Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS
Abstract
Peningkatan kualtas pelayanan mutlak perlu dilakukan oleh unit kesehatan rumah sakit dalam menghadapi era globalisasi. Salah satu upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan adala dengan mengukur kepuasan pasien. Kepuasan pasien tergantung pada kualitas pelayanan yang diberikan. Suatu pelayanan dikatakan baik oleh pasien, jika jasa yang diberikan dapat memenuhi kebutuhan atau harapan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan tingka kepuasan pasien BPJS di ruang Kelas III RSUD Dr. H. Soewondo Kendal. Penelitian kuantitatif jenis deskriptif korelasi. Teknik sampling dengan Purposive Sampling, sampel sejumlah 61 responden. Pengambilan data menggunakan lembar kuesioner kemudian diolah ke dalam uji statstik Spearman Rank. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan kesehatan di ruang kelas III RSUD Dr. H. Soewondo Kendal adalah puas sebanyak 24,6%, cukup puas 57,4%, dan kurang puas 18%. Hasil uji statistic dengan Rank Spearman dihasilkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,491 dan nilai signifikansi ρ = 0,001. Hasil ini menunjukkan ada hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien BPJS di ruang kelas III RSUD Dr. H. Soewondo Kendal.
Kata kunci: kualitas pelayanan, kepuasan, BPJS
RELATIONSHIP QUALITY OF HEALTH SERVICES WITH BPJS PATIENT SATISFACTION
ABSTRACT
The increase in the healthcare quality is absolutely necessary to be conducted by the healthcare unit including hospital in facing the globalization. One of efforts in increasing the healthcare quality is by measuring the satisfaction level of the patients. Patient satisfaction depends on the quality of services provided. A good service by the patient, if the services provided can fulfill necessaryor expectations of the patient. This research aimed at knowing the relationship quality of health services with BPJS patient satisfaction in inpatient class III of RSUD Dr. H. Soewondo Kendal. Quantitave research is descriptive type of correlation. Sampling technique with Purposive Sampling, sample of 61 respondents. The data were collected using questionnaires and than tested into Spearman Rank test statistic. The results of this research showed that the satisfaction level of BPJS patient on the healthcare in inpatient class III RSUD Dr. H. Soewondo Kendal were satisfied was as much 24,6%, satisfied enough was 57,4% and less satisfied 18%. The result of the statistical test using Rank Spearman resulted in the score of correlation coefficient 0,491 with the significance score was ρ = 0,001. This result showed that there was correlation the healthcare quality with BPJS patient satisfaction in inpatient class III of RSUD Dr. H. Soewondo Kendal.
Keywords: Quality servise, Satisfaction, BPJS
Full Text:
PDFReferences
BPJS. (2017). Peraturan BPJS Kesehatan.accessed Febuari 2018 Available at https://bpjs-kesehatan.go.id
BPJS. (2015). Profil BPJS.accessed Januari 2018 Available at www.jamsosindonesia.com/sjsn/bpjs
Buku Saku FAQ.BPJS Kementrian Kesehatan RI.(2013)
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.(2014). Buku Saku FAQ, Frequently Asked Question BPJS Kesehatan.Jakarta.Kementrian Kesehatan RI
Kemenkes.(2013). BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan
Kotler, P. (2011).Dasar-dasar Pemasaran Jilid Sembilan.Edisi Bahasa Indonesia. PT.Indeks.Jakarta
Kurnia, dkk.(2017). Hubungan Mutu Pelayanan demgan Kepuasan Pasien Pesert BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Yogyakarta. Universitas Ahmad Dahlan
Muninjaya, Gde AA.(2012). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehan.Jakarta.EGC
Muninjaya, Gde AA. (2015).Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan.Jakarta.EGC
Syaputra, Agus Dirman.(2015). Hubungan Mutu Pelayanan BPJS Kesehatan dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Inap Kelas II Rumah Sakit Sekayu.Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin
Tjiptono, F.(2012). Strategi Pemasaran.Andi Offiset.Yogyakarta
DOI: https://doi.org/10.33666/jners.v5i2.332
Refbacks
- There are currently no refbacks.
STIKES Widya Husada Semarang
Jl. Subali Raya No. 12, Krapyak SEMARANG, Jawa Tengah
» Tel / fax : (024) 761 2988 / (024) 761 2988 ; 761 2944
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.