PENGARUH KUALITAS FOTO THORAX DEWASA TERHADAP TINGKAT KEPUASAN DOKTER RADIOLOGI DENGAN COMPUTED RADIOGRAPHY DI INSTALASI RADIOLOGI RSUD BENDAN KOTA PEKALONGAN

Kesawa Sudarsih, Marichatul Jannah, Debora Dwi Miranti

Abstract


Kualitas radiograf adalah kemampuan suatu radiograf dalam memberikan suatu informasi diagnostik dari objek yang diperiksa. Kualitas radiograf dipengaruhi oleh beberapa komponen yaitu Densitas, Kontras, Ketajaman, Detail. Kualitas radiografi yang optimal dapat memberikan informasi diagnosis yang jelas mengenai objek yang diperiksa. Berdasarkan pengamatan peneliti di Instalasi Radiologi RSUD Bendan Kota Pekalongan, pemeriksaan Thorax proyeksi PA menggunakan kaset ukuran 35 X 43 cm dengan system prosessing Computed radiography (CR). Namun pada saat pencetakan film CR menggunakan ukuran 35 X 43 cm untuk 4 proyeksi pada pasien yang berbeda. Kualitas gambar radiograf menjadi menurun dan memungkinkan diagnosis yang diberikan kepada pasien menjadi kurang akurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Foto Thorax Dewasa Terhadap Tingkat Kepuasan Dokter Radiologi dan untuk mengetahui faktor dominan yang mempengaruhi tingkat kepuasan Dokter radiologi di Instalasi Radiologi RSUD Bendan Kota Pekalongan.

Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Sampel dalam penelitian ini sebesar 40 sampel foto thorax. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada Dokter Radiologi. Setelah data terkumpul, langkah selanjutnya adalah melakukan pengolahan data dengan cara editing, coding, dan tabulasi, cara menganalisis menggunakan Analisis Deskriptif dan Analisis Regresi Berganda dengan melakukan uji hipotesis garis regresi, uji statistic f, uji statistic t, koefisien determinasi untuk kemudian dijadikan pembahasan yang akan ditarik kesimpulan dan saran.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara kualitas radiograf dengan kepuasan Dokter radiologi di Instalasi Radiologi RSUD Bendan Kota Pekalongan dengan hasil yaitu Densitas dengan nilai signifikansi 0.029<0.05 ada pengaruh, kontras dengan nilai signifikansi 0.042<0.05 ada pengaruh, ketajaman dengan nilai signifikansi 0.003<0.05 ada pengaruh dan detail dengan nilai signifikansi 0.007<0.05 ada pengaruh dan faktor dominan yang mempengaruhi tingkat kepuasan Dokter radiologi adalah variabel detail.

 

Kata Kunci : Kepuasan Dokter Radiologi, Kualitas Radiograf, Foto Thorax

Full Text:

PDF

References


Ballinger, Philip W.2011.Merrill's Atlas of Radiographic Positioning and Radiographic procedure. Twelfth edition. Volume one. Saint Louis : Mosby.Bushong, C. Stewart. 2001. Radiologic Science for Technologists. Seventh Edition. USA: Mosby,Inc.

Carmichael H. E. Maccia. Moores M. Oestmann W. Schibilla. Teunen. Tiggelen Van. Wall. 1996. European Guidelines On Quality Criteria For D i agnostic Radiographic Image . Luxembourg.

Departemen Kesehatan RI. Peraturan menteri kesehatan R e p u b l i k I n d o n e s i a n o m o r 1014/menkes/per/III/2008. Jakarta.

Dewa (2012). “Hubungan Kualitas Produk Radiografi dengan Tingkat Kepuasan Dokter Pengirim di Rumah Sakit Umum RA. Kartini

Jepara”.

Fajarwati (2009). ”Analisa Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Mutu pelayanan Radiologi RSUD Ungaran”.

Ghozali, Imam, 2011, Aplikasi MultiVariate Dengan Progam SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hermawan (2013). ”Analisa Tingkat Kepuasan Dokter Spesialis Radiologi terhadap Mutu Pelayanan Radiografer Pada Pemeriksaan Non Kontras Di RSUDDR. Moewardi.

Jenkins, D. 1990. Radiographic Photography. Aspen Publisher.

Kotler, P.& Keller, K.L (2012). Manajemen pemasaran (14th ed.). jakarta: Erlangga.

Kusumo (2005). “Hubungan Kualitas Pelayanan Radiologi dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Divisi Radiologi Rumah Sakit Dokter Kariadi Semarang”.

Papp, Jeffrey. 2011. Quality Management in The Imaging Science, Thrid Edition.

SaintLouis : Mosby. , Ten JL, et al. 2009. Imaging retake analysis in digital radiography using DICOM header information. Jurnal of Digital Imaging

Pearce, E.C. 2013,.Anatomi Dan Fisiologi Untuk

Paramedis. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Pongnapang N. 2005. Practical guidelines for radiographers to improve computed radiography image quality. Faculty of Medical Technology, Mahidol University, Bangkok, Thailand

Rahman,N. 2009. Radiofotografi. Padang.

Siti (2008). “Hubungan antara Kualitas Pelayanan Radiologi dengan Tingkat Kepuasan Dokter di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang”.

Sugiyono, 2011, Metode Penelitian. Bandung: Alfa Beta. Wijono,D. M. S. (1999). Manajemen Mutu Pelayanan

Kesehatan. Surabaya : Airlangga University Press.

Williams, Mark B. PhD. A Elizabeth. Krupinski, PhD, J Keith . Strauss, MS Breeden William K., III, MS, Mark S. Rzeszotarski, PhD, Applegate Kimberly, MD, MS, Margaret Wyatt, Sandra Bjork, RN, JD, Seibert J. Anthony, PhD. 2007. Digital Radiography Image Quality: ImageAcquisition




DOI: https://doi.org/10.33666/jitk.v6i2.108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




  
 Published by : Widya Husada Semarang University | ISSN : 2086-8510 (Print) | ISSN : 2655-5875 (Online)
  

INDEXED BY
 
MAP LOCATION