PENGUJIAN GRID ALIGNMENT PADA BUCKY TABLE PESAWAT MERK MISONO DI LABORATORIUM 1 PRODI D III TEKNIK RONTGEN STIKES WIDYA HUSADA SEMARANG

Trisna Budiwati, Debora Dwi Miranti, Daniel Manurung

Abstract


Pesawat Radiologi dengan merk Misono yang dimiliki oleh Laboratorium 1 Prodi D III Teknik Rontgen STIKES Widya Husada Semarang sudah berusia sekitar 30 tahun dan terdapat bucky table yang sudah mengalami penggantian moving grid pada tanggal 4 Desember 2013 karena moving grid bawaan sudah tidak layak pakai. Setelah pemasangan moving grid pada bucky table biasa digunakan dalam kegiatan praktek mata kuliah Kendali dan Jaminan Mutu Radiografi (KJMR), tetapi praktek tersebut hanya sebagai pemenuhan laporan untuk melengkapi tugas praktek mengenai kesejajaran grid. Dari hasil laporan praktek terdapat beberapa hasil yang berbeda-beda dari beberapa kelompok, misalnya pada kelompok 3 untuk hasil laporan praktek pengujian grid alignment menunjukkan bahwa selisih nilai densitas antara lubang II dan IV serta lubang I dan V tidak dalam batas yang diperbolehkan. Kemudian pada kelompok 4 untuk hasil laporan praktek pengujian grid alignment menunjukkan bahwa selisih nilai densitas antara lubang II dan IV serta lubang I dan V masih dalam batas yang diperbolehkan. Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian moving grid pada bucky table terhadap berkas sinar-X.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif pendekatan eksperimen. Pengujian grid alignment meliputi dua tahap yaitu pembuatan radiograf dengan menggunakan Grid Alignment Test Tool dan pengukuran densitas dari setiap radiograf dengan menggunakan densitometer. Penelitian dilakukan sebanyak 3 kali uji. Pada hasil uji setiap radiograf terdapat 5 lubang bulat hitam dan setiap lubang dihitung desitasnya sebanyak 3 kali yang selanjutnya dirata- rata.

Hasil penelitian menunjukkan nilai densitas tertinggi terdapat pada lubang IV. Selisih densitas lubang II dan IV yaitu 0,02 serta selisih densitas antara lubang I dan V yaitu 0,01, namun selisih densitas antara lubang II dan IV serta lubang I dan V masih dalam batas yang diperbolehkan. Dengan ini dinyatakan bahwa moving grid pada bucky table yang dimiliki Laboratorium 1 Prodi D III Teknik Rontgen STIKES Widya Husada Semarang mengalami off center grid yaitu pergeseran titik pusat sehingga terjadi ketidaksesuaian terhadap berkas sinar-X. Agar moving grid pada bucky table berfungsi dengan baik sebaiknya dilakukan pengecekan atau perbaikan moving grid pada bucky table.

 

Kata kunci : pengujian grid alignment, pergeseran titik pusat.

Full Text:

PDF

References


Andriyanto, 2007, Pengujian Kesejajaran Grid pada Meja Pemeriksaan Pesawat Merk Philips Model Medio DLX Di Instalasi Radiologi RSK Ngesti Waluyo Parakan, Semarang.

AAPM REPORT NO. 74, 2002, Quality Control In Diagnostic Radiology, American.

Bushong,S.C., 2001, Radiologic Science for Technologist Physic, Biology and Protection, Seven Edition, The CV Mosby Company, Washington DC.

Carrol, Quinn B., 1985, Radiographic Exposure, Processing And Quality Control, Charles C Thomas, Springfield.

Carter, Peter, 1994, Chesney's Equipment for Student Radiographers, Blackwell Scientific Publication, Edinburg, Boston, Melbourne.

Lloyd, Peter J., 2001, Quality Assurance Workbook For Radiographers and Radiological Technologists, Geneva.

Meredith, W.J., and J.B., Massey, 1977, Fundamental Physics Of Radiology, Second Editio, Jhon Wright and Sons Ltd, Bristol.

Papp, J. Ph.D., 2011, Quality Management in Imaging Sciences, C.V. Mosby Inc., Missouri, USA.

Rasad, Sjahriar, 2013. Radiologi Diagnostik, Jakarta. Selman M.D., Joseph., and Charles C Thomas, 1972, The

Fundamentals of X-ray and Radium Physics,

Springfield.

Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Manajemen, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Tunny, I.R., 2010, Analisis Pengaruh Grid pada Penyimpangan Bentuk Dan ukuran Objek (Distorsi), tersedia d i http://eprints.undip.ac.id/24421/1/ANALISIS_PENG ARUH_GRID_TERHADAP_PENYIMPANGAN_BE NTUK_DAN_UKURAN_OBJEK_%28DISTORSI%2

__J2D308004_.pdf, (diakses hari selasa, 25 November 2014, jam 10.15).

Widiyanti, Tutik, 2012, Karya TulisI lmiah (Pengujian Grid Alignment Pada Bucky Stand Dengan Berkas Sinar- X pada Pesawat Merk Shimadzu di Instalasi Radiologi RSUD Tugurejo Semarang), Prodi D III Teknik Rontgen STIKES Widya Husada Semarang.




DOI: https://doi.org/10.33666/jitk.v6i1.102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




  
 Published by : Widya Husada Semarang University | ISSN : 2086-8510 (Print) | ISSN : 2655-5875 (Online)
  

INDEXED BY
 
MAP LOCATION