PROSEDUR PEMERIKSAAN CT SCAN KEPALA PADA KASUS CEREBROVASCULAR ACCIDENT (CVA) BLEEDING DI INSTALASI RADIOLOGI RUMAH SAKIT TK.II 04.05.01 DR. SOEDJONO MAGELANG

Asih Puji Utami, Intan Andriani, Trisna Budiwati

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang pemeriksaan CT Scan kepala pada kasus Cerebrovascular Accident (CVA) Bleeding di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Dr. Soedjono Magelang. Pada pemeriksaan ini menggunakan metode satu range dari basic cranii sampai vertex dengan slice thicknessnya 10 mm, sedangkan pada teori dijelaskan bahwa pemeriksaan CT Scan kepala menggunakan dua range, range pertama dari basic cranii sampai pars petrosum dengan slice thickness 2-5 mm, range kedua dari pars petrosum sampai vertex dengan slice thickness 10 mm. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pemeriksaan CT Scan kepala pada kasus Cerebrovascular Accident (CVA) Bleeding dan untuk mengetahui alasan di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Dr. Soedjono Magelang menggunakan teknik satu range dengan slice thicknes 10 mm.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang telah diperoleh dari hasil observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi dikumpulkan dalam bentuk transkip, kemudian dilakukan reduksi. dimana data yang telah dikumpulkan kemudian diseleksi dan dipilih, sehingga data yang diperlukan saja yang digunakan dalam bentuk tabel kategorisasi. Setelah reduksi, maka dilakukan koding terbuka. Koding terbuka dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan validitas dari data yang sudah terkumpul. Selanjutnya dilakukan penyajian data menggunakan kuotasi yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian, sehingga dapat ditarik suatu kesimpulan dan saran.

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, prosedur pemeriksaan CT Scan kepala pada kasus Cerebrovascular Accident (CVA) Bleeding di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Dr. Soedjono Magelang menggunakan satu range dengan slice thicknes 10 mm menurut radiografer karena untuk mempersingkat waktu scanning dan juga untuk meminimalisir dosis radiasi yang diterima oleh pasien, sedangkan menurut radiolog karena pertimbangan dari aspek radiasi dan biaya.

 

Kata kunci : CTScan kepala, CerebrovascularAccident (CVA) Bleeding, satu range, slice thicknes 10 mm.


Full Text:

PDF

References


Ballinger, W. J, Philip, 2003 Merill's Atlas of Radiograpic Positions and Radiologic Procedurs, Volume Three, Tenth Edition, Mosby: Ohio.

Bontrager, Kenneth L, and Lampignano, John P, 2010, Text Book of Radiographic Positioning and Related Anatomi, Seventh Edition, Mosby: USA.

Bushberg, Jerold T, J Antony Seibert, Edwin M Ledholk and Jhon M Goone, 2000, The Essential Physics of Medine Imaging, 2nd Edition Lippincott Wiliams And Wilkons. USA.

Nesseth, R, 2000, Procedures and Documentation for CT and MRI, Kansas: McGraw Hill Medicall Publishing Division.

Pearce, Evelyn C. 2011. Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis. Jakarta: PT. Gramedia.

Rasad, S. 2009. Radiologi Diagnostik. Jakarta: Balai Penerbit FKUI.

Seeram, E, 2001, Computed Tomography, Second Edition, Philadelpia : WB Saunders Company.

Tortorici MR., Patrick JA. 1995. Advanced Radiographic and Angiographic Procedures. Philadelphia: FA Davis Company

Positions And Radiologic Procedures Volume One, Tenth Edition, Missouri:Mosby.

Bucholz, Robert W. dkk. 2006. Rockwood & Green's Fractures in Adults, SixthEdition. Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins.

Clark's, Whitley AS. Sloane C. Arnold. 2005. Positioning In Radiography Firstpublished in Great Britain in London.

Frassica, Frank J., dkk. 2007. Five Minute Orthopaedic Consult, Second Edition.Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins.

Koval, Kenneth J. dan Joseph D. Zuckerman. 2006.

Handbook of Fractures,Third Edition. Philadelphia

: Lippincott Williams & Wilkins.

Pearce, Evelyn. 2009. Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis. Jakarta :Gramedia Pustaka Utama.

Riyanto, 2010. Teknik Pemeriksaan Radiografi Sendi Bahu Pada Kasus Dislokasi di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Dr Ario Irawan.

Tortora, Gerard J. dan Bryan Derrickson. 2009. Principles ofAnatomyand

Physiology, Twelfth Edition.Hoboken : John Wiley & Sons, Inc.




DOI: https://doi.org/10.33666/jitk.v4i2.88

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




  
 Published by : Widya Husada Semarang University | ISSN : 2086-8510 (Print) | ISSN : 2655-5875 (Online)
  

INDEXED BY
 
MAP LOCATION