GAMBARAN PENGETAHUAN IBU RUMAH TANGGA TENTANG HIV/ AIDS DAN SIKAP IBU RUMAH TANGGA TERHADAP PENDERITA HIV/ AIDS DI DESA X KECAMATAN TOROH KABUPATEN GROBOGAN

O. Cahyaningsih, E. Wulandari

Abstract


Human Immunodeficiency Virus Acquired Immuno Deficiency SyHIV/ AIDS juga merupakan salah satu pandemik pada masyarakat modern, karena hampir dari 40 juta jiwa manusia di dunia hidup dengan HIV/ AIDS. Hal itu dapat menjadi ancaman bagi kemajuan negara, terutama bagi negara-negara berkembang. HIV adalah sejenis virus yang menyerang system kekebalan tubuh dan menyebabkan penurunan daya tahan tubuh. AIDS atau Acquired Imunodeficiency Syndrome merupakan kumpulan gejala penyakit akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh oleh virus yang disebut HIV.

Sample penelitian ini adalah ibu rumah tangga di desa X yang berjumlah 100 orang dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Hasil dari penelitian ini adalah sebagian besar responden mempunyai pengetahuan cukup tentang HIV/AIDS dan sebagian besar responden mempunyai sikap positif. Tingkat pendidikan seseorang akan berpengaruh dalam memberikan respon terhadap sesuatu yang datang dari luar Semakin banyak informasi yang masuk semakin banyak pengetahuan yang didapatsehingga akan berpengaruh terhadap sikap yang dimiliki.

Full Text:

PDF

References


a. Arifin, nurul. 2005. Membuka Mata Masyarakat: “Menghapus Diskriminasi dan Stigma Dengan HIV/ AIDS” dalam Jurnal Perempuan No. 43. Melindunggi Perempuan Dari HIV/ AIDS, Yayasan Jurnal Perempuan, Jakarta.

b. Azwar, Saiffudin. 2011. Sikap Manusia.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

c. BKKBN. 2008. Buku Pedoman Penanggulangan Masalah Reproduksi. Semarang: BKKBN Prop. Jateng.

d. Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan.

Profil Kesehatan Kabupaten Grobogan 2013. Grobogan.

e. Didjen PP & PL Kemenkes RI. 2013.

Statistik Kasus AIDS di Indonesia.

www.Spiritia.or.id/stats/statCurr.php. Diakses 18 Februari 2013 .

f. Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

g. Puskesmas Toroh II. 2013. Profil Kesehatan Puskesmas Toroh II 2013.

h. Santjaka, aris. 2011. Statistika untuk Penelitian Kesehatan (deskpiptif, inferensial, parametrik dan non paremetrik). Jogyakarta: Nuha Medika.

i. Wawan, A dan Dewi, M. 2011. Teori &

Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.




DOI: https://doi.org/10.33666/jitk.v4i1.83

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




  
 Published by : Widya Husada Semarang University | ISSN : 2086-8510 (Print) | ISSN : 2655-5875 (Online)
  

INDEXED BY
 
MAP LOCATION