HUBUNGAN KEBIASAAN MENGGOSOK GIGI DAN KONSUMSI MAKANAN JAJANAN KARIOGENIK DENGAN KEJADIAN KARIES GIGI PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK PONDOK BERINGIN SEMARANG

Maulidta K W, Wahyu ningsih, Sri Hastuti

Abstract


Karies gigi adalah penyakit jaringan keras gigi yang ditandai dengan terjadinya demineralisasi bagian anorganik dan penghancuran dari substansi organik. Prevalensi karies gigi anak usia prasekolah yang masih tinggi disebabkan antara lain kebiasaan mereka dalam menggosok gigi yang tidak sesuai prosedur serta kegemaran mengkonsumsi makanan kariogenik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebiasaan menggosok gigi dan konsumsi makanan jajanan kariogenik dengan kejadian karies gigi pada anak usia prasekolah di Taman Kanak-Kanak Pondok Beringin Semarang serta faktor yang paling berhubungan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif non eksperimental dengan studi korelasi. Pengumpulan data dilakukan dengan bantuan kuesioner dan observasi. Penelitian ini menggunakan sampel total yaitu sebanyak 69 orang. Data dianalisis dengan uji chi square.

Hasil penelitian menunjukkan kebiasaan menggosok gigi dalam kategori kurang baik 40%, konsumsi makanan jajanan kariogenik dalam kategori tinggi 88,3%, dan didapatkan prevalensi karies gigi sebesar 85%, sedangkan pemeriksaan kebersihan mulut 41,67% dalam kategori kurang. Hasil uji statistik menunjukan bahwa ada hubungan yang bermakna kebiasaan menggosok gigi (p=0,035) dan konsumsi makanan jajanan kariogenik (p=0,007) dengan kejadian karies gigi dimana faktor yang paling berpengaruh yaitu konsumsi makanan jajanan kariogenik (exp(B)=5,731) .

Mengurangi atau membatasi makanan jajanan yang mengandung bahan kariogenik sebagai salah satu upaya mencegah karies gigi.

Kata kunci : karies gigi, menggosok gigi, kariogenik,anak usia pra sekolah


Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.33666/jitk.v1i1.18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




  
 Published by : Widya Husada Semarang University | ISSN : 2086-8510 (Print) | ISSN : 2655-5875 (Online)
  

INDEXED BY
 
MAP LOCATION