HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DENGAN KINERJA BIDAN DESA DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PERENCANAAN PERSALINAN DAN PENCEGAHAN KOMPLIKASI (P4K) DENGAN STIKER DI DINAS KESEHATAN KABUPATEN BATANG

Rina Yati

Abstract


Angka Kematian Ibu (AKI) di Kabupaten Batang tiga tahun terakhir (2009 – 2011) terus meningkat, hal ini belum sesuai dengan target MDG’s, dimana penyebab penyebab kasus kematian ibu sebenarnya dapat dicegah sebelumnya. Hal ini didukung dengan  Program P4K, sebagai pelaksana utamanya adalah bidan desa, namun belum semua  bidan desa melaksanakan program P4K sesuai standar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor determinan kinerja bidan desa dalam pelaksanaan program P4K dengan stiker di Kabupaten Batang.

Jenis penelitian ini adalah observasional dengan metode survey analitik melalui pendekatan cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner terstruktur dan lembar observasi. Populasi adalah seluruh bidan desa (191) pengambilan sampel dengan teknik consecutive sampling (130), serta dilakukan cross check  pada 19 kader posyandu dan stiker yang terpasang. Analisis univariat menggunakan distribusi frekuensi, Analisis bivariat menggunakan rank spearman.

Hasil penelitian didapatkan sebagian besar motivasi responden kurang (56,2%), dan kinerja (53,%) kurang. Motivasi terutama pada penghargaan.Kinerja terutama pada   operasionalisasi, dan peran bidan. Hasil analisis bivariat menunjukan adanya hubungan signifikan antara  motivasi (p=0,0001) dengan kinerja bidan..

           Direkomendasikan pada DKK Kabupaten Batang untuk meningkatkan dana khusus guna pengadaan sarana prasarana berupa ceklist rapat koordinasi tingkat desa, blangko surat pernyataan kesediaan sarana transportasi, kartu ibu, buku KIA, mengikutsertakan bidan desa ke pelatihan program P4K, membuat SOP pelaksanaan program P4K di Kabupaten Batang.

 

Kata Kunci : motivasi, kinerja bidan desa, program KIA, Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K )

Stikes Widya Husada Semarang

Full Text:

PDF

References


Dinas Kesehatan Propinsi. Profil Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Tengah, Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Tengah, Semarang, 2011.

Dinas Kesehatan Propinsi. Profil Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Tengah, Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Tengah, Semarang, 2009.

Dinas Kesehatan Propinsi. Profil Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Tengah, Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Tengah, Semarang, 2010.

Dinas Kesehatan Kabupaten Batang. Profil Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, Batang, 2011

Depkes RI. Pedoman Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi dengan Stiker, Depkes RI, Jakarta, 2009.

Sudarmanto. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM. Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 1999.

Dale, A Timpe. Seri Manajemen Sumber Daya Manusia, Kinerja. PT Gramedia Asri Media, Jakarta, 1999.

Dun, William. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Gajah Mada University, Yogjakarta, 2003.

Winarno, B., Kebijakan Publik Teori dan Praktek. Buku Kita, Jakarta, 2009

Wahab, S.A. Pengantar Analisis Kebijakan Publik, UPT Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang, Malang, 2008.

Wiryana, Djoko. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Airlangga University, Surabaya, 2000.

Gibson, dkk., editor Agus Dharma. Organisasi Perilaku Struktur Proses, Erlangga, Jakarta, 1997.




DOI: https://doi.org/10.33666/jitk.v3i1.65

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




  
 Published by : Widya Husada Semarang University | ISSN : 2086-8510 (Print) | ISSN : 2655-5875 (Online)
  

INDEXED BY
 
MAP LOCATION