HUBUNGAN BEBAN KERJA DENGAN KEPATUHAN PENGISIAN SURGICAL PATIENT SAFETY CHECKLIST PADA PERAWAT DI RUANG INSTALASI BEDAH SENTRAL RUMAH SAKIT ST. ELISABETH SEMARANG

Rista Apriana, Windy astuti, Yogi Dedy

Abstract


Beban kerja perawat adalah seluruh kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh seorang perawat selama bertugas di suatu unit pelayanan keperawatan (Marquis dan Huston, 2004 dalam I GST A.A Putri Mastini 2013). Beban kerja perawat sangat berpengaruh terhadap kepatuhan pengisian Surgical Patient  Safety Checklist di Instalasi Bedah Sentral RS St. Elisabeth Semarang, beban kerja sebagian besar (41,9%) memiliki beban kerja kurang sedangkan minoritas memiliki proporsi yang sama (29,0%) memiliki beban kerja proporsional dan berlebih. Kurang lengkapnya pengisian Surgical Patient  Safety Checklist disebabkan oleh beban kerja yang berlebih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui  Hubungan Beban Kerja dengan Kepatuhan Pengisian Surgical Patient Safety Checklist pada Perawat di Instalasi Bedah Sentral RS St. Elisabeth Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi korelasi dengan menggunakan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah perawat Instalasi Bedah Sentral RS St. Elisabeth  Semarang tahun 2017 dengan jumlah sampel sebanyak 31 responden. Penentuan sampel menggunakan total sampling dan data dianalisis menggunakan uji Spearman rank dengan taraf kesalahan 5%. Berdasarkan penelitian mayoritas 13 responden (41,9%) memiliki beban kerja kurang sedangkan minoritas memiliki proporsi yang sama 9 responden (29,0%) memiliki beban kerja proporsional dan berlebih sedangkan pada kepatuhan pengisian mayoritas 20 reponden (64,5%) tidak mengisi lengkap Surgical Patient  Safety Checklist sedangkan minoritas 11 responden (35,5%) mengisi lengkap Surgical Patient  Safety Checklist . Dari hasil analisa uji Spearman Rank  yang dilakukan bantuan program computer SPSS di dapatkan hasil nilai koefisien korelasi -0,547 masuk dalam kategori kuat, dan diperolah nilai p Value = 0,001 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak, ini berarti secara statistik ada Hubungan Beban Kerja dengan Kepatuhan Pengisian Surgical Patient Safety Checklist pada Perawat di Instalasi Bedah Sentral RS St. Elisabeth Semarang. Ada Hubungan Beban Kerja dengan Kepatuhan Pengisian Surgical Patient Safety Checklist pada Perawat di Instalasi Bedah Sentral RS St. Elisabeth Semarang

Kata Kunci : Beban Kerja; Kepatuhan

Full Text:

PDF

References


Arifianto. (2017). Kepatuhan Perawat dalam menerapkan sasaran Keselamatan Pasien Pada Pengurangan Resiko Infeksi Pada Penggunaan Alat Pelindung Diri di RS. Roemani Muhammadiyah Semarang. Semarang: Universitas Diponegoro.

Efa Trisna. (2016). Hubungan Persepsi Tim Bedah dengan Kepatuhan Penerapan Surgical Patient Safety pada Pasien Operasi Bedah RSUD Mayjend HM.Ryacudu Kotabumi Kabupaten Lampung Utara. Lampung: Poltekkes Tanjungkarang.

I GST A.A. (2013). Hubungan pengetahuan, Sikap dan Beban Kerja dengan Kelengkapan Asuhan Keperawatan Irna di RSUP Sanglah Denpasar. Denpasar: Universitas Udayana.

Kementrian Kesehatan RI. (2009). Infodatin Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI. Jakarta.

Kementrian Kesehatan RI. (2011). Pedoman Penyelenggaraan Pelayanan Keperawatan di rumah Sakit. Jakarta

Luciana bjorklund De Lima. (2009). Nursing Workload in the Post-Anesthesia Care Unit. Brasil: Universidade Federal do Rio Grande do Sul.

Nazvia Natasia. (2013). Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Pelaksanaan SOP Asuhan Keperawatan di ICU-ICCU RSUD Gambiran kota Kediri. Malang: Universitas Brawijaya.

Notoatmodjo S. (2010). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rhineka cipta

Nursalam. (2015). Manajemen keperawatan aplikasi dalam praktek keperawatan professional edisi 5. Jakarta: Salemba medika

Nursalam. (2013). Metodologi penelitian ilmu keperawatan edisi 3. Jakarta: Salemba medika

Pedoman pelayanan Instalasi Bedah Sentral. Semarang: Rumah Sakit St. Elisabeth: 2017

Pedoman pengorganisasian Instalasi Bedah Sentral. Semarang: Rumah Sakit St. Elisabeth: 2017

Pedoman penggolongan jenis operasi Instalasi Bedah Sentral. Semarang: Rumah Sakit St. Elisabeth: 2014

Priyoto. (2014). Teori sikap dan perilaku dalam kesehatan.Yogyakarta: Nusa medika

Ryny Silvana Tamaka. (2015). Hubungan Beban Kerja dengan Pendokumentasian Asuhan Keperawatan di Instalasi Gawat Darurat Medik RSUP.Prof.DR.R.D.Kandau Manado. Manado: Universitas Sam Ratulangi.

Swarjana K. (2015). Metodologi penelitian kesehatan. Yogyakarta: CV. Andi offset

World Health Organization (WHO). (2008). Surgical safety checklist and implementation manual.




DOI: https://doi.org/10.33666/jners.v3i1.160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN 2721-9860

p-ISSN 2356-3060


STIKES Widya Husada Semarang

Jl. Subali Raya No. 12, Krapyak SEMARANG, Jawa Tengah
» Tel / fax : (024) 761 2988 / (024) 761 2988 ; 761 2944

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.