HUBUNGAN DERAJAT BERAT MEROKOK (INDEKS BRINKMAN) DENGAN DERAJAT OBSTRUKSI PADA PASIEN PPOK STABIL DI RSPAW SALATIGA

Gandi Subroto, Arifianto Arifianto, Dwi Retnaningsih

Abstract


Latar belakang: Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) adalah salah satu penyakit tidak menular akibat rokok yang menjadi masalah kesehatan masyarakat, yang ditandai dengan hambatan aliran udara di saluran nafas yang tidak sepenuhnya reversible yang berdampak adanya peradangan paru yang berkembang dalam waktu yang panjang, hal ini mengakibatkan hilangnya kelenturan paru hingga sulit mendorong udara. Saluranjuga akan menjadi bengkak dan sempit ditambah dengan terhalangnya aliran udara di paru oleh lendir, sehingga penderitanya sulit bernafas. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui hubungan derajat berat merokok dengan derajat obstruksi pasien PPOK di RSPAW Salatiga.
Metode: Penelitian deskriptif korelatif yang menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional, jumlah responden 44 pasien. Instrument menggunakan kuesioner indeks brinkman.
Hasil: Pasien dengan derajat berat merokok ringan derajat obstruksi ringan ada sebanyak 14 pasien. Pasien dengan derajat berat merokok sedang derajat obstruksi ringan sebanyak 1 pasien. Pasien dengan derajat berat merokok sedang derajat obstruksi sedang sebanyak 21 pasien. .Pasien dengan derajat berat merokok kategori berat derajat obstruksi berat sebanyak 8 pasien. Hasil uji bivariat rank spearman diperoleh nilai p value sebesar 0,000. Besarnya koofisien determinasi berdasarkan hasil uji tersebut yaitu 97.4%.
Kesimpulan: Derajat berat merokok pada pasien PPOK mayoritas berada pada kategori sedang sebanyak 22 pasien (50%). Derajat obstruksi pada pasien PPOK mayoritas berada pada kategori derajat sedang sebanyak 21 pasien (47.7%). Terdapat hubungan yang signifikan antara derajat berat merokok dengan derajat obstruksi pasien PPOK di RSPAW Salatiga dengan arah hubungan positif dan kekuatan hubungan sangat kuat

Keywords


PPOK, derajat berat merokok, Indeks Brinkman, derajat obstruksi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33666/jnwh.v9i3.548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN 2721-9860

p-ISSN 2356-3060


STIKES Widya Husada Semarang

Jl. Subali Raya No. 12, Krapyak SEMARANG, Jawa Tengah
» Tel / fax : (024) 761 2988 / (024) 761 2988 ; 761 2944

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.