PENGARUH TERAPI BERMAIN PUZZLE TERHADAP TINGKAT PERKEMBANGAN SOSIAL PADA ANAK RETARDASI MENTAL DI SLB N KABUPATEN REMBANG

Dwi Retnaningsih, Windy astuti, Ardha Yuniar A

Abstract


Latar Belakang : Retardasi mental adalah suatu keadaan perkembangan mental yang berhenti atau tidak lengkap, yang terutama ditandai oleh adanya keterbatasan keterampilan selama masa perkembangan, sehingga berpengaruh pada semua tingkat intelegensia yaitu kemampuan kognitif, bahasa, motorik dan sosial. Sebagai anggota masyarakat anak retardasi mental tidak mampu mandiri, tidak dapat melakukan komunikasi dua arah dengan teman sebaya, hal ini disebabkan oleh kemampuan sosialisasi anak retardasi mental tidak berkembang secara optimal. Maka dari itu di perlukan sebuah terapi yang dapat meningkatkan perkembangan sosial anak retardasi mental, slaah satunya adalah dengan terapi bermain puzzle yang di lakukan secara berkelompok untuk menstimulus interaksi sosial anak retardasi mental. Tujuan Penelitian : Mengetahui pengaruh terapi bermain puzzle terhadap tingkat perkembangan sosial pada anak retardasi mental di SLB N Kabupaten Rembang. Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi eksperimental. Desain penelitian menggunakan one-group pre-test post-test design. Jumlah populasi responden yaitu 34 responden. Cara pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan intervensi. Hasil : Mengetahui perbedaan tingkat perkembangan sosial pada anak retardasi mental sebelum dan setelah diberikan terapi bermain puzzle menggunakan uji Wilcoxon dengan hasil p value 0,011 (≤ 0,05%) dan nilai Z hitung -2,556 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan : Ada pengaruh terapi bermain puzzle terhadap tingkat perkembangan sosial pada anak retardasi mental di SLB Kabupaten Rembang. Kata Kunci : Retardasi mental, perkembangan sosial, terapi bermain, Puzzle. Daftar Pustaka : 35 literatur (2007-2013)


Full Text:

PDF

References


Adriana, Dina. 2013. Tumbuh Kembang & Terapi Bermain Pada Anak.Jakarta : Salemba Medika.

Ahmad Susanto, 2012. Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

BPS. 2010. Data Pokok Sekolah Luar Biasa di Seluruh Indonesia. Centi. 1993. Mengapa Rendah Diri.Yogyakarta: Kanisius

Boyles & Contadino, cit Santrock, 2008.Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup (edisi kelima). (Penerj.Achmad Chusairi, Juda Damanik; Ed. Herman Sinaga, Yati Sumiharti). Jakarta: Erlangga.

Collins, H. P., & Allbon, P. 2008. Disability in Australia: Intelectual Disability. Australian Institute of Health and Welfare

Fajar, dkk. 2009. Statistika Untuk Praktisi Kesehatan.Yogyakarta : Graha Ilmu.

Farooq, U, 2011. What is Socialization - Meaning and Definition of Socialization. from Study Lecture Notes.

Friedman, H. S. & Schustack, M. W. 2009. Kepribadian Teori Klasik dan Riset Modern. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Hidayat. 2010. Metode Penelitian Kesehatan Paradigma Kualitatif. Surabaya: Health Books Publishing.

Ismail Andang. 2009. Education Games. Yogyakarta: Pro U Media

Legoff, D., & Sherman, M. 2010. Long-term Outcame Of Social Skills Intervention Based On Interactive LEGO Play.

Lisnawati, L.; Shahib, M.N.l.: Wijayanegara, H. 2014. Analisis Keberhasilan Terapi Bermain terhadap Perkembangan Potensi Kecerdasan Anak Retardasi Mental Sedang Usia 7-12 Tahun. MKB 46.

Notoatmojo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. 2013. Konsep Metode Penelitian Ilmu Keperawatan.Jakarta : Salemba Medika.

Riskedas. 2011. Mari Kenali dan Peduli terhadap Anak Autisme. Jakarta.

Rusiana, Evi. 2013. Pendekatan Sensori Integrasi Untuk Meminimalisasi Perilaku pendiam Pada Anak RM. Jurnal Pendidikan Kusus. UNESA: Surabaya.

Saraswati, M,. Widaningsih, Ida. 2008, Be Smart Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: PT Grafindo Media Pratama.

Saryono. 2008. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jogjakarta: Mitra Cendekia Offset.

Sholihah, L. 2010. Panduan Lengkap Hamil Sehat.Yogyakarta : Diva pre

Soebachman, Agustina. 2012. Pemainan Asyik Bikin Anak Pintar.Yogyakarta : IN AzNa Books.

Soetjiningsih dan Ranuh (ed.). 2014. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung : Alfabet

Sularyo, T. S., & Kadim, M. 2007. Sari Pediatri Volume 2 Topik Khusus Retardasi Mental. Jakarta: Salemba.

Sulismadi, 2011. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: EGC.

Sujarweni. 2007. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Syukron, Muh. 2011. Upaya Penggunaan Media Games Puzzle Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. UNESA: Surabaya

Tedjasaputra, M. S. 2011. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Grasindo.

Ulfatusholihat, Ria (2009). Peran Orang Tua dalam Penyesuaian Diri Anak Tunagrahita. Gunadarma: Surabaya

Wahyuni, Nanik. Dkk. 2010. Pemanfaatan Media Puzzle Metamorfosis dalam Pembelajaran Sains untuk Meningkatakan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Sawunggaling 1 Surabaya. Universitas Negri Surabaya.

Wardani, Naniek Sulistya. 2012. Pengaruh Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik. Universitas Kristen Satyawacana.

WHO, 2011. Depression. http:// www.who. int/mediacentre /factsheets/fs369/ en/index.html.Diakses pada 10 Desember 2016.

Wijayanti, P, 2007. Hubungan Antara Dukungan Sosial Anak Retardasi Mental Dengan Kemampuan Sosialisasi di SLB Bhakti Kencana Krikilan Berbah Sleman. Tidak Dipublikasikan : Skripsi S1 Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran UGM Yogyakarta.

Wong, Donna. (2008). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Wong. Alih bahasa : Agus Sutarna, Neti. Juniarti, H.Y. Kuncoro. Editor edisi bahasa Indonesia : Egi Komara Yudha....[et al.]. Edisi 6.Jakarta : EGC.

Yulianti I, Rani. 2008. Permainan yang Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta : Laskar Askara.




DOI: https://doi.org/10.33666/jners.v3i2.176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN 2721-9860

p-ISSN 2356-3060


STIKES Widya Husada Semarang

Jl. Subali Raya No. 12, Krapyak SEMARANG, Jawa Tengah
» Tel / fax : (024) 761 2988 / (024) 761 2988 ; 761 2944

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.