Tingkat Kecemasan Radiografer Dalam Memberikan Pelayanan Radiologi Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Rumah Sakit Baitul Hikmah Kendal

Indah Sulistyowati, Lucky Restyanti Wahyu Utami

Abstract


Salah satu tenaga kesehatan yang berperan sebagai garda terdepan dalam wabah Covid-19 adalah radiografer, yaitu dengan melakukan pemeriksaan penunjang radiologi. Pemeriksaan radiologi yang digunakan untuk menunjang diagnosa corona virus disease 2019 diantaranya adalah pemeriksaan foto thorax dan CT scan thorax. Faktor psikologis yang dialami oleh tenaga kesehatan disaat pandemi corona virus disease 2019 memunculkan kecemasan mengenai kesehatan diri sendiri dan keluarga. Dampak kecemasan yang dialami oleh tenaga kesehatan dapat berpotensi mengganggu bahkan sampai mematikan pelayanan kesehatan dan akan mempengaruhi penanganan pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Tingkat Kecemasan Radiografer Dalam Memberikan Pelayanan Radiologi Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Rumah Sakit Baitul Hikmah Kendal.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dilakukan dengan tujuan untuk mendiskripsikan atau menggambarakan fakta-fakta mengenai populasi secara sistematis, dan akurat. Populasi dalam penelitian ini adalah semua radiografer di Rumah Sakit Baitul Hikmah Kendal. Sampel dalam penelitian ini adalah semua radiografer di Rumah Sakit Baitul Hikmah Kendal sejumlah 4 orang. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner Zung-Self Anxiety Rating Scale (ZSAS). Analisa data menggunakan analisis univariat yang menghasilkan distribusi dan persentase dari tiap variabel.
Dari hasil penelitian didapatkan bahwa seluruh responden tidak ada kecemasan dalam memberikan pelayanan radiologi pada masa pandemi Covid-19 yaitu sebanyak 4 orang (100%). Saran yang dapat diberikan adalah perlunya dukungan dari berbagai pihak baik pimpinan, keluarga dan sesama tenaga kesehatan tak terkecuali diri sendiri untuk dapat mengurangi tingkat kecemasan radiografer sebagai salah satu garda terdepan dalam mengahadapi wabah Covid 19.

Kata kunci : tingkat kecemasan, pelayanan radiologi, covid-19

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33666/jitk.v12i2.409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




  
 Published by : Widya Husada Semarang University | ISSN : 2086-8510 (Print) | ISSN : 2655-5875 (Online)
  

INDEXED BY
 
MAP LOCATION