HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA YANG IBU BEKERJA DENGAN TINGKAT STRES SISWA KELAS 1 DI MADRASAH ALIYAH NAHDHATUS-SUBBAN SAYUNG DEMAK
Abstract
Siswa yang mendapat dukungan atau dorongan akan merasa diperlukan, dicintai, dihargai,dan ditolong oleh sumber-sumber dukungan. Dukungan tersebut seperti hubungan motivasi belajar siswa yang ibu bekerja dengan tingkat stres. Pada ibu bekerja di luar rumah tidak dapat meluangkan waktu bagi anaknya untuk memberikan dorongan belajar, sehingga kontrol dalam memberikan motivasi belajar anak berkurang. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan motivasi belajar siswa yang ibu bekerja dengan tingkat stres siswa kelas 1 di madrasah aliyah nahdhatus- subban sayung demak. Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang merupakan penelitian non experimental dengan rancangan desktiptif korelasi. Rancangan penelitian menggunakan desain cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Jumlah siswa sebanyak 113 orang dengan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh diolah secara statistik dengan menggunakan rumus uji Chi Square. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh bahwa 17,7% responden mengalami motivasi belajar siswa yang ibu bekerja rendah, 45,1% responden mengalami motivasi belajar siswa yang ibu bekerja tinggi. Sebanyak 12,4% responden memiliki tingkat stres ringan, 41,6% responden memiliki tingkat stres berat. Analisa hasil penelitian menggunakan uji chi-square (X ) sebesar 15,067 dengan p value = 0,004 (p <0, 05). Ada hubungan motivasi belajar siswa yang ibu bekerja dengan tingkat stres siswa kelas 1 di Madrasah Aliyah Nahdhatus-subban Sayung Demak.
Kata Kunci : motivasi belajar, siswa yang ibu bekerja, tingkat stres.
Full Text:
PDFReferences
Aziz A.A, 2008. Pengantar Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta: Selemba Medika
Anoraga, P. 2009. Psikologi Kerja. Cet.5. Jakarta: Rineka Cipta
Booree, G. 2006. Dasar-dasar Psikologi. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
Desmita. 2013. Psikologi Perkembangan. Cet. 8.
Bandung: Remaja Rosdakarya
Gemilang, J. 2013. Buku Pintar Manajemen Stres dan Emosi. Cet.1. Yogyakarta: Mantra Books
Gunarsa, S.D. 2006. Psikologi Keperawatan. Jakarta: Gunung Mulia
Hidayat, A.A. 2009. Riset Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika
Linda. 2004. Strategi SelfMonitoring Motivasi Belajar.
Yogyakarta : Psiko-Edukasi
Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi P e n e l i t i a n K e s e h a t a n . E d i s i Revisi.Cet.1.Jakarta: Rineka Cipta
Nuzulia, S. 2005. Peran Self-Efficacy dan Strategi Coping. Yogyakarta : Psikologika
Pramadi, A Lasmono. 2003 Koping Stres Pada Etnis Bali, Jawadan Sunda. Vol 18, no 4. Jakarta : Jurnal : Anima
Riyanto,A. 2011.Aplikasi Metodologi Penelitian
Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika
Robbins. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo PersadaSardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Winkel, W, S. 2004.
Psikologi
Motivasi Belajar Mengajar. Pengajaran.
Yogyakarta: Media Edisi 1. Jakarta:Rajawali Abadi Persada
DOI: https://doi.org/10.33666/jitk.v6i1.107
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by : Widya Husada Semarang University | ISSN : 2086-8510 (Print) | ISSN : 2655-5875 (Online) | |
INDEXED BY | |||
MAP LOCATION | |||