Penerapan Pemberian Ekstrak Kayu Manis Terhadap Penurunan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes Melitus Di Kelurahan Gemah Semarang

Santi Widiyanti R, Dwi Nur Aini

Abstract


Latar belakang : Diabetes Melitus (DM) merupakan gangguan metabolisme yang di tandai dengan hiperglikemia yang berhubungan dengan abnormalitas metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein yang disebabkan oleh penurunan sekresi insulin atau penurunan sensitivitas insulin, atau keduanya dan menyebabkan komplikasi kronis kardiovaskuler dan neuropati. Seseorang dikatakan menderita diabetes melitus secara klinis apabila terdapat gejala diabetes melitus, yaitu banyak makan, banyak minum, sering kencing dan berat badan turun serta didapatkan hasil pemeriksaan kadar glukosa darah saat puasa >126 mg/dL atau 2 jam setelah minum larutan glukosa 75 g kadar glukosa darahnya >200 mg/dL. Selain penanganan farmakologi, penanganan diabetes melitus dapat dilakukan dengan bahan alami salah satunya yaitu dengan ekstrak kayu manis. Kayu manis memiliki kandungan flovanoid yang dapat membantu menurunkan tekanan gula darah.
Tujuan : Mengetahui Pengaruh Pemberian Ekstrak Kayu Manis Terhadap Penurunan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes Melitus di Kelurahan Gemah, Kec. Pedurungan Kota Semarang.

Metode : Metode penelitian ini adalah studi kasus dengan menggunakan bentuk rancangan one group pretest posttest pada penderita diabetes melitus. Instrumen yang digunakan adalah lembar pelaksanaan ekstrak kayu manis, dan lembar hasil kadar gula darah sebelum dan sesudah dilakukan pemberian ekstrak kayu manis.

Hasil : Setelah dilakukan intervensi pemberian ekstrak kayu manis, diketahui bahwa terdapat perubahan kadar gula darah setelah diberikan ekstrak kayu manis.

Kesimpulan : Penelitian studi kasus ini terbukti bahwa adanya pengaruh pemberian ekstrak kayu manis terhadap penurunan kadar gula darah pada penderita diabetes melitus di Kelurahan Gemah, Kota Semarang.

Full Text:

PDF

References


Azmaina . 2021. “Pengaruh Seduhan Kayu Manis Terhadap Kadar Gula Darah Pada Penderita DM tipe II”. Prodi Keperawatan Universitas Fort De Kock Bukittinggi.

Bustan. 2015. Manajemen pengendalian penyakit tidak menular. Jakarta : Rineka Cipta

Gunawan A.W. 2020. Food Combining (Kombinasi Makanan Serasi Pola Makan Untuk Langsing Dan Sehat). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hastuti. 2014. Diabetes: Panduan Lengkap Untuk Diabetes. Jakarta: Mizan Utama

Hj. Isnaniah. 2017. “Pengaruh Seduhan Kayu Manis Terhadap Penurunan Kadar Gula Pada Penderita Diabetes Melitus Di Wilayah Puskesmas Martapura Kabupaten Banjar”. Jurusan Kebidanan, Poltekkes Kemenkes Banjarmasin.

Kemenkes RI. 2020. Infodatin 2020 Diabetes Melitus Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI.

Mahdia et al., 2018

Notoadmodjo. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. 3rd ed. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nur Ichan.H (2021

Riskesdas, 2018

Senja.A & Prasetyo.Tprasetyo.T. 2019. Perawatan Lansia Oleh Keluarga Dan Care Giver. Jakarta: Bumi Medika.

Susanto, T 2017

Syafriani. 2017. “Pengaruh Ekstrak Kayu Manis Terhadap Penurunan Kadar Gula Darah Pada Penderita Dm Tipe Ii Di Desa Kumantan Wilayah Kerja Puskesmas Bangkinang Kota”. Dosen FIK Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia




DOI: https://doi.org/10.33666/jnwh.v9i2.531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN 2721-9860

p-ISSN 2356-3060


STIKES Widya Husada Semarang

Jl. Subali Raya No. 12, Krapyak SEMARANG, Jawa Tengah
» Tel / fax : (024) 761 2988 / (024) 761 2988 ; 761 2944

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.