PENGARUH TERAPI MINDFULNESS TERHADAP TINGKAT DEPRESI PADA REMAJA

Ita Apriliyani, Meidiana Dwidiyanti, Sri Padma Sari

Abstract


Pendahuluan: Depresi pada remaja diperkirakan akan meningkat pada tahun 2020 dan menempati ranking ke dua dari beban penyakit global yang menyerang semua jenis umur. Adanya penurunanminat dalam berbagai aktivitas keseharian, menarik diri dari kawan sebaya, penyalahgunaan narkoba, gangguan perilaku antisosial hingga ide untuk bunuh diri adalah sebagian dari dampak depresi pada remaja. Salah satu psikoterapi yang terbukti dapat menurunkan depresi pada remaja adalah terapi mindfulness. Tujuan:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi mindfulness terhadap penurunan tingkat depresi pada remaja. Metode:Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif pre dan post intervensi quasy eksperiment time series design. Responden berjumpah 44 siswa, terdiri dari siswa putra dengan tingkat depresi ringan dan sedang. Sampel penelitian ini adalah satu kelompok responden tanpa kelompok kontrol yang merupakan remaja siswa SMK.Teknik pengambilan sample dengan metode purposive sampling. Instrumen penelitian dengan menggunakan kuesioner DASS dan modul Sinergi. Penelitian ini juga disertai home work yang diberikan pada responden disetiap akhir sesi pertemuan pertama sampai kelima. Hasil: Hasil penelitian menyatakan bahwa terapi mindfulness terbukti dapat menurunkan tingkat depresi pada remaja. Hasil ini dibuktikan dengan hasil uji analisis dengan uji tes Friedman yang menyatakan bahwa terdapatperbedaan tingkat depresi secara signifikan antara pre-test dan post-test dengan(p-value=0,000<α=0,05).

Kata kunci: Depresi, Mindfulness, Remaja

Full Text:

PDF

References


Mulia JG. Jurnal Psikologi: Pencegahan Dan Penanganan Depresi Pada Siswa. Vol VI.; 2015.

World Federation For Mental Health (WFMH). Depression: A Global Crisis. World Ment Heal Day. 2012. http://www.who.int/mental_health/management/depression/wfmh_paper_depression_wmhd_2012.

Fourianalistyawati E, Yarsi U, Arruum R, et.al.Hubungan Antara Mindfulness dengan Depresi pada Remaja. 2017.

Harijanto, Handayani N, Asmika. Prevalensi Depresi dan Gambaran Stressor Psikososial pada Remaja Sekolah Menengah Umum di Wilayah Kotamadya Malang.Jurnal Kedokteran Universitas Brawijaya. 2008;Vol 24(No 1 (2008)):pp.15-21. doi:10.21776/ub.jkb.2008

Baskoro MD., Fitrikasari A. Hubungan Antara depresi degan perilaku antisosial pada remaja di sekolah. Artikel. 2010.

Santrock JW. Remaja. 12th ed. Jakarta. Penerbit Erlangga. 2012

Frisch NCF& LE. Psychiatric Mental Health Nursing. second edi. United States of America: Delmar Thomson Learning. 2002.

Boyd MA. Psychiatric Nursing Contemporary Practice. 5th ed. Philadelphia: Lippincott Williams & Wilkins. 2008.

Santrock JW. Remaja. 11th ed. Jakarta: Penerbit Erlangga. 2007.

Mallo H, Ronda D. Analisis Faktor Penyebab Utama Kecenderungan Bunuh Diri Di Kalangan Remaja Yang Berusia 15-17 Tahun Di Makassar. J Sttjaffray. Artikel. 2010

Worret KMF& PAH. Psychiatric Mental Health Nursing. Third Edit. United States of America: Mosby An Avffiliate of Elsevier; 2000.

Safitri Y, Hidayati NE. Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Tingkat Depresi Remaja di SMK 10 November Semarang.Jurnal Keperawatan Jiwa. 2013.

Antai-Otong D. Psychiatric Nursing Biological & Behavioral Concepts. Second Edi. Canada: Thomson Delmar Learning. 2008.

Psikologi F, Gadjah U, Yogyakarta M. Efektivitas Psikoterapi Interpersonal Untuk Menurunkan Depresi Pada Remaja Putri Dengan Orangtua Bercerai Effectiveness Of Interpersonal Psychotherapy To Reduce Depression Symptoms In Adolescent Girl With Parental Divorce. 2016.

Sarwono. Psikologi Kognitif. Jakarta: Erlangga; 2010.

Afandi NA. Pengaruh Pelatihan Mindfulness Terhadap Peningkatan Kontrol Diri Siswa SMA. J Pamator. 2012.

Kabat-Zinn. Full Catastrophe Living : Using The Wisdom of Your Body and Mind to Face Stress, Pain, and Illness. New York: Delta Trade Paperbacks; 1990.

Lau NS, Hue MT. Preliminary Outcomes Of A Mindfulness-Based Programme For Hong Kong Adolescents In Schools: Well-Being, Stress And Depressive Symptoms.Int J Child Spiritual. 2011.

Shomaker LB, Bruggink S, Pivarunas B, et al.Pilot Randomized Controlled Trial Of A Mindfulness-Based Group Intervention In Adolescent Girls At Risk For Type 2 Diabetes With Depressive Symptoms. Complement Ther Med. 2017.

Alligood MR. Nursing Theory & Their Work. 8 th ed. Toronto: The CV Mosby Company St. Louis. Missouri: Mosby Elseveir. Inc; 2014.

Meidiana D. Mindfulness Caring Pada Stress. Semarang: UNDIP Press; 2017.

Alie and Asrori M. Psikologi Perkembangan Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara; 2011.

Hurlock EB. Psikologi Pekembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan). Jakarta: Erlangga; 1998.

