PENGARUH SENAM KAKI DIABETIK TERHADAP TINGKAT SENSITIVITAS PADA KLIEN DIABETES MELLITUS TIPE 2

Hafsah Intan Sari, Arifianto Arifianto

Abstract


Latar oBelakang o: oDiabetes omelitus otipe o2 o merupakan openyakit ometabolik oberkarakteristik ohiperglikemia oterjadinya okarena oketidak onormalan osekresi opada oinsulin. ofactor otersebut omengakibatkan openderita odiabetes omellitus omerasakan osensitif oyang omenurun. oHilangnya osensasi oprotektif omengakibatkan openderita odiabetes omellitus olebih orentan oterjadi oulkus odiabetic. oPenyakit oneuropati odiabetik omerupakan orusaknya osyaraf oyang obisa omemiliki osifat odifus oataupun ofokal osebab odari oterpaparnya ohiperglikemi okronik, ohal otersebut obisa omengakibatkan oterganggunya oalur opoliol o(glukosasorbitol-fruktosa) ohingga oterjadinya ofruktosa oserta osorbitol omenimbun odidalam osel osyaraf.
Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh senam kaki diabetes terhadap menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes tingkat I di perumahan Pasadena.
Metode : Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan rancangan yang tidak ada kelompok pembandingan (kontrol), tetapi terlebih dahulu dilakukan observasi pertama (pretest) yang memungkinkan menguji perubahan - perubahan yang terjadi setelah adanya eksperimen (program). Subjek kasus yang di gunakan dalam penelitian ini berjumlah 4 orang. Teknik Sampel pada studi kasus ini menggunakan Glucometer yang digunakan untuk mengukur kadar gula darah klien dan Lembar Observasi dengan teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakan data primer dan data sekunder. Analisa data yang digunakan adalah dengan narasi dan tabel. Kriteria inklusinya yaitu Penderita diabetes type 2 di pasadena semarang yang memiliki kadar gula darah tinggi 150-210mg/dl. Bersedia menjadi responden dalam penelitian. Riwayat menderita diabetes mellitus selama 2 tahun terakhir. Tidak mempunyai penyakit komplikasi. Dan kriteria Ekslusinya yaitu menghilangkan atau mengeluarkan subyek yang tidak memenuhi kriteria inklusi yaitu penderita DM yang menolak menjadi responden, penderita DM yang tidak ada pada saat penelitian.
Hasil o: oHasil openelitian odi oketahui osenam okaki odiabetes o odijelaskan obahwa oempat oresponden osetelah odilakukan osenam okaki omengalami openurunan okadar ogula odarah odengan opresentase o100%. oHal oini omenunjukkan obahwa oada opengaruh osenam okaki odiabetes odi operumhan oPasadena.
Implikasi o: oSenam okaki oDM odapat omembantu omembenahi oketidak onormalan opada okaki odan obisa omeningkatkan ootot osupaya olebih okuat, ootot opaha, obetis, oserta odapat oteratasinya oketerbatasan ogerakan osendi

Keywords


Senam Kaki Diabetes; Diabetes

Full Text:

PDF

References


Zahra, Indirani, (2021), Pengaruh Senam Kaki Diabetik terhadap Sensitivitas Kaki Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 di Wilayah Kerja Puskesmas Rogotrunan Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

Bistara, D. N., Zahroh, C. & Wardani, E. M., 2019. Tingkat stress dengan peningkatan kadar gula darah pada penderita diabetes mellitus. Jurnal Ilmiah Keperawatan, 5(1), pp. 77-82.

Eraydin, S. & Avsar, G., 2017. The effect of foot excercise on wound healing in type II diabetic patients with a foot ulcer. Journal Wound Ostomy Continence Nurs, 45(2), pp. 123-130.

Bistara, D. N. & Ainiyah, N., 2017. Hubungan pengetahuan dengan kepatuhan diet pada penderita diabetes mellitus di Posuandu Lansia Cempaka Kelurahan Tembok.

Isnanto, Fadli Wildan and Wulandari, Riyani and Nurrohmah, Anjar, (2020),

Metode Senam Kaki Diabetes Terhadap Upaya Menstabilkan Nilai Abi Dan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes Melitus. Working Paper. Universitas 'Aisyiyah Surakarta.

Hidayat, Riyan (2020) Pengaruh Senam Kaki Diabetes Terhadap Risiko Neuropati Pada Penderita Diabetes Melitus Tipe 2. Diploma thesis, STIKes BTH Tasikmalaya.

Astuti, Ni Luh Gede Sri Dewi, (2020), Gambaran Asuhan Keperawatan Pada

Diabetes Melitus Tipe Ii Dengan Pemberian Senam Kaki Untuk Mencegah Perfusi Perifer Tidak Efektif. Diploma thesis, Poltekkes Denpasar Jurusan Keperawatan.

Ratnawati Diah, (2020), Efektifitas Kombinasi Terapi Foot Spa Dan Bueger’s Allen Exercise Terhadap Nilai Ankle Brachial Index Pada

Lansiadengan Diabetes Mellitus, Jurnal JKFT: Universitas Muhamadiyah Tangerang Vol 5 No 1 Tahun 2020 p-ISSN 2502-0552; e-ISSN 2580-2917.

Nurbaeti laili, (2020), Penerapan Teknik Senam Kaki Diabetes Untuk Meningkatkan Sensitivitas Pada Kaki Pasien Dengan Diabetes Melitus Tipe II, Jurnal Keperawatan p-issn : 2477-1414 Volume 6, Nomor 2, Juli 2020 e-issn : 2716-0785 Hal 32-42 Akper Karya Bhakti Nusantara Magelang




DOI: https://doi.org/10.33666/jnwh.v10i3.615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN 2721-9860

p-ISSN 2356-3060


STIKES Widya Husada Semarang

Jl. Subali Raya No. 12, Krapyak SEMARANG, Jawa Tengah
» Tel / fax : (024) 761 2988 / (024) 761 2988 ; 761 2944

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.