PENGARUH EDUTAINMENT TEKTEKSAR TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN BAHAYA ROKOK PADA ANAK USIA SEKOLAH DI MI NASHRUL FAJAR SEMARANG
Abstract
Latar Belakang : Peningkatan prevalensi usia pertama merokok kini tidak lagi di usia remaja, namun sudah masuk usia kanak-kanak. Salah satu faktor internal yang mempengaruhi perilaku merokok pada anak adalah kurang mengetahui informasi kandungan rokok dan bahaya rokok. Edutainment Tekteksar (Teka Teki Silang Anti Rokok) merupakan salah satu bentuk penyuluhan kesehatan yang dapat dilakukan perawat sekolah dengan memadukan muatan pendidikan dan hiburan sehingga suasana penyuluhan menyenangkan sekaligus meningkatkan aspek kognitif anak usia sekolah tentang bahaya rokok
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edutainment teksteksar terhadap tingkat pengetahuan tentang bahaya rokok pada anak usia sekolah di MI Nashrul Fajar Semarang.
Metode : Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi experimental pretest posttest control group design. Jumlah sampel sebanyak 60 mahasiswa yang diambil dengan teknik simple random sampling dengan lottery technique dan dibagi ke kelompok intervensi (n=30) dan kontrol (n=30).
Hasil : Hasil uji wilcoxon menunjukkan perbedaan bermakna tingkat pengetahuan bahaya rokok antara ke dua kelompok dengan p=0,000.
Kesimpulan dan saran : Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Edutainment Tekteksar berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan bahaya rokok pada anak usia sekolah sehingga metode edutainment ini direkomendasikan sebagai upaya preventif dan promotif dalam pencegahan perilaku merokok pada anak sekolah.
Kata Kunci : edutainment tekteksar, pengetahuan bahaya rokok, anak sekolah
Full Text:
PDFReferences
Amelia, C. (2010). Tentang Bahaya Rokok Siswa Kelas Vii Dan Viii Smp Ma ’ Arif Nu Tegal Tahun 2010. FIK UNNES. Universitas Negeri Semarang.
Budioro, B. (2002). Pendidikan (penyuluhan) Kesehatan Masyarakat. Semarang: Universitas Diponegoro.
Depkes. (2006). Petunjuk Pelaksanaan Monitoring Evaluasi dan Pelaporan Usaha Kesehatan Sekolah. Jakarta.
Fathonah, R., Sugiharto, & Utomo, S. B. (2013). Studi Komparasi Penggunaan Media Teka-Teki Silang ( Tts ) Dengan Kartu Pada Pembelajaran Kimia Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning ( Ctl ) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Zat Adiktif Dan Psikotropika Kelas Viii Smp N 2 Ngadiroj, 2(3), 68–76.
Hamdan, S. R., & Putri, W. (2015). Faktor Kontrol Perilaku Merokok Pada Anak Sekolah Dasar (pp. 9–14).
Haryono. (2013). Pembelajaran IPA yang Menarik dan Mengasikkan. Purworejo: Kepel Press.
Ma’ruf, A. (2015). Tingkat Pengetahuan Tentang Bahaya Merokok Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Pucung Lor 02 Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2014/2015.
Mahmudah, U. (2019). Pengaruh media teka-teki silang terhadap pengetahuan gizi seimbang pada anak sekolah dasar The effect of nutritional crossword puzzle with balanced nutrition knowledge in, 02(02), 107–114.
Mubarak, A. (2014). Studi Mengenai Faktor Determinan Terhadap Intensi Merokok Pada Siswa SDN Kota Bandung. In Jurnal Fasilkom (Vol. 1, pp. 1–21).
Notoatmodjo, S. (2007). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.
Prasetyawati, I., & Sari, T. P. (2013). Pendidikan Kesehatan Sekolah Sebagai Proses Perubahan Perilaku Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(November), 141–147.
Prasetyo, Y. B., Hudha, A. M., & Kunci, K. (2014). Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Derajat Kesehatan Pada Anak Usia Sekolah Dasar di Lombok Timur Implementation Health School Program to Improve Health Status for School Age at East Lombok. Kedokteran Yarsi, 22(2), 102–113.
Puryanto. (2012). Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa Tentang Bahaya Rokok. STIKES Telogorejo.
Susanto, A. (2015). Tingkat Pengetahuan Siswa Kelas V dan VI SD Negeri 1 Tambakmulyo Puring Kebumen terhadap Rokok dan Dampaknya, 1–84.
Sutrisno. (2005). Membedah Metode dan Teknik Pendidikan Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Ar-Ruzz.
WHO. (2015). Global Youth Tobacco Survey (GYTS): Indonesia report 2014. Who-Searo. http://doi.org/http://www.searo.who.int/tobacco/documents/ino_gyts_report_2014.pdf
Yuniarti. (2015). Pengaruh Teka-Teki Silang terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V Sekolah Dasar. UNTAN Pontianak.
DOI: https://doi.org/10.33666/jitk.v11i1.229
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by : Widya Husada Semarang University | ISSN : 2086-8510 (Print) | ISSN : 2655-5875 (Online) | |
INDEXED BY | |||
MAP LOCATION | |||