Penerapan Relaksasi Nafas Dalam Terhadap Pola Tidur Lansia Dengan Vertigo: Case Study

Nika Ayuk Nur Ida Yanti, Dwi Retnaningsih

Abstract


Latar Belakang: Vertigo merupakan fenomena yang terkadang sering ditemui di masyrakat. Vertigo adalah suatu gejala atau perasaan dimana seseorang atau benda disekitarnya seolah-olah sedang bergerak atau berputar, yang biasanya disertai dengan mual atau kehilangan keseimbangan. Di Indonesia angka kejadian vertigo juga sangat tinggi, pada tahun 2010 dari usia 40 sampai 50 tahun sekitar 50% yang merupakan keluhan nomor tiga paling sering dikeluhkan oleh penderita yang datang ke rumah sakit, setelah nyeri kepala dan stroke. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik relaksasi nafas dalam pada pola tidur pasien lansia dengan vertigo di kabupaten pati.
Metode: Penelitian ini menggunakan penelitian studi kasus. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi PSQI dan catatan dokumentasi pasien. Relaksasi nafas dalam dilakukan 6 kali selama 2 minggu dengan waktu 15 menit yang dilakukan pada malam hari sebelum tidur dan sesudah bangun tidur.
Hasil: Berdasarkan hasil menunjukkan setelah lansia melakukan rutin melakukan teknik relaksasi nafas dalam pola tidur lansia terjaga
Kesimpulan: ada pengaruh teknik relaksasi nafas dalam pada pola tidur pasien lansia dengan vertigo di kabupaten pati

Full Text:

PDF

References


Aging, S. (n.d.). Neurology in Elderly Hope for Healthy and Successful Aging.

akbar, muhammad. (2013). No Title. Diagnosis Vertigo. Makalah Bagian Ilmu Penyakit Saraf Fakultas Kedokteran Universitas Hassanudin Makassar.

Aprianto, D., Kristiyawati, S. P., & Purnomo, E. C. (2013). Efektifitas Tehnik Relaksasi Imajinasi Terbimbing dan Nafas dalam terhadap Penurunan Kecemasan pada Pasien Pre Operasi. STIKES Telogorejo, 2, 24–26.

arif. (2014). No Title. Pengaruh Terapi Relaksasi Otot Progresif Terhadap Kualitas Tidur Pada Lansia Di Panti Sosial Tresna Wredha Unit Abiyoso Pakem Sleman Yogyakarta.

Azizah, N. (2013). Aplikasi relaksasi napas dalam sebagai upaya penurunan skala nyeri menstruasi ( Disminore ) pada siswi Mts.

Cahyaningsih, A. W. (2016). Pengaruh Terapi Relaksasi Nafas Dalam Terhadap Kualitas Tidur Lansia Di Upt Wredha Budi Dharma Ponggalan Giwangan Umbulharjo Yogyakarta. E-Journal UNISA Yogyakarta, 1–15.

Komala, N. K. R., & Ns. Mukhamad Musta’in, S.Kep., M. K. (2019). Karya Tulis Ilmiah Pengelolaan Nyeri Akut pada Tn . K dengan Vertigo di ruang Bougenfil RSUD Ungaran.

notoatmojo S. (2012). No Title. Promosi Kesehatan Dan Perilaku esehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

nursalam. (2016). No Title. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. Ed. 4. Jakarta: Salemba Medika.

Okatavia, D. (2014). No Title. Hubungan Stres Dan Pemenuhan Kebutuhan Tidur Dengan Tidur Lansia Di UPT Werdha Dharma Ponggalan Giwangan Umbulharjo Yogyakarta.

Publikasi, N., Harniati, H., Studi, P., Keperawatan, I., & Kesehatan, F. I. (2017). Pengaruh terapi relaksasi progresif terhadap kualitas tidur pada lansia di dusun godegan tamantirto kasihan bantul.

sumarliah, sri. (2018). No Title. Jurnal Penelitian Pengaruh Senam VertigoTerhadap Keseimbangan Tubuh Pada Pasien Vertigo Di Rs Siti Khodijah Sepanjang.

Suntarni, sri. (2018). No Title. . . Bunga Rampai Vertigo. Gadjah Mada University Pess : Yogyakarta.

triyanti, nike. (2018). No Title. Pengaruh Pemberian Terapi Fisik Brandt DaroffTerhadap Vertigo Di Ruang Ugd Rsud Dr. R Soedarsono Pasuruan.

Widyaningrum, D., Retnaningsih, D., & Tamrin, T. (2019). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Minum Obat Pada Lansia Penderita Hipertensi. Jurnal Ilmu Keperawatan Komunitas, 2(2), 21. https://doi.org/10.32584/jikk.v2i2.411


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  
 Published by : Universitas Widya Husada Semarang | ISBN : 978-602-60315-7-0
  

MAP LOCATION