PENGARUH EKSTRAK JAHE TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA DENGAN HIPERTENSI DI RW 03 KELURAHAN TAMBANGAN

Tam rin, Dwi Retno N, Siti Muawanah

Abstract


Latar Belakang : Hipertensi merupakan salah satu penyakit kardiovaskuler yang menjadi masalah kesehatan utama terutama pada lansia. Semakin bertambahnya usia maka resiko terjadinya hipertensi juga semakin tinggi. Pengobatan hipertensi dapat dilakukan dengan farmakologi, salah satunya yaitu ekstrak jahe (Zingiber Officinale Rosc). Tujuan Penelitian : untuk mengetahui pengaruh ekstrak jahe terhadap penurunan tekanan darah pada lansia dengan hipertensi di RW 03, Kelurahan Tambangan. Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi eksperimental. Desain penelitian menggunakan “one group pre test-post test design without control group”. Jumlah populasi yaitu 36 responden. Cara pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan intervensi. Hasil : Mengetahui tingkat tekanan darah sebelum dan sesudah diberikan ekstrak jahe menggunakan uji Wilcoxon dengan hasil p- value 0,007  (<0,05%) dan nilai Z hitung -2,683. Kesimpulan : Ada pengaruh ekstrak jahe terhadap penurunan tekanan darah pada lansia dengan hipertensi di RW 03 Kelurahan Tambangan.

Kata Kunci: Ekstrak jahe, Lansia, Hipertensi.


Full Text:

PDF

References


Anggara, FHD dan Prayitno, N. (2013). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tekanan Darah Di Puskesmas Telaga Murni, Cikarang Barat Tahun 2012. Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat STIKES MH. Thamrin. Jakarta. Jurnal Ilmiah Kesehatan.

Anggraini dkk, (2009). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Hipertensi Pada Pasien Yang Berobat di Poliklinik Dewasa Puskesmas Bangkinang Periode Januari-Juni 2008. Fakultas Kesehatan. Universitas Riau.

Anonim, (2010). Informatorium Obat Nasional Indonesia, DepKes RI, Jakarta.

Fatmah, (2010). Gizi Usia Lanjut. Erlangga : Jakarta.

Gustiri, (2011). Sehat dengan Ramuan Tradisional : Khasiat dan Manfaat Jahe si Rimpang Ajaib. Jakarta Selatan : Agromedia Pustaka.

Koswara, sutrisno. (2011), Jahe Rimpang Dengan Sejuta Khasiat. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Martha, Karina, (2012). Panduan cerdas mengatasi hipertensi, Yogyakarta: Araska.

Mishra, D.S., maiti, R., Bera, S., Das, K., Ghosh, D. (2009), protective effect of composite ekstrack of withania somnifera, ocimum santum and zingiber officinale on swimming-induced reproductive endrocrine dysfunctions in male rat. Iranian journal of pharmacology and therapeutics.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Rahajeng E, (2013). Prevalensi Hipertensi dan Determinannya di Indonesia. Jakarta: Pusat Penelitian Biomedis dan Farmasi Badan Penelitian Kesehatan Departemen Kesehatan RI.

Ritu Jain. (2011). Pengobatan Alternatif untuk Mengatasi Tekanan Darah. Jakarta : Gramedia.

Singalingging, G (2011). Karakteristik Penderita Hipertensi di Rumah Sakit Umum Herna Medan.

Suhadak, (2010). Pengaruh pemberian teh rosella terhadap penurunan tekanan darah tinggi pada lansia. Di desa windu kecamatan larangbinangan kabupaten lamongan. Lamongan : BPPM Stikes Muhammadyah Lamongan.

Suiraoka, IP. (2012). Mengenal, Mencegah dan Mengurangi Faktor Resiko 9 Penyakit Degeneratif. Yogyakarta : Nuha Medika.

Susilo, Y dan Wulandari. (2011). Cara Jitu Mengatasi Hipertensi. Yogyakarta : Andi.

Teguh, (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia dan Lansia. Yogyakarta : Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.33666/jners.v2i2.154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN 2721-9860

p-ISSN 2356-3060


STIKES Widya Husada Semarang

Jl. Subali Raya No. 12, Krapyak SEMARANG, Jawa Tengah
» Tel / fax : (024) 761 2988 / (024) 761 2988 ; 761 2944

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.