STUDI DESKRIPTIF PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI PERKEMBANGAN ANAK PRA SEKOLAH

Inna Antriana, Suyanti Suyanti

Abstract


Abstrak

 

Stimulasi adalah perangsangan dan latihan-latihan terhadap kepandaian anak yang datangnya dari lingkungan diluar anak. Ibu memiliki peran yang penting dalam memberikan stimulasi kepada anak. Kurangnya stimulasi dari orang tua dapat mengakibatkan keterlambatan perkembangan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengetahuan ibu tentang stimulasi perkembangan di wilayah kerja UPTD Puskesmas Banjaran Kabupaten Majalengka. Desain penelitian ini adalah deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu yang memiliki anak pra sekolah sebanyak 162 responden di wilayah kerja UPTD Puskesmas Banjaran Kabupaten Majalengka Tahun 2019. Instrument penelitian ini menggunakan kuisioner dengan jumlah 20 pertanyaan. Analisa data disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi.Hasil yang diperoleh yaitu sebagian besar responden memiliki pengetahuan kurang (84%) tentang stimulasi perkembangan anak pra sekolah. Upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan ibu adalah dengan melakukan penyuluhan.

 

Kata kunci : pengetahuan, stimulasi, perkembangan, anak, pra sekolah

 

Abstract

 

Stimulation is the activities and exercises to stimulate the intelligence of children that come from the external environment of the child. The mother has an important role in stimulating the child. Lack of stimulation from parents can result in delayed development of the child. This study aims to describe the knowledge of mothers about child development stimulation in the work area of Banjaran Community Health Care Unit Majalengka District. This was a descriptive study. The population of this study was all mothers who had pre-school children as many as 162 respondents in the work area of Banjaran CHC Unit Majalengka District in 2019. The study instrument used a questionnaire with a total of 20 questions. Data analysis was presented in the form of frequency distribution. The results showed that the majority of respondents had less knowledge (84%) about development stimulation among pre-school children. An effort that can be performed to increase the knowledge of mothers is by conducting counseling.

 

Keywords: knowledge, stimulation, development, children, pre-school

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Adriana, D. 2014. Tumbuh Kembang dan Terapi Bermain pada Anak. Jakarta: Salemba Medika.

Kusmiyati dkk. 2008. Perawatan Ibu Hamil. Yogyakarta : Fitramaya

Arikunto, S. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka. 2018. Profil Dinas Kabupaten Majalengka : Dinas Kesehatan

Kementerian Kesehatan RI. 2013. Pedoman Nasional Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Gramedia.

Buku Kesehatan Ibu dan Anak Gerakan Nasional Pemantauan Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2014. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2016. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Hidayat, A. 2015. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana.

Henningham, H.B., & Boo, F.L. 2010. Early childhood stimulations intervention in developing countries: A comprehensive literature review. Journal of IZA, 52(10). Diakses, November 2018.

Hockenberry, M.J., & Wilson, D. (2009). Essential of pediatric nursing. St. Louis: Mosby Year Book

Marsischa, S. 2016. Hubungan Tingkat pengetahuan Ibu tentang Stimulasi dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak di Desa Bumi Aji Kecamatan Anak Tuha Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal

Penelitian Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Bandar Lampung.

Munawaroh, A. 2014. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu tentang Perkembangan Bayi dengan Pemberian Stimulasi Perkembangan Bayi Usia 6-9 bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Dharmarini Kabupaten Temanggung Tahun 2014. Jurnal Kebidanan Vol. 4 No. 8 April 2015.

Notoatmodjo, S. 2015. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nunung Nurjanah, 2015. Pengaruh Penkes Stimulasi Perkembangan anak terhadap pengetahuan dan sikap orang tua di Rumah bintang islamic pre school Studi Ilmu Keperawatan Sekolah Tingi Ilmu Kesehatan Jenderal Achmad Yani Cimahi Bandung

Nurhasanah. 2015. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu tentang Stimulai dengan Perkembangan Motorik Anak Usia 1-3 tahun di Posyandu Teratai I Desa Bangunjiwo tahun 2015. Jurnal Penelitian Program Studi Bidan Pendidik jenjang D IV Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan „Aisyiyah Yogyakarta.

Ruiz, dkk. 2015. Foundations of a Smart Toy Development for the Early Detection of Motoric Impairments at Childhood. Martin-Ruiz et al. Int J Pediatr Res 2015.

Santrock, J. 2014. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Soetjiningsih. 2015. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatank uuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

PUBLISHED BY

 

MAP LOCATION