HUBUNGAN PERAN PERAWAT ASSOCIATE DALAM PELAKSANAAN TERAPI BERMAIN DI RUANG DAHLIA RSUD dr. H SOEWONDO KENDAL

windy astuti, Tri Sakti Widyaningsih, Tamrin Tamrin

Abstract


ABSTRAK

Latar belakang : Dampak hospitalisasi yang dirasakan anak usia 0-5 tahun di ruang Dahlia RSUD Dr. H Soewondo Kendal harus segera diatasi. Salah satunya dengan terapi bermain. Terapi bermain di ruang Dahlia rumah sakit Dr. H Soewondo Kendal tidak pernah dilakukan oleh perawat Assosiate. Terapi bermain dilakukan ketika ada mahasiswa praktek. Salah satu alasan perawat Assosiate tidak melaksanakan terapi bermain anak adalah banyaknya pekerjaan diruangan yang harus dikerjakan. Terapi bermain hanya dilakukan oleh mahasiswa praktek dengan permainan seadanya sedangkan perawat Assosiate jarang melaksanakan, karena perawat merasa sudah ada keluarga yang melaksanakan terapi bermain, sehingga perawat bisa melakukan kegiatan yang lain.

Tujuan: Mengetahui hubungan peran perawat associate dalam pelaksanaan  terapi bermain di ruang Dahlia RSUD dr. H Soewondo Kendal.

Metode : Penelitian ini menggunakan analitik korelasional yaitu dengan desain cross sectional. Penelitian cross sectional adalah penelitian untuk mengetahui hubungan antar variabel dimana variabel independen dan variabel dependen diidentifikasi pada waktu yang sama, artinya dalam penelitian cross sectional setiap responden hanya diobservasi satu kali saja dan pengukuran variabel responden dilakukan pada saat penelitian tersebut, kemudian peneliti tidak melakukan tindak lanjut. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perawat Assosiate di ruang Dahlia RSUD Dr. H Soewondo Kendal dengan jumlah 19 orang. Teknik sampling yang digunakan yaitu menggunakan Total Sampling.

Hasil : Peran perawat Assosiate di ruang Dahlia RSUD Dr. H Soewondo Kendal yaitu Tidak dilaksanakan sebanyak 10 orang (55,6%) dan dilaksanakan sebanyak 5 orang (44,4%). Pelaksanaan terapi bermain di ruang Dahlia RSUD Dr. H Soewondo Kendal baik 5 orang (27,8%), kurang 13 orang (72,2%). Terdapat hubungan peran perawat Assosiate dalam pelaksanaan terapi bermain di ruang Dahlia RSUD Dr. H Soewondo Kendal dengan nilai p value 0,000.

Kata Kunci : Peran perawat, perawat Assosiate, terapi bermain

 

 


Full Text:

PDF

References


Agustina. 2015. Faktor-faktor yang Memperngaruhi Pelaksanaan Terapi Bermain di Ruang Rawat Inap Anak RSUD Dr. Pringadi Medan

Nursalam. 2011. Konsep dan penerapan metodologi penelitian ilmu keperawatan. Jakarta : Salemba Medika

. 2014. Manajemen keperawatan aplikasi dalam praktik keperawatan profesional edisi 4. Jakarta : Salemba Medika

Riyanto, Agus. 2011. Buku Ajar Metodologi Penelitian. Jakarta: EGC

Robot Angelina. 2015. Hubungan Beban Kerja Perawat dengan Caring Perawat di Instalasi Gawat Darurat Medik Prof. Dr. R.D Kondou Manado

Setyawati LK. 2011. Selintas Tentang Kelelahan Kerja. Yogyakarta: Amara Book

Sugiyono. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta

. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta

. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta

Tarwaka. 2011.Ergonomi Industri. Surakarta: Harapan Press

Word Health Organization (WHO). 2012. Dampak Hospitalisasi Perkembangan Anak.




DOI: https://doi.org/10.33666/jitk.v10i2.219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




  
 Published by : Widya Husada Semarang University | ISSN : 2086-8510 (Print) | ISSN : 2655-5875 (Online)
  

INDEXED BY
 
MAP LOCATION