PENGUJIAN KOLIMATOR MENGGUNAKAN METODE KAWAT “L” PADA PESAWAT HITACHI TIPE ZU-L3TY DI INSTALASI RADIOLOGI RUMAH SAKIT PERMATA MEDIKA SEMARANG

Asih Puji Utami, Nanik Suraningsih, Intan Andriani

Abstract


Telah dilakukan pengujian kolimator menggunakan metode kawat “L” yang belum pernah dilakukan uji fungsi ulang pada pesawat Hitachi Tipe ZU-L3TY di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Permata Medika Semarang. Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian luas lapangan cahaya kolimator dengan luas lapangan berkas sinar-X.

Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan eksperimental. Pengujian kesesuaian luas lapangan cahaya kolimator dengan luas lapangan berkas sinar-X dilakukan pada pesawat Hitachi ZU-L3TY di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Permata Medika Semarang menggunakan metode kawat “L” dilakukan dengan menggunakan FFD 100 cm dengan luas lapangan cahaya ukuran luas yang lebih kecil dari pada luas kaset. Data dan hasil pengujian ditabulasi, kemudian dianalisa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian luas lapangan cahaya kolimator dengan luas lapangan berkas sinar-X pada pesawat Hitachi ZU-L3TY menunjukkan bahwa ada pergeseran sebesar 2,33% dan penyempitan luas lapangan sebesar 0,66%. Ketidaksesuaian rata-rata terjadi pada sumbu horisontal (x1 + x2) pada pengujian 1, 2, 3 adalah 2,33 cm dengan persentase 2,33%, sedangkan pada sumbu vertikal (y1 + y2) adalah 0,66 cm dengan persentase 0,66%. Penyimpangan yang terjadi pada FFD 100 cm lebih dari 1 mm atau sudah melewati batas toleransi 1% dari FFD.

 

Kata kunci : Kolimator, Kesesuaian, Kawat “L”

Full Text:

PDF

References


Chesney. D. W. dan Chesney, M. O, 1981. Radiographic Imaging, Fourth Edition, Blackwell Scien Publications. Oxford London Endingburg boston, Melbourne.

Clark, K.C. 1974, Positioning In Radiograhy, Volume Two, Ninth Edition, William Heinemen, Medical Books ltd, London

Hoxter, E. A, 1982 Practical Radiography 11 Edition. Siemen Aktingesell Schaft Heyden dan Son LTD

: Erlangen

Jenkins. D,1980. Radiographic Photography Imaging Processes. An Aspen Publication Aspen Publisher linc ; Rocville.Maryland

Lioyd, P J 2001, Quality Assurance Workbook of Radiographer and Radiological Technologist, of lecturer (retired), School of Medical Radiation, University of South Australia.physiscs

Papp, Jeffrey. 2006. Quality Management in The Imaging Science, Thrid Edition. Saint Louis : Mosby.

Prihantono, Teguh, 2007. Analisis Penolakan Radiograf

Thoraks Anak di Instalasi Radiologi BRSD RAA Soewondo Pati.

Rasad S, Sukonto K L, Iwan E, 2005, Radiologi Diagnostik, Pencitraan Diagnostik, FKUI Jakarta

Robert D. P dan Smith, N. L, 1988. Radiographic Imagine Apratical Approeach, Churchill Living : Endinburg London, Mealbourne dan New York.

Widyanto, Norman. 2007. Analisis Penolakan Radiograf di Instalasi Radiologi RSUD Salatiga.




DOI: https://doi.org/10.33666/jitk.v5i1.91

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




  
 Published by : Widya Husada Semarang University | ISSN : 2086-8510 (Print) | ISSN : 2655-5875 (Online)
  

INDEXED BY
 
MAP LOCATION