PENERAPAN EDUKASI PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR UNTUK IBU YANG MEMPUNYAI ANAK USIA DINI 4-6 TAHUN

Maya Wulandari

Abstract


Latar Belakang : Edukasi merupakan proses pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan potensi diri atau kualitas dari pola pikir dan pengetahuan dari suatu individu atau kelompok. Ibu adalah sebutan umum kepada seorang wanita atau perempuan yang sudah menikah dan mempunyai anak. Motorik kasar merupakan gerakan tubuh yang menggunakan otot-otot besar atau sebagian besar atau seluruh anggota tubuh yang dipengaruhi oleh kematangan anak itu sendiri (Oramas, 2016).
Tujuan : bertujuan untuk mengetahui penerapan edukasi perkembangan motorik kasar untuk ibu yang mempunyai anak usia dini 4-6 tahun.
Metode : Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan studi kasus pretest dan posttest.
Hasil : Hasil penelitian diketahui sebelum dilakukan penerapan edukasi 4 responden memiliki pengetahuan rendah dan setelah dilakukan meningkat tinggi, responden 1 mendapat skor 80, responden 2 skor 60, responden 3 skor 80 dan responden 4 skor 80. Kesimpulan penelitian ini yaitu edukasi perkembangan motorik kasar untuk ibu yang mempunyai anak usia dini 4-6 tahun untuk meningkatkan pengetahuan ibu.
Kesimpulan : Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan edukasi perkembangan motorik kasar untuk ibu yang mempunyai anak usia dini 4-6 tahun untuk meningkatkan pengetahuan ibu.

Full Text:

PDF

References


Baan, A. B., Rejeki, H. S., & Nurhayati. (2020). Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Bungamputi, 6(0), 14–21.

Budiarti Indah, R. (2018). Pengaruh Edukasi Terhadap Kecemasan. Fakultas Ilmu Kesehatan UMP, 2009, 7–20. http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/12546/6.BAB II.pdf?sequence=6&isAllowed=y

Cookson, M. D., & Stirk, P. M. R. (2019a). 済無No Title No Title No Title. 13–32.

Cookson, M. D., & Stirk, P. M. R. (2019b). 済無No Title No Title No Title. 7–35.

Darah Ifalahma, & Nur Hikmah. (2020). Pengetahuan Ibu Tentang Perkembangan Motorik Kasar pada Balita usia 3-4 Tahun. Infokes: Jurnal Ilmiah Rekam Medis Dan Informatika Kesehatan, 10(2), 20–27. https://doi.org/10.47701/infokes.v10i2.1028

Gade, F. (2017). Ibu Sebagai Madrasah Dalam Pendidikan Anak. Jurnal Ilmiah Didaktika, 13(1), 31–40. https://doi.org/10.22373/jid.v13i1.462

Han, E. S., & goleman, daniel; boyatzis, Richard; Mckee, A. (2019). Edukasi Kesehatan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Ii, B. A. B. (2017). Jurnal Peran Perkembangan Motorik Pada Anak Usia Dini. (FIK UNY : Yogyakarta) diakses pada 15 mei 2017 1 13. Jurnal Peran Perkembangan Motorik Pada Anak Usia Dini, 13–41.

Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28. ejournal.iaiig.ac.id ? index.php ? warna ? article ? download

M.Sesaria. (2020). Pengaruh Bermain Lempar dan Tangkap Bola Terhadap Koordinasi Mata dan Yangan Anak Kelompok B di TK Dharma Wanita Gempolan kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung. Bab Ii Kajian Pustaka 2.1, 2004, 6–25.

Margareta, S. (2013). HUBUNGAN PELAKSANAAN SISTEM KEARSIPAN DENGAN EFEKTIVITAS PENGAMBILAN KEPUTUSAN PIMPINAN : Study deskriptif analisis kuantitatif di Sub Bagian Kepegawaian dan Umum Lingkungan Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Repository UPI, 40–50.

Maulida, R. (2017). Pengaruh Edukasi Cuci Tangan Dengan Metode Jembatan Keledai Dalam Meningkatkan Pengetahuan Cuci Tangan Pengunjung Puskesmas Kasihan I Dan Puskesmas Sewon I Bantul. 10–31. http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/12546

Nurmawati, A. D. (2020). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Perpustakaan Huruf Abjad Pada Kelompok a Ra As Syafi’Iyah Ponorogo. Edupedia, 4(1), 1. https://doi.org/10.24269/ed.v4i1.424

Nursalam. (2017). pendidikan dalam keperawatan. Salemba Medika.

Oramas, C. V., Keluarga, D. D., & Oramas, C. V. (2016). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 2016.

RI, U. (2018). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas, 12–38.

RONALD E. WALPOLE, RAYMOND H. MYERS, S. L. M. Y. K. Y. (2015). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. BMC Public Health, 5(1), 1–8.

Sari, R. (2020). Hubungan Pengetahun, Sikap Dan Pendidikan Ibu Tentang Stimulasi Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 3-5 Tahun Di Puskesmas Lamasi. Jurnal Kesehatan Luwu Raya, 6(2), 17–25.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  
 Published by : Universitas Widya Husada Semarang | ISBN : 978-602-60315-7-0
  

MAP LOCATION