UJI BEDA KARAKTERISTIK FILM RADIOGRAFI MEREK KODAK dan AGFA MENGGUNAKAN METODE LIGHT SENSITOMETRY

Daniel Manurung, H. Nur Utama, Fadli Felayani

Abstract


Uji Beda Karakteristik Film Radiografi Merek Kodak dan Agfa Menggunakan Metode light Sensitometry yang dilatar belakangi adanya perbedaan bentuk AgBr kedua film merk Kodak dan Agfa, serta penggunaan beberapa merek film khususnya Agfa dan Kodak di Rumah Sakit maupun di klinik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik kedua film yang berbeda merek ini yaitu Kodak dan Agfa.

Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif komparatif dengan pendekatan experimental, dengan cara membandingkan karakteristik film dengan merek yang berbeda yaitu Kodak tipe Mxg dengan Agfa Ortho CP-G. Pengumpulan data dilakukan dengan dua cara yaitu observasi dan experimen langsung dengan populasi seluruh film merek Kodak tipe Mxg dengan Agfa Ortho CP-G PLUS ukuran 18x24 cm, dengan jenis atau Jumlah lapisan emulsi yang sama yaitu double emulsi kemudian sampel yang digunakan yaitu masing-masing 3 lembar film radiografi merek Kodak ukuran 18x24 dan 3 lembar film merek Agfa ukuran 18x24. Setelah dilakukan pengolahan secara matematis, analisis data dilakukan dengan membandinkan standar karakteristik yang ada di teori dengan hasil yang didapatkan penulis.

Hasil dari penelitian Uji Beda Karakteristik Film Radiografi Merek Kodak dan Agfa Menggunakan Metode light Sensitometry berupa hasil Radiograf serta Pengukuran densitas dari kedua film tersebut didapatkan hasil perbandingan karakteristik film radiografi Merek Agfa yang meliputi nilai basic fog 0,23, speed 1,23, latitude 1,9, kontras 2,58 dan densitas maksimal 2,84. Sedangkan film radiografi Merek Kodak memiliki nilai basic fog 0,25, speed 1,25, latitude 1,75, kontras 2,66 dan densitas maksimal 2,93. Sehingga pemilihan jenis film sesuai dengan kondisi pelayanan radiologi, contohnya untuk pelayanan radiologi dengan jumlah penolakan karena kesalahan pemilihan faktor eksposi sedikit, maka dipilih film dengan speed tinggi yaitu film merk Agfa. Namun jika sering terjadi kesalahan karena faktor eksposi, dan pertimbangan sebagai rumah sakit pendidikan yang banyak mahasiswa melakukan pendidikan di Instalasi Radiologi disarankan menggunakan speed rendah film merek Kodak, sehingga kesalahan faktor eksposi dapat diminimalisir.

 

Kata kunci :           Karakteristik, Sensitometry, film merek Kodak, Film merek Agfa


Full Text:

PDF

References


BATAN, 2009. Peningkatan Kualitas Citra Radiografi N e u t r o n M e n g g u n a k a n F i l m Lapisan Tunggal. Kawasan Puspiptek Serpong, Tangerang.

Bushong, steward C, 2003, Radiologic Scince For technologist Physics, Biologi and Protection Fourth edition, C.V. mosby CO. Missoure.

John B, Tony P, 2006. Chesneys' Radiographic Imaging Sixt Edition, Blackwell science Ltd,USA.

Janah, 2009. “Analisis Kurva Karakteristik Image Plate Computed Radiography (CR) Sebagai Indikator Sensitifitas Terhadap Sinar-X” Universitas Hasanudin Makasar.

KEMENKES, surat keputusan No. 1250 Tahun 2009 Tentang Pedoman Kendali Mutu (Quality Control).

Papp, Jefrey. 2006. Quality Management In The Imaging Sciences.Mosby : USA

Prasetya, 2014. “Uji Keefektifan Larutan Pengolahan Film Otomatis di Instalasi Radiologi RSI Sunan Kudus”. STIKES Widya Husada Semarang.

Rasad, S. 2013. Radiologi Diagnostic, Pencitraan Diagnostik. FKUI. Jakarta.

Robert D. P dan Smith, N. L, 1988. Radiographic Imagine Apractical Approeach, Churchill Livingstone : Edinbung London, Melbourne dan Yew York.




DOI: https://doi.org/10.33666/jitk.v6i2.111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




  
 Published by : Widya Husada Semarang University | ISSN : 2086-8510 (Print) | ISSN : 2655-5875 (Online)
  

INDEXED BY
 
MAP LOCATION