HUBUNGAN PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF PUZZLE DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 54-72 BULAN DI TK SUDIRMAN 01 KOTA PEKALONGAN

Millatin Puspaningtyas, Ana Setyowati, Ummi Saadah

Abstract


Dunia anak adalah dunia bermain dan belajar. Dalam dunia anak-anak terdapat berbagai jenis permainan, salah satu jenis permainan yang bermanfaat dan bersifat edukatif adalah puzzle. Media puzzle merupakan media untuk pengembangan kognitif anak karena di dalamnya terdapat angka-angka ataupun gambar dan anak harus mampu menyusun gambar dengan baik. Perkembangan kognitif anak menjadi salah satu penentu dalam pengembangan kecakapan hidupnya di masa yang akan datang. Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan penggunaan alat permainan edukatif puzzle dengan perkembangan anak usia 54-72 bulan di TK Sudirman Kota Pekalongan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survey analitik. Populasi penelitian adalah seluruh anak usia 54-72 bulan yang berjumlah 36 responden. Besar sampel dihitung menggunakan total populasi, yaitu sebanyak 36 responden. Pengumpulan data diperoleh melalui kuesioner dan lembar KPSP yang diisi langsung oleh peneliti. Analisis data terdiri dari analisa univariat yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dari masing-masing variabel dan analisa bivariat menggunakan uji statistik Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden dapat menggunakan alat permainan edukatif puzzle dengan baik yaitu 35 anak (97,2%) dan sebagian besar pula perkembangan anak usia 54 - 72 bulan dikategorikan normal yaitu 33 anak (91,7%). Berdasarkan uji stastistik Rank Spearman menunjukkan bahwa pvalue : 0,048 yang artinya adanya hubungan antara penggunaan alat permainan edukatif puzzle dengan perkembangan anak usia 54 – 72 bulan di TK Sudirman 01 Kota Pekalongan. Disarankan hasil penelitian ini dapat dijadikan informasi tambahan dan masukan tentang perkembangan anak secara seimbang melalui pemilihan alat permainan edukatif yang sesuai dengan usia anak.

Kata Kunci           : Alat Permainan Edukatif, Puzzel, Perkembangan Anak


THE RELATIONSHIP OF THE USE OF EDUCATIONAL GAMES PUZZLE TOOLS WITH THE DEVELOPMENT OF CHILDREN AGED 54-72 MONTH IN KINDERGARTEN SUDIRMAN 01 PEKALONGAN

The world of children is a world of play and learning. In the world of children there are various types of games, one type of game that is useful and educative is a puzzle. Puzzle is a medium for cognitive development of children because in it there are numbers or pictures and children must be able to arrange images well. The development of cognitive child becomes one of the determinants in the development of life skills in the future. The purpose of this research is to know the relation between the use of educational puzzle game tools with the development of children aged 54-72 months in Kindergarten Sudirman 01 Pekalongan City. This research is a kind of quantitative research with analytic survey method. The study population was all children aged 54-72 months, amounting to 36 respondents. The sample size is calculated using total population, that is 36 respondents. Data collection was obtained through questionnaires and KPSP sheets filled directly by the researchers. The data analysis consisted of univariate analysis which presented in the form of frequency distribution table from each variable and bivariate analysis using Rank Spearman statistical test. The result of the research shows that most of the respondents can use puzzle game with 35 children (97,2%) and most of the development of children aged 54 - 72 months are categorized as normal (33,7%). Based on Spearman Rank test, it shows that pvalue: 0,048 which means there is a relationship between the use of puzzle game educational tools with the development of children aged 54 - 72 months in Kindergarten Sudirman 01 Pekalongan City. Suggested results of this study can be used as additional information and input on the development of children in a balanced manner through the selection of educational games appropriate to the age of the child.

Keywords            : educational game tool, Puzzel, Child development


Full Text:

PDF

References


Buku

Alwi, Hasan, dkk. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Aqib, Zainal. 2011. Pedoman Teknis Penyelenggaraan PAUD. Nuansa Aulia, Bandung.

Ayuningsih, Diah. 2010. Psikologi Perkembangan Anak. Yogyakarta: Pustaka Larasati.

Darunnajah. 2012. Metode Bercakap-cakap PGTK.

Depdiknas. 2009. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia.Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia dini.

Hamalik, Oemar. 1980. Media pendidikan. Bandung: Alumni.

Hurlock. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Hurlock, E. B. 2001. Perkembangan Anak Jilid 1 Edisi Keenam. (Alih Bahasa: Meitasari Tjandrasa). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Ismail. 2006. Education Games (Menjadi cerdas dan ceria dengan permainan edukatif). Yogyakarta: Pilar Media.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2003.

Kemenkes RI. 2012. Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia. Jakarta : Kemenkes RI

Mulyasa. 2006. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset

Santrock, J. W. 2007. Perkembangan Anak Edisi Kesebelas Jilid 1. (Alih Bahasa: Mila Rachmawati). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Soetjiningsih. 2002. Tumbuh Kembang Anak dan Remaja. Jakarta: Sagung Seto.

Soetjiningsih. 2005. Tumbuh kembang anak. Jakarta: EGC.

Jurnal

Wahyuni, Nanik. Maureen, Irena Yolanita, S.Pd, M.Sc. (2011). Pemanfaatan Media Puzzle Metamorfosis dalam Pembelajaran Sains untuk Meningkatakan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Sawunggaling 1 Surabaya. Universitas Negri Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.33666/jitk.v9i1.59

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




  
 Published by : Widya Husada Semarang University | ISSN : 2086-8510 (Print) | ISSN : 2655-5875 (Online)
  

INDEXED BY
 
MAP LOCATION