PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN 1 NGAREANAK KECAMATAN SINGOROJO KABUPATEN KENDAL

Priharyanti Wulandari, Ni Made Diah Trisnarianti

Abstract


Dari hasil studi pendahuluan dengan 10 siswa, siswa yang mendapat pola asuh demokratis 6, otoriter 2 dan permisif 2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa di SDN 1 Ngareanak Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di SDN 1 Ngareanak yang berjumlah 167 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik stratified random sampling. Didapatkan sampel sebanyak 63 responden. Intrumen yang digunakan adalah kuesioner. Analisa data menggunakan uji Chi-Square. Berdasarkan hasil analisis diperoleh data dari 63 responden penelitian, orang tua dengan pola asuh demokratis sebanyak 50 (79,4%), otoriter 9 (14,3%), permisif 4 (6,3%). Siswa dengan prestasi belajar baik 57 (90,5%), cukup 6 (9,5%), kurang  0 (0%). Dari hasil analisis didapatkan nilai x² sebesar 41,311 dengan p value sebesar 0,000 ≤ 0,05. Ada hubungan pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa di SDN 1 Ngareanak Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal.

 

Kata Kunci : Pola asuh orang tua, Prestasi belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Abdullah, S. (2008). Cara Belajar yang Efektif dan Efisien. Pekalongan : Cinta Ilmu.

Rianto, A. (2012). Pengolahan Dan Analisis Data Kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika.

Anwar, S. (2000). Tes Prestasi (Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasai Belajar). Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Atmosiswoyo, dan subyakto. (2002). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Daryati. (2009). Psikologi Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamara, W. (2008). Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT Gramedia.

Dr.Baumarid. (2009). Cara Praktis Mengasuh Dan Membimbing Anak. Yogyakarta: PT. Pioner Jaya.

Gordon. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Gunarsa, A. (2007). Cerdas Mengasuh Anak. Jakarta: Kinza Books.

Habibi. (2007). Psikologi Kependidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Ilyas, dan Mudjiono. (2008). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Irapetranto, P. (2005). Pola Pengasuhan Ideal. Alex Media : Jakarta.

Kartono, dan Moh. Uzer. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mc Graw-hill. (2005). Cara Belajar Yang Efisien. Yogyakarta : Pusat Kemajuan Studi.

Notoatmodjo. (2010). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Rina, M. (2006), Interaksi dan Motivasi Belajar mengajar, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Saefullah, K. (2012). Psikolagi Perkembangan dan Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia

Shochib. (2005). Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT Gramedia.

Syah, S. (2006). Mendidik Anak. Bogor: PT. Ghalia Indonesia.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:

PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2009). Statistik untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sukmadinata, N, (2005). Psikologi Pendidikan.Remaja Rosda Karya : Bandung.

Supartini, Y. (2004). Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Walgito, B. (2003). Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Edisi 1, Yogyakarta: Andi Offset




DOI: https://doi.org/10.33666/jners.v2i1.130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN 2721-9860

p-ISSN 2356-3060


STIKES Widya Husada Semarang

Jl. Subali Raya No. 12, Krapyak SEMARANG, Jawa Tengah
» Tel / fax : (024) 761 2988 / (024) 761 2988 ; 761 2944

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.