UPAYA-UPAYA PENUNDAAN KEHAMILAN DAN KELAHIRAN ANAK MASA KULIAH PADA MAHASISWA REGULER BIDANG KESEHATAN DI UNIVERSITAS DIPONEGORO

Ghodiq Ufthoni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan upaya-upaya penundaan kehamilan dan kelahiran anak masa kuliah pada mahasiswa reguler bidang kesehatan Universitas Diponegoro. Desain penelitian yang digunakan yaitu explanatory research dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa reguler bidang kesehatan. Sampel diambil secara purposif sampling ialah semua mahasiswa yang sudah menikah. Uji statistik yang digunakan yaitu chi square. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji chi squre dengan taraf signifikansi 95% diperoleh kesimpulan terdapat hubungan upaya penundaan kehamilan metode KB sederhana dengan kelahiran anak masa kuliah (p value: 0,035). terdapat hubungan upaya penundaan kehamilan metode KB modern alat kontrasepsi dengan kelahiran anak masa kuliah (p value :0,028), tidak terdapat hubungan upaya penundaan kehamilan metode KB tradisional dengan kelahiran anak masa kuliah (p value :0,155). Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi BKKBN untuk memperhatikan kenyataan bahwa di masyarakat (mahasiswa) terdapat upaya penundaan kehamilan metode KB tradisional yang belum terbukti kebenarannya secara ilmiah, hal tersebut belum tentu efektif atau bahkan membahayakan bagi pemakainya.

 

Kata kunci    : metode KB sederhana, metode KB modern alat kontrasepsi, metode KB tradisional, kelahirananak masa kuliah.


Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.33666/jitk.v1i1.19

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




  
 Published by : Widya Husada Semarang University | ISSN : 2086-8510 (Print) | ISSN : 2655-5875 (Online)
  

INDEXED BY
 
MAP LOCATION