PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP TINGKAT PERKEMBANGAN KARAKTER ANAK USIA DINI SELAMA MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Pandemi covid-19 yang terus bertambah mengharuskan semua aktivitas dilakukan di rumah, yang mengharuskan semua kegiatan dilakukan melalui daring, sehingga pendidik dan pelajar diharuskan mampu beradaptasi dengan pendidikan new normal. Tantangan baru yang dihadapi pendidik dan orang tua adalah mendapingi anak dalam belajar ataupun mengerjakan tugas, karena ketidak tegasan orang tua dan ketidak mampuan orang tua mendapingi anak belajar dan mengerjakan tugas membuat penanaman pendidikan karakter tidak berjalan maksimal ( Choerotunnisa dalam jurnal Kamilah, 2020 ).Penelitian bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan karakter anak sejak dini di masa pandemic Covid-19. Jenis studi kasus ini merupakan penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kasus pada Responden anak usia dini. Data dianalisa dengan menggunakan pengkajian dan wawancara pada anak usia dini menggunakan SOP pendidikan karakter untuk melihat tingkat perkembangan anak usia dini. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 4 pasien. Sampel di dalam penelitian ini diberi pendidikan karakter. Hasil penelitian didapatkan empat responden yang dijadikan memiliki perubahan yang signifikan setelah dilakukan pendidikan karakter, An J dari skore 43 menjadi 78, dan untuk An. I yang awalnya memiliki skore 51 mengalami peningkatan menjadi 73, dan untuk An.G dari skore 49 menjadi skore 77, serta untuk An.N yang awal hanya memiliki skore 63 naik menjadi 78. Simpulan dari penelitian ini adalah pendidikan karakter anak sangat penting untuk mengembangkan karakter anak selama masa pandemi Covid-19, sehingga perlu kerja sama antara pendidik, guru dan anak.
Keywords
Pendidikan karakter , Anak Usia dini, Covid-19
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.33666/jnwh.v9i3.550
Refbacks
- There are currently no refbacks.
STIKES Widya Husada Semarang
Jl. Subali Raya No. 12, Krapyak SEMARANG, Jawa Tengah
» Tel / fax : (024) 761 2988 / (024) 761 2988 ; 761 2944
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.