POLA INTERAKSI SOSIAL ANAK USIA SEKOLAH TERHADAP PENGGUNAAN GADGET

Dwi Retnaningsih, Qonita Qonita, Arifianto Arifianto

Abstract


Latar Belakang:.Pengguna gadget menjadi malas bersosialisasi dengan lingkungan sekitar karena gadget  dapat digunakan dengan duduk tanpa beranjak dan meninggalkan aktifitas. Di tempat penelitian ditemukan 5 siswa membawa gadget diam-diam saat ekstrakulikuler, 3 siswa sedang asyik dengan gadget nya dan tidak perduli dengan keadaan sekitar. Dampak negatif penyebab penggunaan gadget  sebagai media komunikasi adalah dapat menurunkan kualitas dan kuantitas dari komunikasi secara langsung. Tujuan Penelitian: untuk mengetahui ada hubungan penggunaan gadget dengan pola interaksi sosial anak usia sekolah di SDN 03 Purwoyoso Kota Semarang. Metode: Penelitian ini menggunakan  metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional yang mengkorelasikan antara variabel penggunaan gadget dengan pola interaksi sosial anak sekolah. Populasi sebanyak 120 siswa anak usia sekolah di SDN 03 Purwoyoso Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel dengan proportional stratified random samplingHasil: uji statistik korelasi rank sperman hasil  p value 0,000 (≤0.005) dan nilai  -0.555 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan: Ada Hubungan Penggunaan Gadget dengan Pola Interaksi Sosial Anak Usia Sekolah di SDN 03 Purwoyoso Kota Semarang.

Kata Kunci: Penggunaan Gadget, Interaksi Sosial, anak usia sekolah.

 

ABSTRACT

 

Background:Use of gadget be lazy socialize with the environment without leaving the seat and leaving activity.  In the research found five students carry diam-diam when ekstrakulikuler gadgets, three students are was consumed by his gadgets and no matter to the about their environment. The effect negative cause the use of gadgets as a medium communication is to be able to sent down the quality and quantity of of the communication of directly. The purpose of this study is to known a correlation between use of gadget with a pattern social interaction school age child at SDN 03 Purwoyoso Semarang. Methods: the method of the sources was quantitative research with cross sectional approach, the variabel correlate use of gadget with a pattern social interaction school age child. . The sampling of this research is taken by proportional stratified random sampling. Results: The results of statistical analysis rank sperman 0,000 p value ≤ 0,05 and dan nilai  -0,555. Show H0 is rejected and Ha is accepted. Conclution: It means there is a association The Use Of Gadgets With A Pattern Social Interaction School Age Child At SDN 03 Purwoyoso Semarang.

Keywords: Use of gadget, Social interaction, school age child.

Full Text:

PDF

References


Agus Riyanto. 2010. Statistika Deskriptif Untuk Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika

Andri Priyatna. 2012. Parenting di Dunia Digital. Jakarta : Gramedia

Anestesya Lovena.2013. Hubungan antara Perkembangan Sosial Anak terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV/B SD Negeri 65 Kota Bengkulu. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Universitas Bengkulu.

Assosiasi penyelenggaran jasa internet indoneisa APJI. 2014. Profil Penggunaan Internet di Indonesia. Jakarta: Assosiasi penyelenggaran jasa internet indoneisa APJI di unduh tanggal 21 Januari 2016

Derry dan Beranda Agency. 2014. Bila Si Kecil Bermain Gadget. Jakarta : Elex Media Komputindo

Ferliana, J. M. (2014). Anak Dan Gadget:Yang Penting Aturan Main. Diunduh dari (http://www.tabloid-nakita.com/read/1/anak-dan-gadget-yang-penting-aturan-main) tanggal 10 juli

Hidayat A A . 2009. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisa Data. Jakarta: Salemba Medika

Maulida H. O. 2013. Menelisik Pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan psikologis anak usia dini. Universitas Negeri Semarang

Suryono. 2014. Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta : EGC

Tara, dkk. 2014. Pengaruh Penggunaan Gadget pada Peserta Didik terhadap Interaksi Sosial SMPN 29 Bandar Lampung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  
 Published by : Universitas Widya Husada Semarang | ISBN : 978-602-60315-7-0
  

MAP LOCATION