TEKNIK PEMERIKSAAN GIGI GELIGI INTRA ORAL PADA KASUS IMPAKSI DENGAN MENGGUNAKAN PESAWAT GENERAL PURPOSE DI INSTALASI RADIOLOGI RSUD KOTA MUNTILAN

Fadli Felayani, Trisna Budiwati, Mega Indah Puspita

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang teknik pemeriksaan gigi geligi intra oral pada kasus impaksi dengan menggunakan pesawat general purpose di Instalasi Radiologi RSUD Kota Muntilan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui teknik pemeriksaan gigi geligi intra oral pada kasus impaksi menggunakan pesawat general purpose dengan teknik kesejajaran dan untuk mengetahui proteksi radiasi yang dilakukan pada pemeriksaan gigi geligi intra oral.

Jenis penelitian yang dilakukan penulis adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara dengan dokter gigi, radiografer, dan pasien. Data analisis yang diperoleh dari observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi kemudian direduksi untuk dibuat koding terbuka selanjutnya dilakukan interpretasi data dengan cara membandingkan antara teori dan lapangan untuk mendapatkan kesimpulan dan saran.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa teknik pemeriksaan gigi geligi intra oral pada kasus impaksi menggunakan pesawat general purpose di Instalasi Radiologi RSUD Kota Muntilan dilakukan menggunakan proyeksi kesejajaran dengan posisi pasien duduk di kursi pemeriksaan tanpa sandaran kepala dengan arah sinar horisontal. Fiksasi film di dalam mulut pasien menggunakan jari telunjuk atau ibu jari pasien. Proteksi radiasi yang dilakukan yaitu membatasi luas lapangan penyinaran seluas obyek yang dituju. Namun pasien tidak dipakaikan baju timah hitam (apron).

 

Kata Kunci : Gigi Geligi, General Purpose, Proteksi Radiasi

Full Text:

PDF

References


BAPETEN, 2011, Keselamatan Radiasi Dalam Penggunaan Pesawat Sinar- X Radiologi Diagnostik Dan Intervensional, Jakarta, diakses t a n g g a l 2 0 F e b r u a r i 2 0 1 4 d a r i www.djpp.depkumham.go.id.

Clark's, K.C, 2005 Pisitioning In Radiography, 12th Edition,

Oxford University Press Inc, New York.

Harshanur, I. W., 2012, Anatomi Gigi, EGC Penerbit Buku Kedokteran, Jakarta.

Hidayat, 2014, Gigi Impaksi diakses tanggal 28 Maret 2 0 1 4 d a r i

http://www.makassardentalcare.com/artike r-gigi-impaksi.

Kristanto, D., 2013, Teknik Pemeriksaan Radiografi Gigi Molar Tiga Bawah pada Kasus Impaksi di Instalasi Radiologi RSUDKabupaten Kudus.

Kusumastuti, R, A., 2013, Teknik Pemeriksaan Radiografi Gigi Geligi pada Kasus Karies Gigi Menggunakan Modifikasi Imaging di Instalasi Radiologi RSUD Kota Salatiga.

Ramali, A. dan Pamoentjak, 1997, Kamus Kedokteran, Disempurnakan Oleh Hendra T. Laksaman, Djambatan, Jakarta.

Rasad, S, Kertoleksono, S, Ekayuda. 2005. Radiologi diagnostik. Edisi Kedua. Balai Penerbitan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia : Jakarta.

Positions And Radiologic Procedures Volume One, Tenth Edition, Missouri:Mosby.

Bucholz, Robert W. dkk. 2006. Rockwood & Green's Fractures in Adults, SixthEdition. Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins.

Clark's, Whitley AS. Sloane C. Arnold. 2005. Positioning In Radiography Firstpublished in Great Britain in London.

Frassica, Frank J., dkk. 2007. Five Minute Orthopaedic Consult, Second Edition.Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins.

Koval, Kenneth J. dan Joseph D. Zuckerman. 2006.

Handbook of Fractures,Third Edition. Philadelphia

: Lippincott Williams & Wilkins.

Pearce, Evelyn. 2009. Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis. Jakarta :Gramedia Pustaka Utama.

Riyanto, 2010. Teknik Pemeriksaan Radiografi Sendi Bahu Pada Kasus Dislokasi di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Dr Ario Irawan.

Tortora, Gerard J. dan Bryan Derrickson. 2009. Principles ofAnatomyand

Physiology, Twelfth Edition.Hoboken : John Wiley & Sons, Inc.




DOI: https://doi.org/10.33666/jitk.v4i2.85

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




  
 Published by : Widya Husada Semarang University | ISSN : 2086-8510 (Print) | ISSN : 2655-5875 (Online)
  

INDEXED BY
 
MAP LOCATION