Factors Influencing Disobedience of Diet at The Patient of Diebets Melitus at The Hospital Roemani Semarang (Study : Phenomenology)

Dwi Retnaningsih

Abstract


Hasil penelitian terbaru melaporkan, DM bukan semata-mata disebabkan faktor keturunan seperti yang diperkirakan sebelumnya oleh banyak orang tetapi DM juga dipengaruhi oleh kebiasaan hidup dan lingkungan.

Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara, ternyata beberapa pasien yang menderita DM mengalami kesulitan dalam menjalankan diet sampai saat ini, belum ada obat yang mampu menyembuhkan penyakit DM. Empat langkah pengelolaan diabetes yang disepatai para ahli adalah edukasi, perencanaan makan, latihan jasmani, dan intervensi farmakologis. Dari komponen yang paling sering menimbulkan masalah pada pasien DM adalah ketaatan diet atau pengaturan makan. Tetapi, kenyataannya penderita DM banyak yang tidak memperhatikan diet makanannya.

Penelitian bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan sulitnya pasien DM yang dirawat di Rumah Sakit Roemani Semarang dalam menjalani diet DM. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi fenomenologi. Pelaksanaan penelitian menggunakan pedoman wawancara dan observasi. Setelah penelitian dilakukan, diperoleh hasil faktor-faktor yang menyebabkan ketidaktaatan diet pada pasien DM di Rumah Sakit Roemani Semarang adalah faktor kebosanan, faktor perasaan, faktor pengetahuan, faktor lingkungan dan faktor kebiasaan dan gaya hidup.

 

Kata Kunci: Diabetes Melitus, Diet DM, Budaya-Kultural, Sosial-ekonomi,     Psikologis-Emosional, Hormonal.


Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.33666/jitk.v1i1.16

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




  
 Published by : Widya Husada Semarang University | ISSN : 2086-8510 (Print) | ISSN : 2655-5875 (Online)
  

INDEXED BY
 
MAP LOCATION