PENERAPAN TERAPI HIPNOSIS LIMA JARI UNTUK MENGURANGI KECEMASAN KADER PADA MASA PANDEMI COVID-19

Putri Agustin

Abstract


Cemas (ansietas) adalah perasaan takut yang tidak jelas dan tidak didukung oleh situasi. Salah satu teknik relaksasi untuk mengurangi kecemasan adalah terapi hipnosis lima jari. Teknik terapi hipnosis lima jari merupakan kegiatan individu membuat bayangan menyenangkan, dan mengkonsentrasikan diri pada bayangan tersebut serta berangsur-angsur membebaskan diri dari perhatian terhadap cemas yang dialami. Diketahui dari 4 kader diketahui 2 orang mengalami kecemasan sedang dan 2 orang mengalami kecemasan ringan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan hipnosis lima jari untuk mengurangi kecemasan kader pada masa pandemi COVID-19 di kelurahan Limbangan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan hipnosis lima jari untuk mengurangi kecemasan kader pada masa pandemi COVID-19 di Kelurahan Limbangan tahun 2021. Jenis penelitian ini yaitu jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini merupakan pengambilan data mengenai penerapan terapi hipnosis lima jari jari untuk mengurangi kecemasan kader pada masa pandemi COVID-19 di Kelurahan Limbangan tahun 2021.
Hasil penelitian ini yaitu diperoleh hasil bahwa 4 responden mengalami penurunan kecemasan sebelum dan sesudah dilakukan tingkat kecemasan menurun setelah melakukan terapi hipnosis lima jari selama tujuh kali seminggu, dari skala kecemasan sedang menjadi skala kecemasan ringan dan kecemasan ringan menjadi tidak ada kecemasan.
Kesimpulan studi kasus adalah Terdapat pengaruh penerapan terapi hipnosis lima jari untuk mengurangi kecemasan kader pada masa pandemi COVID-19 di kelurahan Limbangan tahun 2021.

Keywords


Kader, Kecemasan, Terapi Hipnosis lima jari, pandemi COVID-19

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33666/jnwh.v9i3.552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN 2721-9860

p-ISSN 2356-3060


STIKES Widya Husada Semarang

Jl. Subali Raya No. 12, Krapyak SEMARANG, Jawa Tengah
» Tel / fax : (024) 761 2988 / (024) 761 2988 ; 761 2944

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.