Penerapan Terapi Murottal Terhadap Tekanan Darah Lansia Dengan Hipertensi: Case Study

Devi ayu Wulandini, Dwi Retnaningsih

Abstract


Latar belakang: Hipertensi atau disebut juga dengan tekanan darah tinggi adalah sebuah kondisi dimana orang dengan tekanan darah yang rneningkat diatas normal yaitu 140/90 mmHg yang beresiko kesakitan (morbiditas) bahkan kematian (mortalitas). Banyak lansia belum mengetahui tentang pengobatan nonfarmakologi yaitu dengan Terapi Murotal untuk menurunkan tekanan darah. Mendengarkan lantunan Al- Qur’an dapat mempengaruhi pada manusia terutama anatomi fisioligi baik yang menggunakan bahasa Arab maupun bahasa yang lain, dimana mereka bisa mendapatkan manfaat secara langsung perubahnnya. Perubahan yang dimaksud adalah menurunnya tingkat depresi, rasa cemas, dan kesedihan dengan efek adanya ketenangan pada jiwa sehingga dapat mengurangi berbagai macam gejala penyakit. Tujuan: Untuk memberikan pengobatan non farmakologi Terapi Murottal terhadap Tekanan Darah Lansia Dengan Hipertensi di Lasem Kabupaten Reinbang. Metode: Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kasus pada 1ansia yang menderita hipertensi inulai tanggal 3 Agustus sampai dengan 10 Agustus 2020. lnstrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan penguinpulan data menggunakan pedoman wawancara, pengukuran tekanan darah menggunakan tensimeter (mmHg). Sasaran adalah lansia, pemberian terapi Murottal ini diberikan selama 7 kali , sehari 2 kali yaitu pagi dan sore hari selama 15 menit, Surah Ar-Rahman..
Hasil penelitian: Rata-rata nilai tekanan darah sebelum diberikan terapi murottal (pre-test) adalah 160/100 - 170/110 mmHg dan nilai tekanan darah sesudah diberikan Terapi murottal (posttest) adalah 130/90 - 140/100 mmHg.
Kesimpulan: penelitian ini terbukti efektif dalam pemberian terapi murottal dalam penurunann tekanan darah.

Full Text:

PDF

References


Al-Kaheel, A. (2011). Al-Qur’an The Healing Book. Jakarta: Tarbawi Press.

Efendi, F. (2009). Keperawatan Kesehatan Komunitas. Jakarta: salemba medika.

Ernawati. (2013). PEngaruh mendengarkan murrotalQ>S Ar-Rahman Terhadap pola Tekanan Darah pada Pasien Hipertensi di Rumah Sakit Nur Hidayah Yogyakarta.

Faridah, V. N. (2015). Terapi Murotal Al Quran Mampu Menurunkan Kecemasan Pada Pasien Pre Operasi Laparatomi. Jurnal Keperawatan. PISSN 2086-3071. E-ISSN 2443- 0900., Volume 6 N.

Fatmah. (2010). Gizi lanjut usia. Jakarta: erlangga.

Hamid. (2013). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Keluarga Tentang Pencegahan Hipertensi dengan Kejadian Hipertensi.

Kesehatan, D. (2014). Survey Kesehatan Rumah Tangga. jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Noer, S. (2010). Buku Ajar Penyakit Dalam. FKUI.

Pratiwi, L. (2015). Pengaruh teknik relaksasi benson dan murottal al-quran terhadap tekanan darah pada penderita hipertensi primer. JOM Vol 2.

Suddarth, B. (2014). Keperawatan Medikal Bedah. Jakarta: EGC.

Suhartini. (2008). “Effectiveness Of Music Therapy Toward Reducing Patient’s Anxiety In Intensive Care Unit. vol 2. no.

Susilawati, A. (2019). Pengaruh Terapi Murottal Al-Qur’an Surah Ar-Rahman terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Lansia Penderita Hipertensi di PSTW Budi Luhur Kota Jambi. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 8(2), 1–5. https://doi.org/10.36565/jabj.v8i2.5

Triyanto. (2014). Pelayanan Keperawatan Bagi Penderita Hipertensi Secara Terpadu. Yogyakarta: Graha Ilmu.

WHO. (2010). Medical Healthy Of Hipertensy. America : WHO.

Widyastuti, ika W. (2015). PENGARUH TERAPI MUROTTAL SURAH AR-RAHMAN TERHADAP PERUBAHAN TEKANAN DARAH PADA LANJUT USIA (LANSIA) PENDERITA HIPERTENSI DI POSYANDU LANSIA KENANGA WILAYAH KERJA UPK PUSKESMAS SIANTAN HULU KECAMATAN PONTIANAK UTARA. vol 3. no. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jmkeperawatanFK/article/view/11012


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  
 Published by : Universitas Widya Husada Semarang | ISBN : 978-602-60315-7-0
  

MAP LOCATION