PENGARUH PERSEPSI MUTU PROSES PEMBELAJARAN KELAS TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DI PROGRAM STUDI DIII KEBIDANAN STIKES WIDYA HUSADA SEMARANG TAHUN 2012
Abstract
Pendidikan DIII Kebidanan dalam menyelenggarakan pendidikan berorientasi kepada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengembangan profesi dan penyusunannya mengaju kepada kompentensi inti bidan di Indonesia. Berdasarkan kompetensi tersebut maka diharapkan lulusan pendidikan diploma kebidanan mengusai ilmu pengetahuan, teknologi, keterampilan dan sikap serta perilaku bidan profesional. Untuk dapat menghasilkan tenaga bidan yang mempunyai kompetensi yang sesuai dengan yang diharapkan tersebut maka sangatlah dibutuhkan pengelolaan pendidikan yang bermutu. Pengelolaan pendidikan yang bermutu memberikan kepuasan kepada mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah observasional dengan metode survey analitik melalui pendekatan cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket menggunakan kuesioner terstruktur. Populasi adalah seluruh mahasiswa D3 Kebidanan STIKES Widya Husada (320) pengambilan sampel dengan teknik non proportionale random sampling. (178). Analisis univariat menggunakan distribusi frekuensi, Analisis bivariat menggunakan tabulasi silang, chi square sedangkan analisis multivariat menggunakan multiple regresi logistic. Hasil penelitian didapatkan sebagian besar responden memiliki persepsi mutu proses pembelajaran dimensi kehandalan (57,86%), ketanggapan (50%), kepastian (67,41%), empati (50,56) baik. Namun dalam hal dimensi wujud (55,05%) menyatakan tidak baik, kepuasan mahasiswa (60,11%) baik. Hasil analisis bivariat menunjukan adanya hubungan signifikan antara kehandalan (p=0,001), ketanggapan (p=0,001), kepastian (p=0,006), empati (p=0,002), wujud (p=0,0001) dengan kepuasan mahasiswa. Hasil multivariat menunjukan bahwa persepsi mutu dimensi wujud yang memiliki pengaruh paling besar pada kepuasan mahasiswa.Direkomendasikan pada STIKES Widya Husada untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran dari lima aspek dimensi mutu terutama dalam aspek wujud fisik. berupa luas ruangan, kebersihan, kelengkapan alat laboratorium,kerapian ruangan kelas dan laboratorium serta kesejukan ruangan.
Kata Kunci : kepuasan mahasiswa, proses pembelajaran, mutu pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Agni,AN.,Waskito F.,Suryadi E.,Hadiayanto T.,dkk. Skill lab, Bagian Pendidikan eEdokteran UGM,Yogyakarta,2000.
Arikunto, S., 2006, Prosedur PenelitianSuatu Pendekatan Praktis, Rineka Cipta, Jakarta.
Dep. Kes. Ri. Kurikulum Nasional Pedidikan DIII Kebidanan. Jakarta, 2002
Dep.Dik.Nas. Pendidikan Sebagai Sistem. Dirjen Dikti. Jakarta. 2001
Dep.Kes RI. Pedoman Organisasi dan Tata Laksana Polte Kesehatan Badan Pengembangan Dan PEmebrdayaan SDM, Jakarta.2003
Dirjen. Dikti. Teori Belajar dan Motivasi. Universitas Terbuka, Jakarta 2001
Kep. Men. Diknas. 2001. Petunjuk Teknis Pelaksanaan Angka Kredit Jabatan Fungsional Dosen. Jakarta.2001
Kotler P. Marketing Management the Millennium edition. Lj prentice Hall,inc New Jersey 2000
Makmuri Muchlas. Perilaku Organisasi 1 (dengan beberapa contoh studi kasus). program pendidikan pascasarjana MM RS UGM. Yogya.1999.
Mulyasa, E. 2005, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pemebelajaran Kreatif dan Menyenangkan. PT. remaja Rosdakarya. Bandung 2005
Notoatmodjo. S,. Pengantar Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku Kesehatan.. Andi offset. Yogyakarta 1993
------------, S. 2005. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta, Rineka Cipta.
-------------, S. 2005Promosi kesehatan teori dan aplikasi, PT Rineka Cipta, Jakarta.
Parasuraman.,Zimbardo.,Leippe,L.,Valarie
Zeithami., Marketing Service:Competing Thropuht Quality, NewYork:Free Press.,1991
Pidarte made. Cara belajar mengajar diuniversitas Negara maju, suatu studi kasus, bumi akasara. Jakarta. 1990
Sardiman, A.M., Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Fajar Interpratama offset. Jakarta. 2003
Simamora,B., Memenangkan Pasar Dengan pemasaran efeketif dan profitable. Pt Gramedia Pustaka Utama. Jakata. 2000
Slameto, Belajar dan factor factor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta. 1995
Supranto j.Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikan Pangsa Pasar. Edisi baru. Rineka cipta. Jakarta. 2001
Syah Muhibbin, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. PT Remaja Rosdakarya. 2004
Tjiptono F., Diana A., Total Quality Management, Edisi REvisi. Penerbit Andi Yogyakarta.2003
Usmara,A., Strategi Baru Manajemen Pemasaran, penerbit Amara Books. Jogjakarta. 2003
UU RI Nomor 14 Tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen. Jakarta. 2005
Walgito, B., Pengantar Psikologi Umum. Andi Offset, Yogyakarta. 1997
Widayatun TR. Ilmu Perilaku M.A 104. CV. Sagung SEto. 1991
Winarsih Sri. Pengaruh Persepsi Mutu Pembelajaran Praktek Laboratorium Kebidanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa di Program Studi Kebidanan Magelang Poltekes Semarang tahun 2007. UNDIP. 2007.
Winardi. Marketing dan Perilaku Konsumen. Abndar MAju. Bandung. 1994
Wiyono D. Manajeman Pelayanan Kesehatan, Teori, Strategi,dan Aplikasi. Airlangga University Press. Surabaya. 1999
Zainuddin, M. Praktikum, buku 1.13. Dir. Jen. Dik. Ti , Depdiknas,2001
Zainudin, M., Susy Puspitasari. Strategi Peningkatan Kualitas PEndidikan Tinggi, buku 1.01. Direktorat JEnderal PEndidikan tinggi. Depdikans 2001
DOI: https://doi.org/10.33666/jitk.v3i2.72
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by : Widya Husada Semarang University | ISSN : 2086-8510 (Print) | ISSN : 2655-5875 (Online) | |
INDEXED BY | |||
MAP LOCATION | |||