HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEPATUHAN PEMBATASAN ASUPAN CAIRAN PADA PASIEN CKD YANG MENJALANI HEMODIALISA DI RUANG HEMODIALISA RSUD dr. H SOEWONDO KENDAL

Nanang Wiyatmoko, Dwi Nur Aini, Tam rin

Abstract


Latar Belakang : Kepatuhan asupan cairan merupakan syarat pasien CKD yang menjalani hemodialisis. Faktor yang mempengaruhi kepatuhan yaitu dukungan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan pembatasan asupan cairan pada pasien CKD yang menjalani hemodialisa di ruang hemodialisa RSUD dr. H Soewondo Kendal. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif  dengan analisis korelasional dengan pendekatan Cross Sectional. Memakai teknik purposive sampling dengan 86 responden. Memakai uji non parametrik Rank Spearman. Hasil : Penelitian ini memperoleh hasil uji Rank Spearman ρ value = 0,000, ρ    (Rho) = 0,789 berarti ada hubungan signifikan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan pembatasan asupan cairan pada pasien CKD yang menjalani hemodialisa di ruang hemodialisa RSUD dr. H Soewondo Kendal. Kesimpulan : Ada hubungan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan pembatasan asupan cairan pada pasien CKD yang menjalani hemodialisa di ruang hemodialisa RSUD dr. H Soewondo Kendal dengan tingkat keeratan hubungan kuat arah korelasi positif.

 

Kata Kunci : Dukungan Keluarga, Kepatuhan, CKD, Hemodialisis

Daftar Pustaka : 28 Literatur (2006-2015).

Full Text:

PDF

References


Agustini, R. 2010. Dampak dukungan keluarga dalam mempengaruhi kecemasan pada pasien penderita gagal ginjal kronik di RS Panti Rapih Yogyakarta.

Dharma, Kelana K. 2011. Metodologi Penelitian Keperawatan. Jakarta : CV Trans Info Media.

Infodatin. 2014. Pusat Data Dan Informasi, Kementrian Kesehatan Republic Indonesia.

Nasir, A, dkk. 2011. Buku Ajar : Metodelogi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika.

Nekada, Cornelia DY. 2012. Hubungan Antara Dukungan Keluarga dengan Kepatuhan pada Pasien Gagal Ginjal Kronik dalam Menjalani Hemodialisis di RSUP dr.Soeradji Tirtonegoro Klaten.

Niven, N. 2012. Psikologi Kesehatan Pengantar Untuk Perawat dan Profesional Kesehatan Lain. 2nd ed. Jakarta: EGC.

Notoatmodjo. 2010. Metode Penelitian Kesehatan.Jakarta: Rineka Cipta.

Potter & Perry. 2010. Fundamentals Of Nursing, Jackie Crisp & Catherine Taylor Mosby Australia ,November 2008.

Riyanto, Agus. 2011. Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan.Yogyakarta : Nuha Medika.

Roach, S. 2010. Introductory gerontological nursing. Philadelphia: Lippincott

Williams & Wilkins.

Sari, Nurul K. 2010. Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kepatuhan Asupan Cairan Pasien Gagal Ginjal Kronis yang Menjalani Hemodialisis di Rsud Ibnu Sina Gresik

Smeltzer & Bare. 2013. Buku Ajar Keperawatan Medikal-Bedah Brunner & Suddarth Edisi 8. Jakarta : EGC.

Suprajitno, 2012. Asuhan Keperawatan Keluarga. Jakarta: EGC.

Syamsiah, N. 2011. Faktor - faktor yang Berhubungan dengan Kepatuhan Pasien CKD yang Menjalani Hemodialisa di RSPAU dr. Esnawan Antariksa Halim Perdana Kusuma Jakarta.Tesis tidak diterbitkan. Jakarta: FIK UI.

Wardani. 2014. Hubungan Penelitian Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Asupan Cairan Pasien Gagal Ginjal Kronis Yang Menjalani Hemodialisa Di Rsud Ibnu Sina Gresik.

Zurmeli, dkk. 2015. Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kualitas Hidup Pasien Gagal Ginjal Kronik yang Menjalani Terapi Hemodialisis di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru.




DOI: https://doi.org/10.33666/jners.v3i1.161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN 2721-9860

p-ISSN 2356-3060


STIKES Widya Husada Semarang

Jl. Subali Raya No. 12, Krapyak SEMARANG, Jawa Tengah
» Tel / fax : (024) 761 2988 / (024) 761 2988 ; 761 2944

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.