EFEKTIVITAS LEAFLET TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN TENTANG PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI) PADA REMAJA PUTRI DI PONDOK PESANTREN AR-RISALAH KABUPATEN CIAMIS

Heni Heryani, Jajuk Kusumawaty, Asep Gunawan, Dede Samrotul

Abstract


Kanker Payudara merupakan kanker tertinggi untuk perempuan. Program Utama mendeteksi kanker Payudara adalah dengan melakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI). SADARI merupakan metode termudah, tercepat, termurah dan sederhana yang dapat mendeteksi secara dini kelainan pada payudara. Leaflet adalah salah satu media pendidikan kesehatan yang bisa digunakan untuk menyampaikan informasi tentang SADARI. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Efektivitas Leaflet terhadap peningkatan keterampilan tentang SADARI pada Remaja Putri di Pondok Pesantren Ar-Risalah. Metode penelitain ini pre eksperimental dengan desain one group pretest posttest. Sampel pada penelitian ini adalah remaja putri di Pondok Pesantren Ar-Risalah dengan jumlah 76 orang.Teknik analisis data dengan menggunakan uji Wilcoxon. Berdasarkan Hasil uji Wilcoxon didapatkan nilai p value 0,000 maka disimpulkan bahwa pendidikan kesehatan dengan menggunakan Leaflet sangat efektif untuk meningkatkan keterampilan tentang SADARI pada Remaja Putri di Pondok Pesantren Ar-Risalah Kabupaten Ciamis. Diharapkan remaja putri mampu mengaplikasikan SADARI secara rutin sehingga dapat mendeteksi sejak dini kanker payudara, dan Petugas Kesehatan menggunakan Media Leaflet dalam memberikan informasi tentang cara pemeriksaan payudara sendiri pada Remaja putri.


Full Text:

PDF

References


Handayani, S., & Sari, S. (2012). Pengetahuan Remaja Putri tentang Cara melakukan Sadari. Jurnal Nursing Studies, 93–100.

Kementrian Kesehatan RI. (2017). Kementerian Kesehatan Ajak Masyarakat Cegah dan Kendalikan Kanker. Retrieved from Kementrian Kesehatan RI website: http://www.depkes.go.id/article/view/17020200002/kementerian-kesehatan-ajak-masyarakat-cegah-dan-kendalikan-kanker.html

Kementrian Kesehatan RI. (2019). Hari Kanker Sedunia 2019. Retrieved from Kementrian Kesehatan RI website: http://www.depkes.go.id/article/view/19020100003/hari-kanker-sedunia-2019.html

Notoatmodjo, S. (2010). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notosiswoyo, M. (2014). Penggunaan VCD dan Leaflet untuk Peningnkatan Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Siswa dalam Pencegahan Kecelakaan Sepeda Motor. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, 8(8), 373–379.

Novasari, D. H., Nugroho, D., & Winarni, S. (2016). Hubungan Pengetahuan, Sikap Dan Paparan Media Informasi Dengan Praktik Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari) Pada Santriwati Pondok Pesantren Al Ishlah Tembalang Semarang Tahun 2016. 4.

Pontoh, F., Kairupan, B. H. R., Sondakh, J., Universitas, P., Ratulangi, S., Kedokteran, F., … Manado, R. (2017). HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN, SIKAP SERTA DUKUNGAN KELUARGA DENGAN TINDAKAN PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI ( SADARI ) PADA MAHASISWI SEMESTER II AKBID MAKARIWO HALMAHERA. (April).

Soemitro, P. M. (2012). Blak-blakan Kanker Payudara. Bandung: Mizan Pustaka.

Suryaningsih E. K, & S. (2009). Kupas Tuntas Kanker Payudara. Yogyakarta: Paradigma Indonesia.

WHO. (2018). Breast Cancer. Retrieved from WHO website: https://www.who.int/cancer/prevention/diagnosis-screening/breast-cancer/en/

Yulinda, A., & Fitriyah, N. (2018). EFEKTIVITAS PENYULUHAN METODE CERAMAH DAN AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG SADARI DI SMKN 5 SURABAYA. Jurnal Promkes, 6(2), 116–128.




DOI: https://doi.org/10.33666/jitk.v11i1.237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




  
 Published by : Widya Husada Semarang University | ISSN : 2086-8510 (Print) | ISSN : 2655-5875 (Online)
  

INDEXED BY
 
MAP LOCATION