PENGARUH KECEMASAN AKADEMIS TERHADAP PRESTASI MAHASISWA STIKES WIDYA HUSADA SEMARANG

Mega Indah Puspita

Abstract


Regulasi diri dalam belajar adalah cara belajar siswa aktif secara individu untuk mencapai tujuan akdemis dengan cara pengontrolan perilaku, memotivasi diri sendiri, dan menggunakan kognitifnya dalam belajar. Regulasi diri dalam belajar mempunyai peranan penting dalam suatu proses pembelajaran karena di perguruan tinggi mahasiswa dituntut untuk lebih mandiri dalam belajar. Mahasiswa harus mampu mengarahkan diri sendiri agar dapat memiliki kemampuan yang mengoptimalkan pembelajarannya. Regulasi diri juga dapat mengurangi kecemasan. Mahasiswa dengan meta kognitif yang baguslebih mudah dalam mengatasi kecemasan. Perilaku dalam belajar terutama dalam penerapan regulasi diri ini tidak lepas dari pengaruh eksternal (lingkungan belajar) serta kondisi internal (factor person atau individu). Kondisi internal yang berpengaruhantar alin perilaku. Perilaku yang kurang tepat dapat mengganggu proses belajar.

Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasi yaitu penelitian yang diarahkan mencari hubungan dan pengaruh antara variable independent yaitu kecemasan akademis dan variable dependent yaitu Prestasi Belajar Mahasiswa. Pendekatan yang digunakan adalah ex-post facto, karena tidak melakukan perubahan terhadap responden, tetapi berdasarkan gejala dan keadaan yang telah ada pada diri responden sebelum penelitian ini dilakukan. Sampel dalam penelitian sebesar 186 orang mahasiswa.

Terdapat pengaruh negative dan signifikan kecemasan akademis terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa prodi D III Teknik Rontgen STIKES Widya Husada Semarang. Dengan demikian untuk mendapatkan Prestasi Belajar Mahasiswa yang tinggi, mahasiswa harus menekan atau mengendalikan kecemasan

 

Kata Kunci: Kecemasan Akademis, Prestasi Mahasiswa, Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Davidoff, Linda. (1988). Pengantar Psikologi, Jakarta : Erlangga

Jonatan Sarwono (2012) Metode Riset pendekatan kuantitatif menggunakan program SPSS, Jakarta : PT. Elex Media Komutindo

Muktafi Rafsanjani (2011) Hubungan antara konsep diri dan minat belajar dengan prestasi belajat, Universitas Satya Wacana Salatiga

Suryabrata, Soemadi. (2002). Psikologi Pendidikan, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Syah, Muhibbin. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta : Raja Grafindo

Sugiyono (2007), Statistik Nonparametrik, Bandung : Alfabeta

Syaiful Sagala (2006) Konsep dan makna Pembelajaran, Bandung, Alfabeta

Zaenal Abidin, Muhammad (2013) Gangguan kecemasan dalam belajar dengan prestasi belajar, Universitas Sstya Wacana Salatiga




DOI: https://doi.org/10.33666/jitk.v6i1.106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




  
 Published by : Widya Husada Semarang University | ISSN : 2086-8510 (Print) | ISSN : 2655-5875 (Online)
  

INDEXED BY
 
MAP LOCATION