FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISA DI RSUD TUGUREJO SEMARANG

Joko Susilo, Dwi Nur Aini, Rahayu Winarti

Abstract


Latar Belakang : KepatuhanmerupakansalahsatupermasalahanpadapasienGagalGinjalKronis. Ketidakpatuhandalamterapidapatmenyebabkanpenumpukkanzat-zatberbahayadarihasilmetabolismedalamdarahdanjikahaltersebutdibiarkanmakaakanmenyebabkankematian.Tujuanpenelitianuntukmengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kepatuhan pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa di RSUD Tugurejo Semarang.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional.Jumlahsampel 73 responden.Teknik pengambilan sampelmenggunakan accidental sampling. Pengumpulan data dengan cara pengisian kuesioner.

Hasil :Berdasarkan penelitian menggunakan ujiRank Spearmenmotivasi (p=0,001) dandukungankeluarga (p=0,000). Penelitian menggunakan ujiChi Squarelamanyamenjalanihemodialisa (p=0,105).

Kesimpulan : Ada hubunganmotivasidandukungankeluargadengankepatuhanpasiengagalginjalkronik yang menjalanihemodialisa di RSUD Tugurejo Semarang, tidakadahubunganlamanyamenjalanihemodialisadengankepatuhanpasiengagalginjalkronik yang menjalanihemodialisa di RSUD Tugurejo Semarang.

Kata Kunci : Kepatuhan, GagalGinjalKronik, Hemodialisa.

Full Text:

PDF

References


Ajeng. Diyan. 2014. Hubungan dukungan keluarga dengan dengan tingkat kepatuhan pasien hemodialisa terhadap terapi gagal ginjal di RSUD Blambangan Banyuwangi

Alam & Hadibroto. 2009. Gagal Ginjal. Jakarta : PT Gramedia.

Brunner &Suddarth. 2013. Keperawatan Medikal Bedah Edisi 8 Volume 2. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Friedman, Marilyn M. 2010. Buku ajar keperawatan keluarga : Riset, Teori dan Praktek. Jakarta : EGC.

Kementrian Kesehatan RI. 2011. Profil Kesehatan Indonesia. http//www.depkes.go.id

Lestari & Nurmala. 2015. Hubungan motivasi pasien dengan kepatuhan menjalani hemodialisa pada pasien gagal ginjal kronik di RSUD Kraton Pekalongan.

Manguma, Chris. 2014. Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepatuhan pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa di BLU RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado.

Nekada, Cornelia Yoshima. 2012. Hubungan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan pada pasien gagal ginjal kronik dalam menjalani hemodialisa di RSUP DR. Soeradji Tirtonegoro Klaten.

Notoatmodjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka cipta.

Nurchayati, Sofiana. 2010.Analisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kualitas hidup pasien penyakit gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa di RSI Fatimah Cilacap dan RSUD Banyumas. Depok : UI

Riyanto, Agus. 2011. Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Rustina. 2012. Gambaran Tingkat Depresi Pada Pasien Gagal Ginjal Kronik Yang Menjalani Hemodialisis Di Rsud Dr. Soedarso Pontianak Tahun 2012.

Smeltzer, Suzanne C. dan Bare, Brenda G, 2013,Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah Brunner dan Suddarth (Ed.8), Alih bahasa oleh Agung Waluyo...(dkk), Jakarta : EGC.

Syamsiah, Nita. 2011.Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepatuhan pasien CKD yang menjalani hemodialisa di RSUPAU Dr.Esnawan Antariksa HAlim Pernada Kusuma Jakarta.

Ulfa, Rania. 2015. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan penderita gagal ginjal kronik yang menjalani program hemodialisa di PKU Muhammadiyah Gombong.




DOI: https://doi.org/10.33666/jners.v2i1.138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN 2721-9860

p-ISSN 2356-3060


STIKES Widya Husada Semarang

Jl. Subali Raya No. 12, Krapyak SEMARANG, Jawa Tengah
» Tel / fax : (024) 761 2988 / (024) 761 2988 ; 761 2944

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.