PENGARUH BERMAIN ORIGAMI TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK DHARMA WANITA TAMPINGAN KECAMATAN BOJA

Clara Shinta Pawestri, Tri Sakti Widyaningsih, Tam rin

Abstract


Latar Belakang : Kreativitas anak harus dibangun sejak dini serta perlu dibekali kemampuan dalam mengembangkan kreativitas untuk mampu berfikir imajinatif. Dari hasil observasi pada 18 anak di TK Dharma Wanita Tampingan Kecamatan Boja hanya dapat menyelesaikan lipatan di tahap ke 3 dari 7 lipatan yang jadi standar dalam indikator dalam kegiatan meniru bentuk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bermain origami terhadap kreativitas pada anak usia prasekolah di TK Dharma Wanita Tampingan Kecamatan Boja.Metode :Penelitian iniQuasi eksperimentaldengan one-group pre-test post-test design. Tekhnik pengambilan sampel menggunakanpurposive samplingdengan responden penelitian sebanyak 24 anak usia prasekolah di TK Dharma Wanita Tampingan Kecamatan Boja. Uji statistik yang digunakan adalah uji Wilcoxon.Hasil :Penelitian ini diperoleh hasil analisis uji Wilcoxon di dapatkan p value 0,000 (≤ 0,05) dan nilai Z hitung -4,323 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak.Kesimpulan :Ada pengaruh bermain origami terhadap kreativitas pada anak usia prasekolah di TK Dharma Wanita Tampingan Kecamatan Boja.

Kata Kunci :Bermain Origami, Kreativitas,  Anak Usia Prasekolah

Full Text:

PDF

References


Apriadji,WH. (2007). Gizi Keluarga. Seri Kesejahteraan Keluarga. Jakarta : PT Penebar Swadaya.

Dharma, Kelana Kusuma. (2011). Metodologi Penelitian keperawatan Panduan Melaksanakan dan Menerapkan Hasil Penelitian. Jakarta: CV. Trans Info Media.

Hidayat, A.A. (2007). Riset keperawatan dan teknik penulisan ilmiah. Edisi pertama. Jakarta : Salemba Medika.

Jumiarsih, Catri. (2012). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Melipat pada Anak Kelompok A dn TK Aisyiyah 2 Pandeyan Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Surakarta: Universitas Muhammadiyah.

Kusumaningrum, Aprilia Dyah. (2013). Efektifitas Penggunaan Kertas Lipat (Origami) Dalam Meningkatkan Kreativitas Pada Anak. Yogyakarta: Univresitas Ahmad Dahlan.

Mutiah, Diana. (2012). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Media Prenada Group.

Nasir, A. (2011). Metodologi Penelitian Kesehatan: Konsep Pembuatan Karya Tulis Dan Thesis Untuk Mahasiswa Keseahatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Nursalam, Susilaningrum & Utami. (2008). Asuhan Keperawatan Bayi dan Anak, Edisi 1. Jakarta: Salemba Medika.

Olivia, Femi. (2010). Kembangkan Kecerdikan Anak Dengan Taktik Biosmart. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Paat, Ravi Devi. (2012). Origami Pesta Buatanku Sendiri. Jakarta; Gramedia Widiasarana Indonesia.

Santrock, (2007). Perkembangan anak, edisi ke-11 jilid 1. Penerbit Erlangga,. Jakarta.

Supartini Y. (2014). Konsep dasar keperawatan anak. Jakarta: EGC.

Susanto, Ahmad. (2012). Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana Prenada Media. Group. Jakarta.

Syukri dan Zulkarnain. (2006). Pengaruh jenis kelamin dan kreativitas pada karyawan yang bekerja di multi level marketing. Skripsi. Medan USU.




DOI: https://doi.org/10.33666/jners.v2i2.153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN 2721-9860

p-ISSN 2356-3060


STIKES Widya Husada Semarang

Jl. Subali Raya No. 12, Krapyak SEMARANG, Jawa Tengah
» Tel / fax : (024) 761 2988 / (024) 761 2988 ; 761 2944

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.