PERSEPSI MAHASISWA KEPERAWATAN TERHADAP BIMBINGAN KLINIK DI STIKES WIDYA HUSADA SEMARANG

Dewi Nofitasari, Tri Sakti Widyaningsih, Tamrin Tamrin

Abstract


Bimbingan klinik memegang peranan penting dalam pencapaian tujuan pembelajaran klinik. Dalam pelaksanaan bimbingan klinik, mahasiswa memiliki persepsi dan harapan yang beragam. Studi pendahuluan menemukan bahwa mahasiswa mengalami stress dan bimbingan yang kurang sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa keperawatan terhadap bimbingan klinik di Prodi S1 Keperawatan STIKES Widya Husada. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Populasi adalah mahasiswa keperawatan semester IV PSIK STIKES Widya Husada.Penentuan partisipan dengan purposive sampling pengumpulan data melalui wawancara mendalam. Analisa data menggunakan model interaktif dari Milles dan Huberman. Hasil wawancara dikategorikan dalam 3 tema, yakni persepsi mahasiswa tentang bimbingan klinik, Pembimbing dan harapan mahasiswa. Mahasiswa mempersepsikan bimbingan klinik sebagai kegunaan untuk menambah pengetahuan dan bertukar pikiran. Pembimbing klinik dipersepsikan sebagai perawat yang kompeten yang dipilih untuk membimbing dan pembimbing akademik sebagai dosen yang terpilih dan berkompeten. Metode yang diharapkan adalah bed side teaching, observasi dan Nursing clinic. Persepsi mahasiswa S1 Keperawatan STIKES Widya Husada tentang bimbingan klinik positif dan negatif. Mahasiswa mengharapkan bimbingan yang terjadwal dan menggunakan  metode bed side teaching, observasi, Nursing clinic.

Kata Kunci: Persepsi, bimbingan klinik, keperawatan

 

ABSTRACT

Guidance clinic plays an important in the achievement of learning objectives clinic.In the implementation of the guidance clinic, students have diverse perceptions and expectation. A preliminary study found that students experienced less stress and guidance as expected. This study aims to determine the perception of nursing students for clinical guidance in the department of nursing S1 STIKES Widya Husada. This study is a qualitative research white phenomenological approach. The population was half of nursing students IV PSIK STIKES Widya Husada. Determination of participants by purposive document collection through in-depth interviews. Analysis document using interative models of Milles and Huberman Interview results are categorized into three themes, namely the students perception of guidance clinics, counselors and students expectations. Students perceive clinical guidance as to increase the usability of knowledge and exchange ideas. Clinical instructor prepared as a comptent nurse chosen to guide and counselors as a lecturer chosen and competent. Expected methods are bed side teaching, observation, nursing clinic. S1 nursing students perception STIKES Widya Husada about positive and negative clinical guidance. Students expect that guidance be scheduled and methods bed side teaching, observation, nursing clinic.

Keywords: Perception, guidance clinics, nursing.

Full Text:

PDF

References


Abroza, Asyahadi. 2004. Bimbingan dan Konseling. Jakarta :PT Bineka cipta.

Adjie. 2008.Tingkat Kepuasan Bimbingan Klinik Mahasiswa Keperawatan.http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/849/903

Alimul.2007. Riset Keperawatan dan Tekhnik Penulisan Ilmiah.Jakarta : Salemba Medika.

Alimul, Aziz.2002. Pengantar pendidikan keperawatan. Jakarta: CV Sagung Seto.

Astuti, Ria. 2013. Jurnal keperawata. Hubungan motivasi mahasiswa terhadap persepi pada bimbingan klinik di Rs.Lamongan.Diakses pada tanggal 20 maret 2015. http//etd.persepsi.lamongan.ac.id/index.php.

Atkinson, Rita .2003. Pengantar Psikologi. Jilid I. Edisi II. Alih Bahasa : Dr. Widjaja Kusuma. Batam: Interaksa.

Hidebrand, Wilson, Dients.1971. Evaluating university teaching. Berkeley, California: Center for Research and Development in Higher Education.

Iswahyuni.2008. Magister Ilmu Keperawatan Kekhususan Kepemimpinan Dan Manajemen Keperawatan Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.Diakses pada tanggal 20 maret 2015.www. Tesis.lontar.ui.ac.id/file?file=digital/20280828-T%20Estelle%20Lilian%20Mua.pdf

Janice, Morse M, Field Peggy Anne. 1996. Nursing Research the application of qualitative approaches, edisi 2. London : Champan dan Hall.

Moleong, M.A. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Ngalim,Purwanto. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Oerman, Marilyn. 2005. Evaluation and testing in nursing education springer series on the teaching of nursing. Connectiont: Springer publishing company.

Oerman R.1985. The Clinical Field, It’s Using In Nursing Education. Connectiont: Appleton-Century-Crofts.

Padget, D.K. (2008). Qualitatif method in social work research Challenges and rewards. Amerika : Stage publication.

Poerwadarminta.2005. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai pustaka.

Poerwandari, Kristi. 1998. Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Psikologi.Jakarta: FP Universitas Indonesia.

Poerwandari, Kristi. 2007. Pendekatan kualitatif untuk penelitian perilaku manusia. Jakarta :Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Purwani, Fitri. 2010.Hubungan Antara Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembimbingan Klinik Dan Motivasi Belajar Praktik Klinik Di Rsud Dr. Moewardi Surakarta. Surakarta: http://eprints.uns.ac.id/9591/1/71650607200905581.pdf

Rakhmat. 2003. Psikologi Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya

Notoatmodjo, Soekidjo. 2007. Ilmu Kesehatan Masyarakat: Prinsip-Prinsip Dasar.Jakarta : PT Rineka Cipta.

Sukesi, Niken. 2013. Hubungan Bimbingan Clinical Instructur Dengan Kepuasan Mahasiswa Praktik Di Rs Permata Medika Semarang.Diases pada tanggal 20 maret 2015.http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/849/903

Sunaryo. 2004. World of phsykologhy.Jakarta : PT.Grasindo.

Thantowi.1995. Manajemen bimbingan dan konseling. Jakarta: Pamatorn Pressindo.

Walgito, bimo. 2005. Pengantar Psikologi Umum. Yogjakarta: Yayasan Penerbit Fakulitas Psikologi UGM.

Widodo, Aru. 2009. Pedoman bimbingan mahasiswa. Bangung : CV Pustaka Setia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  
 Published by : Universitas Widya Husada Semarang | ISBN : 978-602-60315-7-0
  

MAP LOCATION