekanan darah. Mineral kalsium dan magnesium selama ini diketahui dapat menurunkan tekanan darah. Mineral-mineral tersebut menghambat terjadinya konstriksi pembuluh darah yang menyebabkan penurunan resistensi perifer sehingga terjadi penurunan tekanan darah. Mikronutrien seperti magnesium, kalium dan kalsium dalam darah dapat diserap seara optimal oleh tubuh bila terdapat pro vitamin D yang membantu proses penyerapan. Provitamin D diperoleh melalui sinar UV atau paparan sinar matahari.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan perbedaan Kadar Magnesium, Kalsium Dan Kalium Ibu Hamil Preeklamsi setelah dilakukan Intervensi Jemur Sinar Matahari. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasy eksperimental dengan jenis ranangan penelitian one group pretest posttest. Penelitian dimulai dari melakukan identifikasi terhadap permasalahan ibu hamil dengan preeklamsi dimana ibu hamil yang mengalami preeklamsi terdapat keenderungan penurunan kadar mikronutrien dalam darah seperti magnesium, kalium dan kalsium. Setelah identifikasi merumuskan dan melakukan analisis masalah. Data penelitian dianalisis secara univariat dan bivariat dengan menggunakan uji statistik Uji Wilcoxson..

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu hamil preeklamsia yang pada saat penelitian sedang melakukan pemeriksaan di Puskesmas wilayah kabupaten Pati. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 20 responden yang diperoleh melalui teknik sampling incidental sampling dengan teknik pengambilan sampel selama periode penelitian (consercutive sampling). Hasil penelitian diketahui bahwa ada terdapat perbedaan signifikan kadar kalium, kalsium dan magnesium ibu hamil sebelum dan sesudah dilakukan jemur matahari, hal ini menunjukkan bahwa intervensi jemur sinar matahari memberikan hasil yang cukup signifikan untuk meningkatkan kadar kalium, kalsium dan magnesium pada ibu hamil dengan pre eklamsi. Hal ini ditunjukkan dengan nilai P value pre intervensi jemur matahari dan post intervensi jemur matahari untuk kalium, kalsium dan magnesium < 0,05. (P Value Kadar kalium hasil intervensi 0,005; P value Kadar Kalsium hasil intervensi 0,016; P value kadar magnesium hasil intervensi 0,007).

Saran yang disampaikan ke pada tenaga kesehatan untuk memberikan edukasi kepada ibu hamil untuk melakukan jemur matahari selama kurang lebih 30 menit untuk meningkatkan dar kalium, kalsium dan magnesium sehingga diharapkan dapat mengurangi resiko terjadinya pre eklamsi.

 

Kata kunci            : Preeklamsi,  Magnesium, Kalium, Kalsium, Sinar Matahari

Daftar Pustaka     : 12 Buku ( 2010- 2018)


Full Text:

PDF

References


Adamova Z, Sifa O, Raouf AK. 2009. Vascular and cellular calcium in normal hypertensive pregnancy. Current Clinical Pharmacology. 4(3): 172-90.

Almatsier, Sunita. (2010). Prinsip dasar ilmu gizi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Appel L, Brands M, Daniels S, Karanja N, Elmer P, Sacks F. Dietary Approaches to Prevent and Treat Hypertension. http://www.hypertensionha.org. Published 2006. Accessed Agust 13, 2019.

Artathi Eka Suryandari1, Lina Dwi Puji Rahayu; Pengaruh Defisiensi Kalium Saat Dengan Kejadian. Preeklamsia Di Rsu Harapan Ibu Purbalingga Tahun 2013

Astawan, M. 2009. Sehat dengan Hidangan Kacang dan Biji-Bijian. Depok: Penerbit Swadaya.

Cunningham F, Gary. 2009: Obstetri Williams. Jakarta; EGC.

Dodd JM, Cecilia OB, Rosalie MG. 2014. Preventing preeclampsia-are dietary factors the key?. BMC Medicine. 12:176.

Ekadewi Retnosari dkk. 2015. Korelasi antara Kadar Vitamin D dengan Kejadian Preeklamsi. IJEMC, Volume 2 No. 5, Desember 2015.

Ella Febriana, M. Zen Rahfiludin, Dina Rahayuning P. 2017. Hubungan Asupan Natrium, Kalsium dan Magnesium dengan Tekanan Darah pada Ibu Hamil Trimester II dan III (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Bulu Kabupaten Temanggung). JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT (e-Journal) Volume 5, Nomor 4, Oktober 2017 (ISSN: 2356-3346).

Hendri Devita1 , Vitri Yuli Afni Amran1 Hubungan Kadar Magnesium dengan Kejadian Preeklamsi pada Ibu Hamil Trimester III di RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2015 Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas diterbitkan oleh: Program Studi S-1 Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas. p-ISSN 1978-3833 e-ISSN 2442-6725 Volume10(2) 136-139 (2016)

Houstan, Marck C et al. 2008. Potassium, Magnesium, and Calcium: Their Role in Both the Cause and Treatment of Hypertension. The Journal Of Clinical Hypertension.

Jeong, Hye Yun et al. 2017. Vitamin D and Hypertension. The Korean Society of Electrolyte Metabolism.

Kanagal DV, Rajesh A, Rao Kavyarashmi, Devi UH, Shetty H, Kumari S et al. 2014. Levels serum calcium and magnesium in preeclamptic and normal pregnancy: a study from Coastal India. J of Clinical and diagnostic research. 8(7): OC01-OC04. Preeklampsia. Majority Vol 7 Nomor 3

Kristiyanasari, Weni. 2010. Gizi Ibu Hamil. Yogyakarta. Nuha Medika.

Kristiyanasari, Weni. Gizi Ibu Hamil. Yogyakarta. Nuha Medika. 2010.

Purswani, Juhi M. 2017. The role of vitamin D in pre-eclampsia: a systematic review. BMC Pregnancy and Childbirth Journal . Preeklamsi. IJEMC, Volume 2 No. 5, Desember 2015.

Rendika Oktavia W. 2018. Suplementasi Kalsium selama Kehamilan sebagai Pencegahan Kejadian Pre eklamsi.

Rendika Oktavia Widiastuti, Hubungan Konsumsi Suplemen Kalsium Yang Kurang Selama Kehamilan Sebagai Risiko Kejadian Preeklampsia Di Rumah Sakit Umum Daerah (Rsud) Kota Agung Kabupaten Tanggamus. Skripsi. Fakultas Kedokteran Universitas Lampung 2018

Rendika Oktavia Widiastuti. 2018. Hubungan Konsumsi Suplemen Kalsium Yang Kurang Selama Kehamilan Sebagai Risiko Kejadian Preeklampsia Di Rumah Sakit Umum Daerah (Rsud) Kota Agung Kabupaten Tanggamus. Skripsi. Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.

Waryana.2010. Gizi Reproduksi. Yogyakarta; Pustaka Rihama.

Widiyani, Rosmha: Ibu Hamil Jangan Sampai Kekurangan Mikronutrien. Diakses pada tanggal (20 November 2020) di http:// www.health.kompas.com/read

Wiknjosastro, Hanifa. 2009. Ilmu Kebidanan. Jakarta; Yayasan Bina Pustaka Sarwono

Wiknjosastro, Hanifa: Ilmu Kebidanan. Jakarta; Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo. 2006




DOI: https://doi.org/10.33666/jitk.v12i2.395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




  
 Published by : Widya Husada Semarang University | ISSN : 2086-8510 (Print) | ISSN : 2655-5875 (Online)
  

INDEXED BY
 
MAP LOCATION