HUBUNGAN KUALITAS PERPUSTAKAAN DENGAN MINAT BACA MAHASISWA DI STIKES WIDYA HUSADA SEMARANG

Rahayu Winarti, Dwi Retnaningsih, Priharyanti Wulandari

Abstract


Latar Belakang : Minat baca mahasiswa tidak bisa lepas dari kualitas pelayanan yang diberikan perpustakaan, karena adanya pelayanan maka minat yang sudah terbentuk pada diri individu maka akan berhubungan pada tingkah laku yang bersangkutan terhadap stimulus tersebut. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan kualitas perpustakaan dengan minat baca mahasiswa di STIKES Widya Husada Semarang.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel 63 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Penggumpulan data dengan cara pengisian kuesioner.

Hasil : Berdasarkan penelitian menggunakan uji statistik  rank spearmen keandalan (p=0,021), ketanggapan (p=0,733), jaminan (p=0,783), empati (p=0,749) dan bukti fisik (p=0,014).

Kesimpulan : Ada hubungan keandalan dan bukti fisik dengan minat baca mahasiswa di STIKES Widya Husada Semarang, tidak ada hubungan ketanggapan, jaminan, dan empati dengan minat baca mahasiswa di STIKES Widya Husada Semarang.

 

Kata Kunci : Kualitas Perpustakaan, Minat Baca

 

Abstract

 

RELATED FACTORS TO THE QUALITY OF THE LIBRARY WITH STUDENTS READING INTEREST IN STIKES WIDYA HUSADA SEMARANG

 

Background : Students reading interest cannot be separated from the quality of services provided by the library, because of the servic, the interest that has been formed in the individual will relate to the behavior concerned with the stimulus. The purpose of this study was to investigate factors related to the quality of the library on students reading interest at Stikes Widya Husada Semarang.

Methods : This research is a quatitative research with cross sectional approach. Number of sample 41 respondents. The sampling technique uses proportional random sampling. Data collection by filling out questionnaires.

Results : Based on the research using rank spearmen reliability (p=0,021), responsiveness (p=0,733), anssurance (p=0,783), empathy (p=0,749) dan tangibles (p=0,014).

Conclusion : There is a reliability and tangibles with students reading interest in Stikes Widya Husada Semarang, there is no responsiveness, anssurance, and empathy with students interest in reading at Stikes Widya Husada Semarang.

 

Keywords : library quality, reading interest

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Basrowi, S. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Rineka Cipta

Creswel JW. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif dan Mixed edisi 3. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moleong, (2011). L. Metode Penelitian Kualitatif edisi revisi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Poerwandari, EK. ( 2009). Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia. Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Sugiyono.(2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV.Alfabeta.

Wasis. (2008). Pedoman Riset Praktis untuk Profesi Perawat. Jakarta: EGC.

Darmono. (2001). Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta.

Gramedia Widiasarana.

Dimyati, M. dan Mudjiono.(1994). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ditjen Dikti Depdikbud.

Gie, The Liang (1994). Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta. Liberty

Ghozali, Imam. (2001). Aplikasi Analisis Multivariate dengan progrom SPSS. Semarang. Badan Penerbit: Undip

Hadi, Sutrisno. (2001). Metodologi Research. Yogyakarta. Andi.

Marsum. (2001, 8 Oktober). Faktor-Faktor Penentu Tinggi Rendahnya Prestasi Belajar . Unila. Tersedia : http://www.google.com.[2 Mei 2007]

Masidjo.Ign. (1995). Penilaian Hasil Belajar Siswa di Sekolah. Yogyakarta. Kanisius Milburga,

C.Larasati. (1986). Membina Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta. Kanisius Nareswari, Caecilia. (2002).

Hubungan Keseringan Mengunjungi Perpustakaan Sekolah dengan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Skripsi. Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma.

Utaminingtyas, Theresia. (2006). Hubungan Tingkat Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah, Minat Baca dan kemandirian dalam Belajar dengan Prestasi Belajar. Skripsi. Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma.

Slameto. (1998). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. Bina Aksara




DOI: https://doi.org/10.33666/jitk.v12i1.277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




  
 Published by : Widya Husada Semarang University | ISSN : 2086-8510 (Print) | ISSN : 2655-5875 (Online)
  

INDEXED BY
 
MAP LOCATION