TEKNIK PEMERIKSAAN COMPUTED TOMOGRAPHY SCANNING (CT-SCAN) THORAKS DENGAN KASUS MASSA PULMO DI INSTALASI RADIOLOGI RSPAU. DR. S. HARDJOLUKITO

Mega Indah Puspita, H. Nur Utama, Fadli Felayani

Abstract


Di Instalasi Radiologi RSPAU Dr. S. Hardjolukito pemeriksaan CT-Scan Thoraks dengan kasus massa pulmo dilakukan tanpa menggunakan media kontras. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik pemeriksaan CT-Scan Thoraks dengan kasus massa pulmo, alasan tanpa menggunakan media kontras serta kelebihan dan kekurangan tanpa menggunakan media kontras pada pemeriksaan CT-Scan Thoraks dengan kasus massa pulmo di Instalasi Radiologi RSPAU Dr. S. Hardjolukito.

Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan cara pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dengan 3 radiografer, 1 dokter spesialis radiologi, 1 dokter pengirim dan 1 orang pasien, serta dokumentasi. Data yang diperoleh dari observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi kemudian dikategorikan untuk dibuat koding terbuka sesuai masalah yang diangkat oleh penulis. Koding tersebut akan memudahkan dalam pembuatan kuotasi yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian sehingga dapat ditarik kesimpulan dan saran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Instalasi Radiologi RSPAU Dr. S. Hardjolukito, teknik pemeriksaan CT- Scan Thoraks dengan kasus massa pulmo dilakukan tanpa menggunakan media kontras. Alasannya adalah karena dengan tanpa media kontras saja hasilnya sudah bisa menunjukan adanya kelainan.

 

 

Kata kunci : CT-Scan Thoraks, Massa Pulmo, Tanpa Media Kontras

Full Text:

PDF

References


Ballinger, P. W., 2003. Atlas Of Radiographic Position And Radiologic Procedure, ten edition. CV. Mosby. Louis.

Bontrager, Kenneth L. 2010, Textbook Of Positioning and Related Anatomy,Six Edition. CV. Mosby Company,St. Loius.

Carlton, Richard R. Arlene M, Adler. 2001. Principles Of Radiographic Imaging. An Arth and A Science. Third Edition. Delmar, USA.

Frank, E.D, Ballinger, P.W 2007. MerrilsAtlas Of Radiographic Positioning and Radiologic Procedures, Eight Edition.The CV Mosby Company, St. Louis, Missouri.

Nagel, M., 2004, Multislice CT, Erlangen, Germany.

Nesseth, R., 2000. Procedure and Documentation For CT and MRI, McGraw- Hill Medical Publishing division. Kansas.

Pearce, E, 2011. Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis, Penerbit PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Pratiwi, 2007. Teknik Pemeriksaan CT-Scan Thorax Pada Kasus Tumor Mediastinum Di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Dr. Sardjito Yogyakarta. KTI Prodi DIII Teknik Rontgen STIKES Widya Husada Semarang.

Rasad, S.C, 2005, Radiologi Diagnostik, Balai Penerbit : FKUI, Jakarta.

Romans, Lois E, 2012. Computed Tomography For Technologis Woitres Kluwer. Philadephia, Baitimore, New York, London, Hong Kong, Sydney, Tokyo.

Seeram E, 2001. Computed Tomography: physical Principles, clinical applications, and quality control, Second edition, WB Saunders Company, Philadelphia.

Seraba. 2008. Teknik Pemeriksaan Computed Tomography Scanning Thorax Pada Kasus Tumor Paru Di Instalasi Radiologi RS Paru Ario Wirawan Salatiga. KTI prodi DIII Teknik Radiodiagnostik Dan Radioterapi Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif.

ALFABETA, Bandung.

Tortorici, M.R, 1995. Advance Radiographic and Angiographic Procedures eith an Introduction to Specialized Imanging. F.A. Davis Company Philadelphia.

Wasripin. 2007. Penulisan laporan penelitian untuk jurnal. Makalah disajikan dalam seminar Persatuan Ahli Radiografi Indonesia di Denpasar, Bali.

Whitley, A. Stewart. 2005. Clark's Positioning In Radiography, 12th Edition.

Positions And Radiologic Procedures Volume One, Tenth Edition, Missouri:Mosby.

Bucholz, Robert W. dkk. 2006. Rockwood & Green's Fractures in Adults, SixthEdition. Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins.

Clark's, Whitley AS. Sloane C. Arnold. 2005. Positioning In Radiography Firstpublished in Great Britain in London.

Frassica, Frank J., dkk. 2007. Five Minute Orthopaedic Consult, Second Edition.Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins.

Koval, Kenneth J. dan Joseph D. Zuckerman. 2006.

Handbook of Fractures,Third Edition. Philadelphia

: Lippincott Williams & Wilkins.

Pearce, Evelyn. 2009. Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis. Jakarta :Gramedia Pustaka Utama.

Riyanto, 2010. Teknik Pemeriksaan Radiografi Sendi Bahu Pada Kasus Dislokasi di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Dr Ario Irawan.

Tortora, Gerard J. dan Bryan Derrickson. 2009. Principles ofAnatomyand

Physiology, Twelfth Edition.Hoboken : John Wiley & Sons, Inc.




DOI: https://doi.org/10.33666/jitk.v4i2.86

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




  
 Published by : Widya Husada Semarang University | ISSN : 2086-8510 (Print) | ISSN : 2655-5875 (Online)
  

INDEXED BY
 
MAP LOCATION