PENGARUH RENDAM KAKI AIR HANGAT DENGAN CAMPURAN GARAM TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PAD PASIEN HIPERTENSI TINGKAT I DI SENDANGMULYO

Klaudia Betrix Loke

Abstract


Tekanan darah tinggi disebut the silent killer karena termasuk penyakit yang mematikan, penyakit ini dapat menyerang siapa saja baik muda maupun tua. Hipertensi adalah penyakit kelainan jantung dan pembuluh darah yang ditandai dengan peningkatan tekanan darah. Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan keadaan perubahan dimana tekanan darah meningkat secara kronik (Fildayanti, 2020)
Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh rendam kaki air hangat dengan campuran garam terhadap penurunan tekanan darah pada pasien hipertensi tingkat I di sendangmulyo
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan desain pra eksprement dengan rancangan one group pretest posttest. Rancangan ini tidak ada kelompok pembandingan (kontrol), tetapi terlebih dahulu dilakukan observasi pertama (pretest) yang memungkinkan menguji perubahan - perubahan yang terjadi setelah adanya eksperimen (program).
Hasil penelitian di ketahui rendam kaki air hangat dengan campuran garam dijelaskan bahwa empat responden setelah dilakukan rendam kaki dengan campuran garam mengalami penurunan tekanan darah dengan presentase 100%. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh rendam kaki air hangat dengan campuran garam di kelurahan sendangmulyo

Full Text:

PDF

References


Fildayanti. (2020). Pengaruh Pemberian Rendam Kaki Air Dengan Air Hangat Campuran Garam Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi. Jurnal Ilmiah Karya Kesehatan, 01, 70–75. https://stikeskskendari.e-journal.id/jikk

Uliya, I., & Ambarwati. (2020). Jurnal Profesi Keperawatan Terapi Rendam Kaki Menggunakan Air Hangat Dengan Campuran Garam Dan Serai Untuk Menurunkan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Jurnal Profesi Keperawatan Akademi Keperawatan Krida Husada Kudus PENDAHULUAN 140 mmHg atau tekan. 7(2), 88–102.

Kemenkes RI. (2018). Laporan Provinsi Jawa Tengah Riskesdas 2018. In Kementerian Kesehatan RI.

Wulandari, P., Arifianto, & Sekarningrum, D. (2016). Pengaruh Rendam Kaki Menggunakan Air Hangat dengan Campuran Garam dan Serai Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi di Wilayah Podorejo RW 8 Ngaliyan. Keperawatan, 7(2009), 43–47. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/keperawatan/article/viewFile/3918/4397

Johanes, A. S. (2019). Diagnosis Dan Tatalaksana Terbaru Pada Dewasa. Cdk274, 46(3), 172–178. http://www.cdkjournal.com/index.php/CDK/article/view/503%0Adiakses pada tanggal 28 oktober 2020

Malibel, et al. (2020). Pengaruh pemberian hidroterapi (rendam kaki air hangat) terhadap penurunan tekanan darah pada pasien hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Sikumana Kota Kupang. CHMK HEALTH JOURNAL. Vol 4 No 1.

Harnani, Y., & Axmalia, A. (2017). Terapi Rendam Kaki Menggunakan Air Hangat Efektif Menurunkan Tekanan Darah Pada Lanjut Usia. Jurnal Kesehatan Komunitas, 3.

Wijaya, A. S., & Putri, Y. M. (2014). KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH :

KEPERAWATAN DEWASA TEORI DAN CONTOH ASKEP. Nuha Medika.

Suling, F. R. W. (2018). HIPERTENSI (A. Simatupang & Med (eds.); 1st ed., Issue 2). Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia.

Fitri, & Rianti Dina. (2015). Diagnose Enforcement And Treatment Of High Blood Pressure. Jurnal Kedokteran, 4(3), 47–51. juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/view/549

Sudibjo, P. & Apriyanto, K. . (2018). Aerobic Based Activity Programs in Elderly to Improve Fitness and Quality Of Anthropometry (xvii).

Hananta, P. Yuda, dkk. 2011. Deteksi Dini Dan Pencegahan 7 Penyakit Penyebab Mati Muda.Yogyakarta: Medpress.

Muhammadun, Arif. 2010. Hidup Bersama Hipertensi, dalam http://www.coursehero.com (di akses pada tanggal 23 Januari 2018 pukul 09.40 WIB).

Santoso, A. 2015. Pengaruh Terapi Rendam Kaki Air Hangat Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Lansia Penderita Hipertensi di Wilayah Kerja Upk Puskesmas Khatulistiwa Kota Pontianak, dalam jurnal.untan.ac.id/index.php/jmkeperawatanFK/article/view/113 (di akses pada tanggal 23 Desember 2017 pukul 18:15 WIB).

Tari, M. 2015. Pengaruh Rendam Kaki Air Hangat Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Lansia Penderita Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk Jakarta Barat. Skripsi Universitas Esa Unggul Jakarta Barat.

Wolff, H.P. 2008. Hipertensi. Bhuana Ilmu Populer. Jakarta.

Priyoto. 2015. NIC dalam Keperawatan Gerontik. Jakarta: Salemba Medika.

Marliani, Lili dan Tantan. 2010. 100 Questions and Answers Hipertention.

Jakarta: Gramedia.

Pratika, M.I. 2012. Pengaruh Rendam Kaki Menggunakan Air Hangat Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi di Desa Bendungan Kecamatan Kraton Pasuruan. Majapahit: Jurnal STIKES Majapahit Mojokerto.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  
 Published by : Universitas Widya Husada Semarang | ISBN : 978-602-60315-7-0
  

MAP LOCATION