Penerapan Senam Dismenore Terhadap Penurunan Nyeri Dismenore Dan Kecemasan Pada Remaja Di Desa Merbuh

Shely Vionica, Priharyanti Wulandari

Abstract


Dismenore merupakan nyeri yang dialami remaja saat menstrusi. Dismenore disebabkan ketidakseimbangan hormon progesteron dalam darah, prostaglandin dan faktor stress/psikologi mengakibatkan terjadinya dismenore pada beberapa wanita. Kecemasan adalah suatu perasaan yang tidak menyenangkam yang digambarkan dengan kegelisahan atau ketegangan dan tanda-tanda hemodinamik yang abnormal sebagai konsekuensi dari stimulasi simpativ, parasimpati dan endokrin. Pencegahan dapat dilakukan dengan senam dismenore. Senam dismenore merupakan salah satu teknik dalam memberikan kondisi yang nyaman dan rileks saat mengalami dismenore. Saat melakukan senam tubuh akan menghasilkan hormon endorphin. Hormon ini dapat berfungsi sebagai obat penenang alami yang diproduksi otak sehingga menimbulkan rasa nyaman.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan senam dismenore terhadap penurunan nyeri dismenore dan kecemasan pada remaja di Desa Merbuh. Jenis penelitian ini yaitu jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini merupakan pengambilan data mengenai penerapan senam dismenore terhadap penurunan nyeri dismenore dan kecemasan pada remaja di Desa Merbuh.
Hasil penelitian ini yaitu intensitas nyeri dan kecemasan menurun setelah melakukan senam dismenore sebanyak tiga kali seminggu sebelum menstruasi, dari skala nyeri berat menjadi skala nyeri ringan dan kecemasan ringan menjadi tidak ada kecemasan.
Kesimpulan studi kasus adalah terdapat pengaruh penerapan senam dismenore terhadap penurunan nyeri dismenore dan kecemasan pada remaja di Desa Merbuh.

Full Text:

PDF

References


Ali & Asrori. (2016). Psikolog Remaja Perkembangan Peserta Didik.

Handayani, & Rahayu. (2014). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Nyeri Menstruasi (Dismenore) Pada Remaja Putri di Beberapa SMA di Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Maternity and Neonatal, Vol 1, No.

Isa, N., Novadela, T., & Wahyuni, E. (2017). Pengaruh Senam Dismenore Terhadap Tingkat Dismenore Pada Remaja Putri. X(1), 65–70.

Lowdermilk, Shannon, P., & Mary, C. . (2013). Keperawatan maternitas.

Manuaba. (2015). Penatalaksanan Rutin Obstetru Ginekologi dan Keluarga Berencana.

Manurung. (2015). Efektivitas Yoga Terhadap Nyeri Pada Remaja. Vol 2(No 1).

Nugroho, Taufan, & Utomo, B. I. (2014). Masalah Kesehatan Reproduksi Wanita.

Nuraeni. (2017). Pengaruh Senam Dismenore Terhadap Penurunan Nyeri Pada Remaja Putri SMK1 Tapango Kecamatan Tapango Kabupaten Polewari Mandar. Jurnal Ilmiah Bidan, Vol 1, No.

Nursalam. (2016). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan : Pendekatan Praktis. Edisi 4.

Silvia, A. (2018). Penerapan Senam Dismenore untuk Pemenuhan Kebutuhan Aman Nyaman Pada REmaja yang Mengalami Dismenore di Wilayah Kerja Puskesmas Sewon II.

Syafrudin. (2015). Himpunan Penyuluhan Kesehatn pada Remaja, Keluarga,Lansia dan Masyarakat.

Wiladatika Ananda, et al. (2015). Hubungan Tingkat Pengetahun Tentang Nyeri Haid Primer Dengan Tingkat Kecemasan Pada Remaja Putri Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Mahasiswa PSPD FK Universitas Tanjungpura, Vol 3, No.

Wirakusumah. (2013). Tip dan Solusi Agar Tetap Sehat, Cantik dan Bahagia Menopause.

Wongar, M. F. (2015). Penuntun Pelajaran Kompetensi Kejuruan (KK).

Yudita, Yanis, & Iryani. (2017). Hubungan Antara Stres Dengan Pola Siklus Menstruasi Pada Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Jurnal Kesehatan Andalas, 6 (2).

Yunita, F., Rohmi, F., Aditya, R. S., Stikes, M., & Kabupaten, K. (2021). Terjadinya Dismenore Pada Remaja Putri di Pondok Pesantren Miftahul Huda 04 Kepanjen Dosen Keperawatan STIKes Kepanjen Kabupaten Malang THE EFFECT OF DISMENORE GYMNASTICS ON DISMENORE ANSWER IN ADOLESCENTS IN MIFTAHUL HUDA 04 PONDOK. 11(2), 384–388.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  
 Published by : Universitas Widya Husada Semarang | ISBN : 978-602-60315-7-0
  

MAP LOCATION