FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN STRES PADA MAHASISWATINGKAT AKHIR S1 ILMU KEPERAWATAN DI STIKES WIDYA HUSADA SEMARANG

Dwi Retnaningsih, Khusnul Aini, Oki Triyantini

Abstract


Latar Belakang : Pada tingkat akhir S1 Ilmu Keperawatan, banyak mahasiswa mengalami stres. Faktor yang menyebabkan stres, seperti faktor pribadi, faktor keluarga dan faktor akademik. Studi pendahuluan yang dilakukan pada tanggal 7 Desember 2016, didapatkan 80 % mahasiswa mengalami stres yang ditandai dengan nafsu makan menurun, sakit kepala,  insomnia dan mudah sakit. Metode Penelitian : 76 responden diambil dari mahasiswa tingkat akhir S1 Ilmu Keperawatan dengan teknik Total Sampling serta memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Uji hubungan variabel menggunakan uji Rank Spearman. Hasil : Terdapat 50% mahasiswa mengalami stres karena faktor pribadi, 6,6% mahasiswa mengalami stres karena faktor keluarga, 73,7% mengalami stres karena faktor akademik dan 87,4% mahasiswa mengalami stres dengan rentang ringan sampai sedang. Kesimpulan : Ada hubungan antara faktor pribadi, faktor keluarga, faktor akademik dengan stres pada mahasiswa tingkat akhir.

 

Kata Kunci : faktor-faktor stres, stres, mahasiswa tingkat akhir S1 Ilmu Keperawatan

Full Text:

PDF

References


Gadzella & Carvalho. 2006. Stress Differences Among Psychological Research, Vol. 2 No. 1

Gan, Hun Dan Zhang. 2010. Proactive and Preventive Coping In Adjustment To College, The Psychological Record Vol. 60. Pp. 643-658

Hawari, Dadang. 2011. Manajemen Stres Cemas dan Depresi. Jakarta : FKUI

Iswanto, Arif. 2014. Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Tingkat Stres dalam Menyusun Tugas Akhir pada Mahasiswa. PSIK STIKES Ngudi Waluyo Ungaran

Julianti Rina dan Aida Yulia. 2015. Hubungan Komunikasi antara Mahasiswa dan Dosen Pembimbing Skripsi dengan Stres dalam Menyusun Skripsi pada Mahasiswa S1 Keperawatan. STIKES Ranah Minang

Khan, dkk. 2013. Crucial Factors Affecting Stress. A Study Among Undergraduates In Pakistan

Koentjoro. 2011. Dukungan Sosial pada Lansia. http://www.epsikologi.com/usia/160802.htm

Krisdianto, Muhammad Agung. 2015. Mekanisme Koping Berhubungan dengan Tingkat Depresi pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Yogyakarta : STIKES Alma Ata Yogyakarta

Mumpuni Yekti, Ari Wulandari. 2010. Cara Jitu Mengatasi Stres. Yogyakarta : ANDI

Nathalia L dan Godwin R. 2012. Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Kecemasan dalam Menghadapi Ujian Nasional pada Siswa Kelas XII SMA X di Jakarta Barat. Fakultas Psikologi Universitas Bina Nusantara Jakarta

Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi

Pramudhita, Ageng. 2013. Hubungan Dukungan Keluarga dengan Tingkat Kecemasan Mahasiswa Tingkat Akhir Menghadapi Skripsi

Puput, dkk. 2015. Pengaruh Komunikasi Interpersonal Mahasiswa dan Dosen Pembimbing Skripsi Terhadap Gejala Stres Mahasiswa dalam Menyusun Skripsi. Universitas Dehasen Bengkulu

Rakhmat J. 2011. Psikologi Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Rahmawati, Indriana. 2014. Sumber Stres Akademik dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat Stres Mahasiswa Keperawatan : DKI Jakarta

Saam Zulfan Dan Sri Wahyuni. 2013. Psikologi Keperawatan. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Smeltzer, S.C dan Bare. 2008. Brunner & Suddarth Textbook Of Medical Surgical Nursing Vol 1 11th Ed. Philladelpia : Lippicontt

Sumiati, Dkk. 2010. Penanganan Stres pada Penyakit Jantung Koroner. Jakarta : CV. Trans Info Media

Suzanne & Brenda. 2008. Textbook Of Medical Surgical Nursing Edisi 11. Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins

Wirawan. 2012. Menghadapi Stres dan Depresi, Seni Menikmati Hidup Agar Selalu Bahagia. Platinum




DOI: https://doi.org/10.33666/jners.v2i1.141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN 2721-9860

p-ISSN 2356-3060


STIKES Widya Husada Semarang

Jl. Subali Raya No. 12, Krapyak SEMARANG, Jawa Tengah
» Tel / fax : (024) 761 2988 / (024) 761 2988 ; 761 2944

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.