HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DAN PERAN PERAWAT DENGAN HARGA DIRI PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIS DI RUANG HEMODIALISA RSUD KABUPATEN BATANG

Teguh Saputro Wibowo, Arif ianto, Khusnul Aini

Abstract


Latar Belakang : Pada pasien gagal ginjal kronis yang menjalani hemodialisa akan mengalami perubahan psikologis. Pada klien yang sudah mengalami perubahan tersebut dibutuhkan  dukungan keluarga. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui hubungan dukungan keluarga dan peran perawat dengan harga diri pada pasien gagal ginjal kronis di ruang hemodialisa RSUD Kabupaten Batang. Metode Penelitian : Jenis penelitian ini deskriptif  korelasi. Tehnik sampling dengan Accidental Sampling, sampel sejumlah 46 responden. Pengambilan data menggunakan lembar kuesioner kemudian di olah kedalam uji statistik Spearman Rank. Hasil Penelitian : Berdasarkan hasil analisis statistik dengan Rank Spearman, di dapatkan nilai p value dukungan keluarga = 0,047 <ά  = 0,05 r = (0,294) dan pvalue peran perawat = 0,011 <ά  = 0,05 r = (0,370) Ha diterima, sehingga dapat dikatakan bahwa ada hubungan dukungan keluarga dan peran perawat dengan harga diri pada pasien gagal ginjal kronis di ruang hemodialisa RSUD Kabupaten Batang.Kesimpulan Penelitian : Ada hubungan dukungan keluarga dan peran perawat dengan harga diri pada pasien gagal ginjal kronis di ruang hemodialisa RSUD Kabupaten Batang, dengan keeratan hubungan yang lemah.

                             

Kata Kunci : dukungan keluarga, peran perawat, harga diri.

Full Text:

PDF

References


Adiatma Dhanny Candra. 2014. Prevalensi Dan Jenis Anemia Pada Pasien penyakit Ginjal Kronik Yang Menjalani Hemodialisis Reguler. Studi Di RSUP DR. Karyadi Semarang. Progam Pendidikan Sarjana Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro

Alif Zaenal Muttaqin, Faizah Betty. 2010. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kepatuhan Lanjut Usia Dalam Melaksanakan Senam Lansia Di Posyandu Kondang Waras Ngargorejo. Mahasiswa S1 keperawatan UMS.

Arin Wahyu Purnomo, 2015. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Harga Diri Pasien GGK Yang Dilakukan Tindakan Hemodialisa Di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Stikes Asyiyah Yogyakarta.

Asmadi. 2008. Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta: EGC.

Azwar Agoes, Achdiat Agoes, Arizal Agoes. 2011. Penyakit Di Usia Tua. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Cahyaningsih. 2008. Hemodialysis (Cuci Darah) Panduan Praktis Perawatan Gagal Ginjal. Yogyakarta : Mitra Cendekia.

Djati Sih P, 2013. Peran Perawat Dalam Meningkatkan Harga Diri Pasien Post Mastektomi Di rumah Sakit Mardi Waluyo Metro Provinsi Lampung. Universitas Kristen Satya Wacana.

Hammad, Agus Rachmadi, Indah Sri P Ningsih. 2012. Tingkat Kepatuhan Gagal Ginjal Kronik Dalam Pembatasan Cairan Pada Terapi Hemodialisa. Politeknik Kemenkes Banjarmasin.

Ikbal Dwi Cipta. 2016. Hubungan Dukungan keluarga Dengan Kecemasan Pada Pasien Gagal Ginjal Kronis Di Unit Hemodialisa RS PKU Muhammadiyah Unit II Gamping Sleman Yogyakarta. Naskah publikasi. Universitas Aisyiyah.

Kastrouni dkk. (2010). Quality Of Life Of Greet Patient With End Steage Renal Disease Undergoing Haemodialysis. Journal Of Renal Care.

Komarudin, Awatiful Azza, Abdullah Hafidz. 2015. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Harga Diri Pasien Rawat Inap Tuberkulosis Paru Di RS Paru Jember kabupaten Jember. Jurnal Keperawatan Fikes UMJ.

Lina Togatarob. 2011. Hubungan Peran Perawat Pelaksana Dengan Kualitas Hidup Pasien Gagal Ginjal Kronis Yang Menjalani Hemodialisa Di RSUP Haji Adam Malik Medan. Skripsi. Fakultas Keperawatan Universitas Sumatra Utara.

Mc Clellen WM, Flanders WD. 2009. Risk Fators For Progresife Cronic Kidney Disease. J Am Soc Nephrol.

Morningstar et al. 2007. Faktor Resiko Gagal Ginjal Kronik Di Unit Hemodialysis RSUD Wates kulon Progo. Unifersitas Ahmad Dahlan.

Morton dkk, 2011. Keperawatan Kritis : Pendekatan Asuhan Holistik Volume 1. Edisi 8. Jakarta : EGC.

M. Nur Ghufron, Rini Risnawita S. 2016. Teori – Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.

Nita Syamsiah, 2011. Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Pasien CKD Yang Menjalani Hemodialisa Di RSPAU Dr Esnawan AntariksaHalim Perdana Kusuma Jakarta. Tesis. Fakultas Ilmu Keperawatan Progam Studi Magister Keperawatan Kekhususan Keperawatan Medikal Bedah Universitas Indonesia.

Nursalam. 2012. Konsep Metode Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika

Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ratna, W. 2010. Sosiologi dan Antropologi Kesehatan. Yogyakarta: Pustaka Rihama.

Riyanto Agus. 2011. Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Sapri, Akhmad. 2008. Asuhan Gagal Ginjal Kronik Faktor – faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Dalam Mengurangi Asupan Cairan Pada Gagal Ginjal Kronik yang Menjalani Hemodialisa di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Bandar Lampung. Diakses dari pada tanggal 25 Februari 2017

Sarafino, 2010. Heald Psichologi: Biopsychosocial Interaction. Canada : Wiley and Sons Inc.

Stuart, Gail Wiscar. 2016. Prinsip dan Praktik Keperawatan Kesehatan Jiwa Stuart, edisi Indonesia pertama, oleh Budi Anna Keliat dan Jesika Pasaribu.

Sukarja dkk, 2008. Harga diri dan koping pada pasien gagal ginjal kronis di RSUP Sanglah Denpasar. Jurnal Skala Husada, Volume 5 nomor 2.

Suryanilsih. 2010. Hubungan Penambahan Berat Badan Antara Dua Waktu Dialisis Dengan Kualitas Hidup Pasien Hemodialisis Di RS Dr, M Djamil. E-Jurnal Pustaka kesehatan Vol 4.

Suryaningsih. M. S. 2013. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Depresi Pada Pasien Penyakit Ginjal Kronik Di Ruang Hemodialisa BLU RSUP PROF. DR. R. D Kandou Manado. Jurnal Keperawatan Unsrat vol.1/no.1.

Susilawati Dwi. 2013. Hubungan Antara Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kecemasan Penderita kanker Serviks Paliatif Di RSUP DR Sardjito Yogyakarta. Fakultas Kedokteran

Tanujiarso, Ismonah, Supriyadi. 2014. Efektifitas Konseling Diit Cairan Terhadap Pengontrolan Interdyalitic Weight Gain pasien Hemodialisis Di RS Telogorejo Semarang.




DOI: https://doi.org/10.33666/jners.v2i1.136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN 2721-9860

p-ISSN 2356-3060


STIKES Widya Husada Semarang

Jl. Subali Raya No. 12, Krapyak SEMARANG, Jawa Tengah
» Tel / fax : (024) 761 2988 / (024) 761 2988 ; 761 2944

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.