RANCANG BANGUN ALAT BANTU FIKSASI PADA PEMERIKSAAN COLUMNA VERTEBRAE CERVICAL UNTUK PROYEKSI RPO DAN LPO BERDIRI

Asih Puji Utami, Siti Rosidah, Saif Udin

Abstract


Rancang bangun alat bantu fiksasi pada pemeriksaan columna vertebrae cervical untuk proyeksi RPO dan LPO berdiri dilatarbelakangi terjadinya kesulitan memposisikan pasien dalam posisi oblik dengan sudut 45o. Tujuan penelitian memudahkan posisi dan kenyamanan pasien sehingga menghasilkan radiograf yang optimal. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif deskriptif pendekatan eksperimen eksploratif. Pengumpulan data dilakukan dengan merancang, menggunakan dan uji fungsi alat bantu fiksasi dilakukan secara langsung pada pasien di Instalasi Radiologi RSUD Kota Semarang dengan 5 radiografer (responden). Hasil penelitian alat bantu fiksasi pada pemeriksaan columna vertebrae cervical untuk proyeksi oblik berdiri berupa rangka, sandaran kepala, bidang segitiga, tempat kaset, pengunci bucky stand, pengunci sandaran kepala dan pengunci bidang segitiga. Hasil uji kelayakan alat bantu fiksasi sebesar 93,33% bahwa alat bantu fiksasi layak digunakan pada pemeriksaan cervical khususnya proyeksi RPO dan LPO berdiri. Saran sebaiknya perlu dikembangkan dalam pembatasan pergerakan pasien yang maksimal dan penggunaan untuk pasien yang non kooperatif.

 

Kata Kunci :         rancang bangun, alat bantu fiksasi, columna vertebrae cervical, proyeksi RPO dan LPO berdiri

Full Text:

PDF

References


Bontrager, K.L., and Lampignano, J.P., 2010. Text Book of Radiographic Positioning and Related Anatomy, Seventh Edition. Mosby, Inc: St. Louis, United States of Amerika.

Frank, E.D., Long, B.W., and Smith, B.J. 2012. Merril's Atlas of Radiographic Positions and Procedure, Twelfth Edition. Mosby, Inc: St. Louis, United States of Amerika.

Rasad, S., Kertoleksono, S., dan Ekayuda, I. 2013. Radiologi Diagnostik. Balai Penerbit FKUI. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33666/jitk.v6i2.112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




  
 Published by : Widya Husada Semarang University | ISSN : 2086-8510 (Print) | ISSN : 2655-5875 (Online)
  

INDEXED BY
 
MAP LOCATION