Hubungan Kejadian Bullying dengan Mekanisme Koping pada Remaja
Abstract
Bullying adalah perilaku seseorang atau sekelompok orang yang dilakukan secara berulang dengan tujuan menyakiti korban secara mental maupun fisik, dan biasanya terjadi pada anak dan remaja dalam bentuk kekerasan yang dilakukan oleh teman sebayanya. Diperkirakan 60% anak di Indonesia menggunakan sosial media yang berpotensi meningkatkan cyberbullying. Kejadian bullying berdampak pada diri korban seperti merasa tidak nyaman, takut, rendah diri. Saat remaja dibullying biasanya remaja membalas tindakan yang sama seperti apa yg mereka dapatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kejadian bullying dengan mekanisme koping pada remaja di SMP Muhammadiyah 08 Semarang.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan deskriptif korelasi melalui pendekatan cross sectional. Tekhnik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling dengan jumlah populasi sebanyak 219 siswa dan jumlah sampel sebanyak 142 siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji statistik menggunakan uji chi square.Berdasarkan hasil analisis diperoleh data dari 106 siswa(74.6%) yang mengalami kejadian bullying, 57 siswa ( 53.8% ) menggunakan mekanisme koping adaptif dan 36 siswa (25.4%) tidak mengalami kejadian bullying, 6 siswa (16.7% ) menggunakan mekanisme koping maladaptif. Hasil uji chi square didapatkan pvalue ˂ α ( 0,002 ˂ 0,05).
Kata kunci: kejadian bullying, mekanisme koping, remaja
THE RELATIONSHIP BETWEEN THE INCIDENCE OF BULLYING WITH COPING MECHANISMS IN ADOLESCENTS
ABSTRACT
Bullying is the behavior of a person or group of people that is done repeatedly with the aim of hurting the victim mentally or physically, and usually occurs in children and adolescents in the form of violence perpetrated by their peers. It is estimated that 60% of children in Indonesia use social media which has the potential to increase cyberbullying. Bullying has an impact on the victim such as feeling uncomfortable, afraid, inferior. When teens are bullied, teens usually respond to the same actions as what they get. This study aims to determine the relationship between the incidence of bullying with coping mechanisms in adolescents at SMP Muhammadiyah 08 Semarang.This study uses a quantitative method with descriptive correlation through a cross sectional approach. The sampling technique used was proportional random sampling with a population of 219 students and a total sample of 142 students. The data obtained were analyzed by statistical tests using the chi square test.Based on the analysis results obtained data from 106 students (74.6%) who experienced bullying, 57 students (53.8%) used adaptive coping mechanisms and 36 students (25.4%) did not experience bullying, 6 students (16.7%) used coping mechanisms maladaptive. Chi square test results obtained pvalue ˂ α (0.002 ˂ 0.05).
Keywords: bullying incident, koping mechanism, teenagers
Full Text:
PDFReferences
Ahyar, W (2010). Konsep Diri dan Mekanisme Koping dalam Proses Keperawatan. http://ahyarwahyudi.wordpres.com/2010/02/11/konsepdiridan-mekanisme-koping-dalam-keperawatan - Diakses Maret 2016.
Alawiyah, A. (2016). Faktor yang mempengaruhi Perilaku Bullying dengan teman di SMP Negri 2 Blangpidie tahun 2015.
Armiyati Y dan Rahayu DA (2010). Faktor Yang Berkolerasi Terhadap Mekanisme Koping Pasien CKD Yang Menjalani Hemodialisa di RSUD Kota Semarang. Jurnal Kesehatan. Vol 2 (4) Desember 2015. ISSN: 5694 1254. Surabaya: Rumah Sakit Muhmmadiyah Surakarta.
Bahyatun.(2010). Psikologi ibu & anak : buku ajar bidan. Jakarta: EGC
Cahyaningsih, Dwi Sulistyo. (2011). Pertumbuhan Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta : TIM.
Coloroso, Barbara. (2007). Stop Bullying: Memutus Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah hingga SMU. Diterjemahkan oleh: Santi Indra Astuti. Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta
Davidson,Gerald C; et al. Psikologi Abnormal (Edisi ke 9).Jakarta ; PT Raja Grafindo Persada:2006
Donoghue, C., Angela, A., David, B., Gabriela, R., Ian, C. (2014). Coping with Verbal and Social Bullying in Middle School. International Journal of Emotional Education, Vol. 6, No. 2, 40-53.
Febriana, B. 2017. Penurunan Kecemasan Remaja Korban Bullying Melalui Terapi Kognitif. Indonesian Journal Of Nursing Practices-Volume I. Nomor 2. Semarang: Universitas Islam Sultan Agung.
Hermalinda & Oktariana Elvi. 2017. Hubungan Karakteristik Remaja Dengan Perilaku Bullying pada Siswa SMP di Kota Padang. Jurnal Keperawatan Soedirman (The Soedirman Journal Of Nursing), Volume 12, No. 1 Maret 2017. Tersedia di http://jks.fikes.unsoed. ac.id/index.php/jks/article/view/677, diakses pada tanggal 3 Oktober 2018.
Herwina, Mila (2009). Sumber Stress, Strategi Coping dan Tingkat Stress pada Remaja Awal dan Madya. Tesis. Jakarta: Universitas Indonesia.
Hurlock, J.E. 2011. Perkembangan anak. (Terjemahan). Jilid 2. Jakarta : Erlangga.
Ifa, Nurjanah, Suryaningsih. 2017. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Tindakan Bullying Pada Anak Kelas 4 dan 5 di SDN Rancaloa Bandung 2017. Jurnal Kesehatan Kartika, vol 12, no.2
Indrayati, N., & Livana, P. H. (2019). Gambaran Verbal Abuse Orangtua pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Anak, 2(1), 9-18.
Keliat, B.A., Walter., Sunarto, M., Imelisa, R., & Jalil, A. (2014). Draf Standart
KPAI. Kasus Bullying dan Pendidikan Karakter. 2014 [cited 2016 Sep 20]. Available from: http://www.kpai.go.id/berita/kpai-kasus-bullying-danpendidikan-karakter/html
Laeheem, K.(2013). Guidelinesfor solving bullying behaviors among islamicprivate school students in songkhla province. Asian Social Science, 9 (11).
Lazarus & Folkman (2014). Stress Appraisal and Coping. Springer Publishing Company. New York.
Lazarus dalam jurnal Wahab, Sujadi, Setoningsih. 2017. Strategi Coping Korban Bullying. Jurnal Tarbawi, vol.13, no.02
Utami, T. W., Astuti, Y. S., & Livana, P. H. (2019). HUBUNGAN KECEMASAN DAN PERILAKU BULLYING ANAK SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 2(1), 1-6. https://journal.ppnijateng.org/index.php/jikj/article/view/264
Utami, T. W., Fadilah, A., & Livana, P. H. (2019). Hubungan bullying dengan ketidakberdayaan pada remaja. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(2), 159-164. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JKJ/article/view/4897
Wiyani, Ardy. (2012). Save Our Children From School Bullying. Jogjakarta : Arruzz Media
DOI: https://doi.org/10.33666/jners.v7i1.356
Refbacks
- There are currently no refbacks.
STIKES Widya Husada Semarang
Jl. Subali Raya No. 12, Krapyak SEMARANG, Jawa Tengah
» Tel / fax : (024) 761 2988 / (024) 761 2988 ; 761 2944
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.