Yosep Iyus. Keperawatan Jiwa. Edisis Rev. Bandung: PT. Refika Aditama; 2009.

Sadock K&. Sinopsis Psikiatri Ilmu Pengetahuan Perilaku Psikiatri Klinis Jilid 1. 1st ed. Jakarta: BInarupa Aksara; 2010.

Lauren Slater, Ed.D, Jessica Henderson Daniel, Ph.D., ABPP, Amy Elizabeth Banks M. The Complete Guide to Mental Health For Women. United States of America: Beacon 150; 2003.

Aditomo A, Retnowati S. Pada Remaja Akhir. Perfeksionisme, Harga Diri, Dan Kecenderungan Depresi Pada Remaja Akhir. 2004.

Lubis NL. Depresi Tinjauan Psikologis. Vol 1. Jakarta: Kencana; 2009.

Siswono dkk. Pengaruh Peran Orang Tua Terhadap Tingkat Depresi Pada Siswa Dan Siswi Di Sma Negeri 2 Sukoharjo. Artikel. 2014.

Davison GC. Psikologi Abnormal. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada; 2006.

Copel LC. Kesehatan Jiwa & Psikiatri Pedoman Klinis Perawat. 2nd ed.; 2007.

L VS. Buku Ajar Keperawatan Jiwa. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran, EGC; 2008.

Siswanto, S.Psi. MS. Kesehatan Mental Konsep, Cakupan, Dan Perkembangan. Yogyakarta: CV. ANDY OFFSET; 2007.

TKJ DT& C. ABC Kesehatan Mental. (Mutataqin dr. H, ed.). Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC; 2009.

van de Weijer-Bergsma E, Formsma AR, de Bruin EI, Bögels SM. The Effectiveness of Mindfulness Training on Behavioral Problems and Attentional Functioning in Adolescents with ADHD. J Child Fam Stud. 2012.

Centre for Clinical Interventions. Calming technique. Artikel. 2011.

Bossi L, Porter S. Calming And Coping Strategies For The School Nurse’s New Year: Using Mind-Body Concepts. NASN Sch Nurse. 2011

Puspita NA, Armiyati Y, Arif S, et al. Efektifitas Waktu Penerapan Teknik Relaksasi Nafas Dalam Terhadap Penurunan Kecemasan Pada Pasien Pre Operasi Bedah Mayor Abdomen Di Rsud Tugurejo Semarang. Artikel. 2014

Dwidiyanti Meidiana et all. Penelitian Quasi Eksperimen Dalam Keperawatan. UNDIP Press

Boardman G, Mccann T, Kerr D. ORIGINAL RESEARCH A Peer Support Programme For Enhancing Adherence To Oral Antipsychotic Medication In Consumers With Schizophrenia. Artikel. 2013.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Bandung Alf; 2011.

Nursalam. Penelitian Keperawatan. Pendekatan Praktis. 4 th ed. Jakarta: Salemba Medika; 2015.

Randall D, Thomas M, Whiting D, McGrath A. Depression Anxiety Stress Scales (Dass-21). J Head Trauma Rehabil. 2017.

McCleary R, McDowall D, Bartos B. Design and Analysis of Time Series Experiments. 2017.

Haryanto, Wahyuningsih HD, Nandiroh S. Sistem Deteksi Gangguan Depresi Pada Anak-anak dan Remaja. Jurnal Ilmiah Teknik Industri. 2015.

Darmayanti N. Meta ‐ Analisis : Gender Dan Depresi Pada Remaja. 2002.

Elizabeth M. Varcarolis, Verna Benner Carson NCS. Foundation of Psychiatric Mental Health Nursing A Clinical Approach. Fifth Edit. China: Saunders Elsevier; 2006.

Marchand WR. Mindfulness-Based Stress Reduction, Mindfulness-Based Cognitive Therapy, and Zen Meditation For Depression, Anxiety, Pain, And Psychological Distress. Journal Psychiatric Practice. 2012.

Kuswandi A, Sitorus R, Gayatri D. Pengaruh Relaksasi Terhadap Penurunan Kadar Gula Darah Pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 Di Sebuah Rumah Sakit Di Tasikmalaya. Jurnal Keperawatan Indonesia. 2008.

Hofmann SG, Sawyer AT, Witt AA, Oh D. The Effect of Mindfulness-Based Therapy on Anxiety and Depression: A Meta-Analytic Review. J Consult Clin Psychol. 2010.

Dwito P. Pengaruh Penggunaan Modul Hasil Penelitian Pencemaran di Sungai Pepe Surakarta Sebagai Sumber Belajar Biologi Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan. 2012.

Irwan. Pengaruh Modul Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati SMA Negeri 9 Pontianak.Program Stud Pendidik Biol Jur Pendidiakn Mat Dan IPA Fak Keguruan dan Iimu Pendidik Universitas Tanjungpura Pontianak. 2014.

Baer RA, Carmody J, Hunsinger M. Weekly Change in Mindfulness and Perceived Stress in a Mindfulness-Based Stress Reduction Program. In: Journal of Clinical Psychology. Vol 68. 2012:7.

Ferszt GG, Miller RJ, Hickey JE, Maull F, Crisp K. The Impact Of A Mindfulness Based Program On Perceived Stress, Anxiety, Depression And Sleep Of Incarcerated Women.Int J Environ Res Public Health. 2015.

Abdolahzadeh Z, Mashhadi A, Tabibi Z. Effectiveness Of Mindfulness-Based Therapy On The Rate Of Symptoms And Mindfulness In Adolescents With Attention-Deficit Hyperactivity Disorder. Journal Fundamental Mental Health. 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  
 Published by : Universitas Widya Husada Semarang | ISBN : 978-602-60315-7-0
  

MAP LOCATION